SKRIPSI PAI
Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Islam 45 Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Kata kunci: Merdeka Belajar, Hasil Belajar, PAI.
Hasil belajar adalah keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penerapan kurikulum merdeka belajar seharusnya dapat memberikan pengaruh yang positif dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran PAI. Namun realitanya pengaruh dari penerapan kurikulum tersebut mengharuskan peserta didik dan guru untuk beradaptasi dengan kebijakan baru tersebut yang pastinya dapat menimbulkan banyak perubahan dalam proses belajar mengajar.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan kurikulu merdeka belajar pada mata pelajaran PAI kelas X di SMK Islam 45 Wiradesa Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMK Islam 45 Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI kelas X dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMK Islam 45 Wiradesa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran jenis eksplanatoris skuensial. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 186 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi, observasi, dan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, kemudian melakukan analisis regresi sederhana, uji hipotesis uji-t dan pengujian koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) SMK Islam 45 Wiradesa sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar sejak tahun pelajaran 2022/2023. Dalam penerapannya kebijakan kurikulum merdeka belajar disesuaikan dengan kondisi sekolah, pengembangan pembelajaran pada mata pelajrana PAI di SMK Islam 45 Wiradesa sepenuhnya diserahkan kepada guru pengampu mata pelajaran di kelas. (2) dari hasil uji parsial (uji t) diperoleh Thitung sebesar 4,791 dan Ttabel sebesar 1,998 atau 4,791 > 1,998 dan nilai signifikansi penerapan kurikulum 0,000 < 0,05 (H0 ditolak dan H1 diterima).
DAFTAR PUSTAKA :
Aritonang, Irianto . Aplikasi Statistika dalam Pengolahan dan Analisis Data. Yogyakarta : Media Pressindo.
Atang dan Dewi Kusumawati Sutisna. 2021. “Merdeka Belajar dalam Konteks Kemandirian Belajar Siswa; Respon terhadap Regulasi Baru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan”. Jurnal Lensa Pedas. Vol. 6. No. 1. Kuningan : STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Bakry, Sama’un. 2005. Menggagas Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.
Cahaya. 2022. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar di Era Digital. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam. Vol. 3, No.2. Medan : Universitas Medan Area.
Chaniago, Silvia. 2022. “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN 1 Kota Baru”. Jurnal Sultra Educational, Vol. 2. No. 4. Sumatera Barat : Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Creswell, John W. 2010. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Edisi III; Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Departemen Agama RI. 2004. Standar Kompetensi Madrasah. Jakarta : Dirjen Binbag Islam.
Hairul, Nurhidaya. 2022. “Pengaruh Perubahan Kurikulum Terhadap Mutu Pendidikan pada SMPN & MTsN di Kecamatan Bua Ponrang (Studi Perubahan KTSP Ke Kurikulum 2013)”. Skripsi. Palopo : IAIN Palopo.
Harinaldi. 2005. Prinsip-Prinsip Statistic Untuk Teknik dan Sains. Jakarta : Erlangga.
Hartoyo, Agung dan Dewi Rahmadayanti. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 4. Tanjungpura : Universitas Tanjungpura.
Hasyim Achmad, Ghufran dkk. 2022. “Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 4. No. 4. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hutabarat, Husrida dkk. 2022. “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan”. Jurnal MathEdu, Vol. 5. No. 3. .Tapanuli : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Jamil, Muhammad dan Irpan Abd. Gafar. 2003. Reformasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Rineka Cipta.
Kementerian Agama RI. 2012. “Al-Qur’an dan Terjemahnya”. Jakarta : PT Sinergi Pustaka Indonesia.
Kepmendikbudristek RI Nomor 56/M/2022 tertanggal 10 Februari 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Komala, Risma Dwi. 2017. “Tinjauan Implementasi Personal Selling Pada PT. Astra Internasional Dahatsu Astra Biz Center Bandung”. Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom Vol. 3, No 2.
Lusiana, Rina. 2015. “ Pengaruh Masa Transisi Perubahan Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Arab Terhadap Karaktr Siswa Kelas X di MAN Tempel Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Skirpsi. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.
Maesaroh, Siti. 2013. “Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belahar Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Kependidikan. Vo. 1. No. 1. .Surakarta : Universitas NU Surakarta.
Margono, S. 2003. Metodologi Penelitian. Cet. II; Jakarta : Rineka Cipta.
Minarti, Sri. 2013. Ilmu Pendidikan Islam/Fakta Teoritis Filosofis dan Aplikasi Normatif. Jakarta : Amzah.
Mudjiono dan Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Nata, Abudin. 2012. Metodologi Studi Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Nurdin, Ismail. 2010. Metodologi Penelitian Social. Surabaya : Sahabat Cendekia.
Nurhidayati, Voni dkk. 2022. “Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Siswa Kelas X Di SMAN Payung Sekaki”. Jurnal Eduscience, Vol. 9, No. 3. Sumatera Utara : Universitas Labuhan Batu.
Panginan, Veronica Resty dan Susanti. 2022. “Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013”. Jurnal PGSD, Vol.1, No.1. Sulawesi Selatan : Universitas Lamappapoleonro.
Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta. 2022. “Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas”. Jurnal Penjaminan Mutu, Vol. 8. No. 2. Denpasar : Universitas Dwijendra.
Priatmoko, Sigit dan Wiku Aji Sugiri. 2022. “Perspektif Asesmen Autentik sebagai Alat Evaluasi dalam Merdeka Belajar”. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Malah : UIN Malang.
Purba, Mariati dkk. 2021. Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar. Jakarta : Kemendikbudristek.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Ridwan. 2016. Belajar Penelitian Untuk Guru Kartawa Penelitian Pemula, Cet ke-V. Bandung : Alfabeta.
Riyadi, Irvan. 2015. “Integrasi Nilai-Nilai Kecerdasan Emosional dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Studia Islamika, Vol. 12. No. 1. Bangka Belitung : STAIN Syaikh Abdurrahman Siddiq.
S, Nasution. 2010. Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung : PT. Bumi Aksara.
Savera, Restuti Endra. 2019. “Hubungan Penerapan Pembelajaran Kurikulum 2013 Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa”. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.
Setiawan, Johan dan Albi Anggito. 2018. Metodologi Penelitin Kualitatif. Jawa Barat : Cv Publisher Jejak.
Shihab, M. Quraisy. 2002. Tafsir Al-Misbah : Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Volume 1. Jakarta : Lentera Hati.
________________. 2018. Islam Yang Saya Pahami. Tangerang : Lentera Hati.
Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Suduiro, Darno Edi. 2003. Kiat Menyusun Penelitian. Surabaya: Mandar Maju.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Alfabeta.
_______.2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Syarif, A. Hamid. 2012. Pengembangan Kurikulum. Surabaya, PT Bina Ilmu.
Tafsir, Ahmad. 2017. Ilmu Pendidikan Islam dalam Prespektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Umar, Bukhari. 2017. Ilmu Pendidikan Islam . Jakarta : Amzah.
23SK2321332.00 | SK PAI 23.332 LUT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain