SKRIPSI PAI
Penggunaan Multimedia Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IX Pada Mata Pembelajaran PAI di SMP N 3 Bojong
Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran , Aplikasi Android, Pemahaman Siswa
Penelitian ini membahas mengenai penggunaan multimedia pembelajaran yang dikembangkan dengan tujuan untuk (1) mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis aplikasi android sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman materi siswa, dan (2) melihat efektivitas multimedia pembelajaran berbasis aplikasi android dalam meningkatkan pemahaman materi siswa.
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap Analysis, merupakan tahap awal untuk menganalisis media yang dibutuhkan, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran PAI. Tahap Design yakni merancang Draft media pembelajaran, serta menyusun instrumen uji coba. Tahap Development, mengembangakan produk media serta validasi rancangan media oleh para validator. Tahap implementation, penerapan media pembelajaran yang telah direvisi. Tahap Evaluation, mengevaluasi media pembelajaran yang sudah dikembangkan, melalui perolehan nilai siswa. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas IX E di SMP N 3 Bojong Kabupaten Pekalongan sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, kuasioner angket serta dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa validasi ahli, angket respon siswa, dan uji evektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis aplikasi android yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata skor validasi ahli materi sebesar 88% (sangat valid), sedangkan presentase rata-rata skor validasi ahli media sebesar 86,93% (sangat valid). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis aplikasi android efektif dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan skor nilai pretest dan nilai postest dilihat dari rata-rata skor pretest sebesar 55, menjadi 80,62 rata-rata nilai postest. Dari hasil analisis menggunakan rumus N-Gain menunjukkan skor presentase gain sebesar 57,64 % yang termasuk kedalam katagori cukup evektif.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahsan, Muhammad dan Sumiyati. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Cet. Ke-2. Jakarta: Kemendikbud.
Akbar, Sa'dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cet. Ke- 2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Amma, Tasurun. 2018. 'Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam'. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam. Vol V, No. II
Arikunto , Surhasimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. Ke- 15. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arisandi, Tahara Ulyma. 2021. 'Pengembangan Media Power Point Berbasis Ispring Suite Dalam Pembelajaran Memahami Teks Berita Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya'. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sriwijawa: Universitas Sriwijaya
Aryadillah. 2017. Teknologi Media Pembelajaran. Cet. Ke- 1. Jakarta: Harya Media
Aziz, Rosmiati. 2019. Ilmu Pendidikan Islam. Edisi kedua. Yogyakarta: Penerbit SIBUKU.
Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/materi "Aplikasi KBBI 0.5.0 Beta (50)". Diakses Pada 20 September 2022.
Cahyadi, Ani. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Cet. Ke-1. Serang: LAKSITA Indonesia.
Data Statistik dengan SPSS. : http://www.spssindonesia.com/ , diakses pada 18 November 2022
Deliany, Nukke Dkk. 2019. 'Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep PAI Siswa di Sekolah Dasar'. EDUCARE. Vol. XVII. No. II. Bandung: Universitas Langlangbuana
Dwi, Herman Sarjono. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
Febriana, Rina. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Cet. Ke-1. Jakarta: Bumi Aksara
Fikri, Hasnul., dan Ade Sri Madona. 2018. Pengembanagn Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian dan Pengembangan. Cet. Ke- 2. Malang: Literasi Nusantara.
Hidayat, Rahmat. Dkk. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Edisi pertama. Padan: LPPPI Medan.
Indasah, Sri, dkk. 2021. 'Pengembangan Media Articulate Storyline Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X Sma'. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi). Vol XII No. I. Blitar: Universitas Islam Blitar.
Juhaini dkk. 2021. 'Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah'. AULANDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol VIII No. II (Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya).
Kadaruddin. 2018. Mahir Desain Slide Presentasi Dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powerpoint. Sleman: DEEPUBLISH.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Larasati, Dita dkk. 2022. 'Pengembanagan Media Pembelajaran Ispring Suite 9 Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di SMK Negeri 3 Surabaya'. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. XI, No, I. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Lestari, Sudarsi. 2018. 'Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi'. Edureligia: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. II, No. II. Banyuwangi: Institut Agama Islam Ibrahimy.
Novita, Lina, dkk. 2019. 'Penggunaan Media Pembelajaran Vidio Terhadap Hasil Belajar Siswa SD'. Indonesian journal of primary education. Vol. II. No. II. Bogor: Universitas Pakuan.
Nugraheni, Tri Dewi. 2017. 'Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X Di SMK Negeri 1 Kebumen'. Skripsi Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, Semarang: Universitas Negeri Semarang
Nunuk, Suryani, dkk.2019. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurdyansyah dan Andiek Widodo. 2015. Inovasi Teknologi Pembelajaran,. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurjanah, Siti. 2015. 'Pengaruh Penggunaan Multimedia Articulate Storyline Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri'. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam.
(Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim).
Octavia, Ana Dwi, dkk. 2021. 'Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storiline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas'. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. III No. V. (Surabaya: Universitas Negeri Surabaya).
Oktaviani, Dwi Anggun Ignatia. 2021.' Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Micrososft Power Point Terintegrasi Ispring Suite Pada Materi Sistem Koodinasi Manusia Kelas XI SMA '. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Rachmawati, Tutik dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Cet. Ke- 1. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Ramadhani, Fatmawati, and Oktarika. 2019. 'Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring Di SMA Wisuda Kota Pontianak'. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. III.
No. I. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak
Rusdi. 2020. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Ed. Ke-1. Cet. Ke-1. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet. Ke-1. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Rusmayana, Taufik. 2021. Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati di SMK PGRI Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19. Cet. Ke-1. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. Ke- 1. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and development/ r&d). Bandung: Alfabeta.
Suhailah, Fina dkk. 2021. 'Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel'.Padagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. V No. I. (Bandung: UIN Sunan Gunung Jati).
Sumiyati dan Muhammad Ahsan. 2018. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Cet. Ke-1. Jakarta: Kemendikbud
Suryani, Nunuk dkk. 2019. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. (Bandung: Rosdakarya).
Ulwiyah, Nur dan Sujana Sri Indarti. 2018. Hubungan Model Pembelajaran dengan Tingkat Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. II No. I.
Jombang: UNIPDU Jombang.
Winarni. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara
Yuberti. 2015. Dinamika Teknologi Pendidikan. Lampung: Pusat penelitian dan penerbitan LP2M IAIN Raden Intan Lampung
Yusuf, Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan.Palopo: Lembaga Penerbitan Kampus IAIN Palopo.
23SK2321340.00 | SK PAI 23.340 SUL p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain