SKRIPSI PAI
Pengaruh Religiusitas Terhadap Self Esteem Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Pemalang
Kata Kunci : Religiusitas, Self Esteem, Nilai
Religiusitas merupakan pemahaman nilai-nilai agama yang ada pada diri seseorang. Dalam religiusitas memiliki cakupan nilai-nilai agama seperti iman, islam dan ihsan. Selain religiusitas, setiap orang juga memiliki self esteem (harga diri) yang melekat pada setiap individu, dimana harga diri merupakan cara pandang seseorang mengenai gambaran diri, perasaan, dan keyakinan diri sepanjang individu melihat hal positif maupun negatif yang ada pada diri mereka. Religiusitas memiliki peran penting terhadap self esteem. Individu dengan religiusitas tinggi dapat dikatakan memiliki sef esteem tinggi, dan sebaliknya.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh religiusitas terhadap self esteem siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Pemalang dan seberapa besar pengaruh religiusitas terhadap self esteem siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Pemalang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh religiusitas terhadap self esteem siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Pemalang serta mengetahui seberapa besar pengaruh religiusitas terhadap self esteem siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Pemalang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis pendekatan mix methods. Pengambilan sampel menggunkan teknik cluster random sampling dan jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 155 siswa yakni 5% dari keseluruhan populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil analisis menunjukkan tingkat religiusitas pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Pemalang bahwa ada pengaruh positif signifikan antara religiusitas terhadap self esteem siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Pemalang dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,383 yang dapat diartikan bahwa besar pengaruh religiusitas terhadap self esteem siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Pemalang adalah sebesar R² = 0,383 artinya bahwa pengaruh antara religiusitas terhadap self esteem siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Pemalang sebesar 38,3%. Sedangkan sisanya (100% - 38,3% = 61,7%) menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor lain selain religiusitas yang mempengaruhi self esteem siswa dan tidak dibahas dalam penelitian ini yaitu sebesar 0,617 atau 61,7%. Sehingga dapat diartikan religiusitas memiliki pengaruh baik terhadap self esteem.
DAFTAR PUSTAKA :
Ananda, Chair Fithri dan I Wayan Dharmayana. 2018. “Meningkatkan Self-Esteem Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Religiusitas Di Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu”. Jurnal TRIADIK, Vol. 17, No. 2.
Andhika Setyanti, Christina.“Remaja Paling Sensitif dengan Masalah Harga Diri”, https://lifestyle.kompas.com/read/2013/11/30/0846454. (Diakses tanggal 06 Desember 2022).
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aryati, Jeane. 2016. “Hubungan antara Harga Diri dan Religiusitas terhadap Perilaku Seksual Pranikah Pada Remaja”. Skripsi : Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Azwar, Syaifudin. 1999. Metode Penelitian, Edisi I, cet.2. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Azwar, Syaifudin. 2001. Metode Penelitian, Edisi I, cet.3. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Bintari, Ni Putu, dkk. 2014. “Korelasi Konsep Diri Dan Sikap Religiusitas Terhadap Kecenderungan Perilaku Menyimpang di kalangan Siswa Pada Kelas XI SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014”.
Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, Vol. 2 No 1.
Budiastuti, Dyah dan Bandur, Agustinus. 2018. Validitas dan Reliabilitas : Dilengkapi Analisis dengan NVIVO, SPSS dan AMOS. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Faradiba. 2020. Penggunaan Aplikasi SPSS Untuk Analisa Statistika, Jakarta : Universitas Kristen Indonesia.
Fatmawati, dan Anggia Sari Lubis. 2020. “ Pengaruh Perilaku Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Manajerial Pada Pedagang Pakaian Pasar Pusat Pasar Kota Medan”. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, Vol.1. No.1.
Fauzan dan Setiawati, Trias. “Pengaruh Religiusitas Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Alumni dan Bukan Alumni Pesantren Di Kantor Depag Kota Malang”. SINERGI: Kajian Bisnis dan Manajemen, Edisi Khusus on Human Resources.
Firmiana, Masni Erika, dkk. 2012. “Ketimpangan Religiusitas dengan Perilaku: Hubungan Religiusitas dengan Perilaku Seksual Pra Nikah Remaja SMA/Sederajat di Jakarta Selatan”. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vol . 1, No. 4.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamid, Marwan dkk. 2019. Analisis Jalur dan Aplikasi SPSS versi 25. Banda Aceh : Universitas Islam Ar-raniry.
Hanana, Nuris Fakhma. 2018. “Pengaruh Self-Esteem Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Prososial”. TAZKIYA Journal of Psychology, Vol. 6, No.1.
Hardiyanti, Puput Tri dan Nanang Nuryanta. 2016. “Pengaruh Religiusitas Lingkungan Sekolah Terhadap Konsep Diri Siswa-Siswi Di MAN Pakem Sleman”. Jurnal Hisbah, Vol. 13, No. 1.
Indrawan, Bisma dan Rina Kaniawati. 2020. “Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk Periode 2013-2017”,
Vol. 4. No. 1.
Iqbal, Muhamad. 2011. “Hubungan antara Self Esteem dan Religiusitas terhadap Resiliensi Pada Remaja di Yayasan Himmata”, Skripsi : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Irawati, Neny dan Nurahma Hajat. 2012. “Hubungan antara Harga Diri (Self Esteem) dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMKN 48 di Jakarta Timur”. Jurnal Ecosains, Vol. 10, No. 2.
Jalaludin H, Psikologi Agama Memahami Perilaku Keagamaan dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. 2007. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Jannah, Miftahul. 2016.“Remaja dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam” Jurnal Psikoislamedia Vol. 1 No. 1.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Jakarta: Balai Pustaka.
Karunia Budianti, Ariska. 2015. “Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dengan Harga Diri pada Remaja”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mahmudah, Umi. 2020. Metode Statistika Step By Step Pekalongan : PT. Nasya Exspanding Management.
Maimun, Agus dan Agus Zainul Fitri. 2010. Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. Malang : UIN MALIKI PRESS.
Mulyati, Reni. 2014. “Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Akhlak Siswa”. Skripsi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Mulyawahyuni, Aida Merda. 2017. “Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Tingkat Likuiditas Perusahaan:Studi kasus pada laporan keuangan PT Krakatau daya listrik Cilegon Tahun 2006-2016. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
N, Rohmah. 2012. Proses Keperawatan, Teori dan Aplikasi, Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Nalim, Yusuf dan Salafudin Turmudi. 2012. Statistika Deskriptif, Pekalongan : STAIN Pekalongan Press.
Nur Gufron, M. dan Rini Risnawati S. 2014. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Pradisukmawati, D. L., & Darminto, E. 2014. “Hubungan antara Tingkat Religiusitas dengan Tingkat Aktivitas Seksual pada Remaja Akhir”. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 1, No.2.
Pratiwi, Dian Suci dkk, “Hubungan Antara Religiusitas dan Harga Diri Dengan Perilaku Seks Pranikah Di SMA X Demak”. 2019. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) 2). Semarang : Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Purwadi, “Hubungan Religiusitas dengan Kepercayaan Diri”. 2016. Jurnal Psikologi Islam Al-Qalb), Jilid 8. No.1.
Ramadhani, Rahmi dan Nuraini Sri Bina. 2021. Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitugan Matematis dan Aplikasi SPSS, Jakarta : Kencana.
Refnadi, 2018. “Konsep Self Esteem Serta Implikasinya Pada Siswa”. Jurnal EDUCATIO, Vol. 1, No. 1.
Rosidah, Anis. 2012. “Religiusitas, Harga Diri dan Perilaku Seksual Pranikah Remaja”. Jurnal Psikologi, Vol. 7, No. 2.
Rukminingsih, dkk. 2020. Metode Penelitian Pendidikan : Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Erhaka Utama.
Salafudin. 2010. Statistika Terapan Untuk Penelitian Sosial.Yogyakarta : Gama Media.
Santrock, John W. 2002. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Siegar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Suci Lestari, Jihan dkk. 2019. ”Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru”.Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 1, No. 1.
Sudjiono, Anas. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods), Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sunarto, Riduwan. 2012. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Syahrum dan Salim. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Citapustaka Media.
Taluke, Dryon dkk. 2019. “Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat”. Jurnal Spasial , Vol.6. No. 2.
Trisakti dan Astuti, Kamsih . 2014. “Hubungan antara Harga Diri dan Presepsi pola Asuh Orang tua Yang Authoriatif Dengan Sikap remaja Terhadap Penyalahgunaan Narkoba”, Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 2.
Zahrani, N. 2015. “Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Self Esteem Inventory dengan Metode Confirmatory Factor Analysis”. Jurnal Psikologi, 1-13.
23SK2321339.00 | SK PAI 23.339 JUL p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain