SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Syawir Pada Pembelajaran Pedoman Ke-NU-an di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Pembelajaran, metode syawir
Penerapan metode merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran yakni sebagai cara atau jalan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Metode yang sesuai juga dapat menjadikan pembelajaran lebih aktif dan tidak monoton. Salah satu metode yang diterapkan di pesantren adalah metode syawir atau lebih dikenal diskusi dalam pendidikan formal. Syawir atau pada bahasa lain diskusi artinya suatu cara penyampaian materi pembelajaran menggunakan jalan bertukar pikiran baik antara pendidik dengan peserta didik atau peserta didik dengan peserta didik yang lainnya. Penerapan metode syawir ini adalah pada pembelajaran Ke-NU-an.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi metode syawir pada pembelajaran pedoman ke-NU-an di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan? 2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode syawir pada pembelajaran pedoman ke-NU-an di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi- Ien Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan? 3) Bagaimana implikasi implementasi metode syawir pada pembelajaran pedoman ke-nu-an di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi- ien Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan yaitu peneliti memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena atau situasi di lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode syawir terdiri dari tiga tahap yakni meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selain itu untuk faktor pendukung implemetasi metode syawir adalah latar belakang santri yang berstatus sebagai mahasiswa, semangat guru dalam memimpin pembelajaran, respon positif santri dalam pembelajaran, lingkungan sosial belajar santri yang aman dan nyaman, dan fasilitas belajar yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi santri yang pendiam cenderung pasif, membutuhkan waktu yang banyak. Dampak dari adanya penerapan metode syawir yakni santri lebih aktif, lebih percaya diri, lebih berpikir kritis dan toleransi, serta menambah wawasan tersendiri.
DAFTAR PUSTAKA :
Achmadi, Abu Shuyadi. 1985. Tanya Jawab Ilmu Jika Pendidikan. Surabaya: PT Bina Ilmu
Addakhil, Emha Mujtaba. 2016. PengembanganoPembelajaran Pesantren Dalam PrespektifmTransformasi Intelektual Fazrul Rahman. Skripsi sarjana pendidikan agama islam Yogyakarta : UIN SunanlKaliJaga
Adib, Abdul. 2021. Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren. Jurnal Mubtadiin vol.7 No.1
Ahmadi, Abu. 2013. MetodologipPenelitian . Jakarta : BumiiAksara
Aini, Fathullohu. 2020. Penerapan Metode Syawir Pada Pebelajara Fiqh Kitab Fathul Qorib Dalam Menngkatkan Pemahaman Fiqh Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. Skripsi. Jember:
IAIN Jember
Ananda, Rusdi dan Odakinata Banurea. 2017. Management Sarana dan Prasarana Pendidikan,. Medan: CV.Widya Puspita
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kalitatif. Sukabumi : CV Jejak
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press
Bachruddin, Astin. 2020. Implementasi Syawir (Diskusi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fiqih Di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorog. Skripsi. Ponorogo : IAIN Ponorogo.
Drajat, Zakiyah. dkk. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:Bumi Aksara
Duha, Mohammad Syamsud. 2021. Implementasi Metode Syawir Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Pada Pelajaran Fiqih Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Kota Malang. Jurnal Pendidikan Islam 6 4
Firman. 2019. Implementasi Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kitab-Kitab Salaf Di Yayasan Pondok Pesantren Khatamun Nabiyyin Jakarta. Tesis. Jakarta : Intitut PTIQ
Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan Profesi Keguruan. Bandung : Pustaka Setia
Hasibuan. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Husein, Muhammad Muamar. 2019. Penerapan Metode Syawir Dalam Pembelajaran Nahwu Sharaf Di Perguruan Ialam Pondok Termas Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto
Kristianto, Adi. 2012. Hubungan Lingkungan Pendidikan Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Se-Kabupaten Sleman. Skripsi : UNY, Yogyakarta
Lufri, Ardi, dkk. 2020. MetodologikPembelajaran : StrategipPendekatan, Model, MetodeePembelajaran,nMalang : IRDH
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Marwah, SitidShafa dkk. 2020. Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar DewantarasDengan Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawy Vol.5 No.1
Meleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, edisi revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Mufidah, Anita Imroatul. 2019. Pelaksanaan Metode Syawir (Diskusi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Asrama Sunan Giri Ngunut Tulungagung. Skripsi. : IAIN Tulungagung
Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran. Malang: UIN Maliki Press
Mustakim,miZaenal. 2018. Strategi dan MetodenPembelajaran. Yogyakarta: Matagraf
Nafi’ah, Afni laila. 2019. Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Washaya Al-Abaa’ Lil Abna’ Dalam Pembentukan Akhlak Santri Di Tpa Hidayatul Mubtadi-In Sidorejo, Jeblogan, Paron, Ngawi Tahun 2019. Skripsi sarjana pendidikan agama islam . Surakarta : IAIN Surakarta
Narbuko, Cholid dan AbusAchmadi. 2013. MeotodelogioPenelitian. Jakarta : PT Bumi Aksara
Rohani, Ahmad dan Abdu Ahmadi. 1995. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sangid, Ahmad & Ali Muhdi. 2020. Budaya Literasi Pesantren. Yogyakarta : CV.Pustaka Ilmu Group Yogyakarta
Sanjaya, MoyangmBangun. 2022. PenerapanmnMetode SyawirmDalam MeningkatkannPemahaman Santri PadaaIlmu Fikih Di PondokiPesantren MiftahulfHuda Malang. Skripsi. Malang: UIN Malang
Sanjaya, Wina dan Andi Budimanjaya. 2017. Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: KENCANA
Sudjana, Nana dan Ahmad Riva. 2001. Media Pengajaran, Bandung: Inar Baru Algosindo
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung : ALFABETA
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Triani, Dewi Agus & Mochamad Hermanto. 2020. Implementasi Metode Syawir Dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Santri Pondok Peantren Fathul ‘Ulum Kwagean, Kepung, Jawat Timur. Jurnal Pendidikan Islam Vol.4 No.1
Widoyoko, Eko Putro. 2013. Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Yamin, Martinis. 2003. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: GaungsPersada Press
Yusuf, A Muri. 2014. MetodeaPenelitian :Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan.e Jakarta : Kencana
23SK2321336.00 | SK PAI 23.336 AMI i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain