SKRIPSI PAI
Penerapan Model Meaningful Learning Berbantuan Video Pembelajaran Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMP N 3 Sragi
Kata Kunci: Penerapan, Meaningful Learning, Pendidikan Agama Islam.
Meaningful learning merupakan proses pembelajaran dengan mengaitkan pengetahuan baru dengan pengetahuan lama yang telah dimiliki. Model pembelajaran sangat penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran agar peserta didik dapat menemukan pemahaman Peneliti ingin mengetahui lebih detail mengenai penerapan model meaningful learning yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan serta faktor pendukung dan penghambat penerapan model meaningful learning berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMPN 3 Sragi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan serta faktor pendukung dan penghambat penerapan model meaningful learning berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMPN 3 Sragi
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis non-statistik.
Hasil penelitian ini adalah penerapan model meaningful learning berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Sragi terdapat beberapa 3 tahapan yaitu perencanaan, penerapan, dan evaluasi. Faktor pendukung penerapan model meaningful learning berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai berikut. Faktor internal yang mendukung penerapan model meaningful learning berbantuan video pembelajaran yaitu keaktifan peserta didik dan kompetensi yang dimiliki guru. Faktor eksternalnya yaitu adanya kurikulum pembelajaran yang diterapkan dan sarana prasarana yang memadai. Adapun faktor yang menghambat penerapan model meaningful learning berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai berikut. Faktor internal yang menghambat yaitu masih terdapat 10% siswa yang kurang aktif dan kurangnya motivasi belajar siswa. Faktor eksternalnya yaitu membutuhkan persiapan yang cukup lama.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, A.Fatikhul Amin. 2016. Aplikasi Teori Gestalt Dalam Mewujudkan Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning). Sidoarjo : Jurnal Edukasi.
Ahmad Haqi, Yulian. 2022. Siswa Kelas IX-G. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Ahmad, Sarwat. 2014. Haji dan Umrah Ensiklopedia Fikih Indonesia jilid 6. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ahyat, Nur. 2017. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Surabaya : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Volume 4, Nomor 1.
Anis Sakinah, Putri. 2022. Guru Pendidikan Agama Islam. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Arif, Moh. 2014. Konsep Dasar Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar/MI. Tulungagung: IAIN Tulungagung Press.
Ariyani, Risa , 2018. Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Asyafah, Abas. 2019. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis Atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Indonesia: Tarbawy Indonesian Jurnal of Islamic Educatio. Vol. 6. No. 1.
Cintami, Osin. 2020. Efektivitas Metode Meaningful Learning Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 (Model) Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Darma Wisada, Putu, dkk. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Bali : Journal of Education Technology. Vol. 3.
Dika Pratama, Wisnu. 2022, Siswa Kelas IX-F. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Djalal, Fauza . 2017. Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Sumatra Utara, Jurnal Sabilarrasyad, Volume II, Nomor 01.
Endang, Jumali. 2018. Batasan Istitha‟ah Haji Dalam Perfektif Fiqih. Jakarta: Media Dakwah.
Farista, Rizal, dkk. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran. Artikel. Sidoarjo: Perpustakaan UMS.
Fauziyyah, Zahratul. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Siswa Kelas III SDN Merjosari 2 Malang. Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah . Malang : UIN Maulana Malik Ibrahim.
Hardi Wirasasmita, Rasyid dan Yupi Kuspandi Putra. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash. Jurnal Educatio Vol. 10 No. 2.
Huda, Miftahul. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Intruction Design Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN 109 Bengkulu Utara. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Hujjatul Islami, Fahmi. 2021. Kajian Literatur Model Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning. Skripsi. Jawa Barat : Uviversitas Siliwangi.
Ilsa, Zahratul, dkk. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi PowerDirector 18 di Sekolah Dasar. Padang : Jurnal Basicedu, Volume 5, Nomor 1.
Imelda Frimayanti, Ade. 2017. Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Agama Islam. Lampung : Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, Nomor 2.
Irmayani. 2019. Strategi Manajemen Dalam Peningkatan Pelayanan Dan Kepercayaan Jamaah Haji Dan Umrah (Studi Pada PT. Zakiah Dina Tayyibah Tour dan Travel Kota Pare-Pare. Sulawesi Selatah : Jurnal Kajian Manajemen Dakwah, Vol 1, No 1.
Jazuli, Imam. 2017. Buku Pintar Haji & Umrah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lufri, dkk. 2017. Metodologi Pembelajaran : Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: CV IRDH.
Majid, Abdul. 2014. Belajar Dan Pembelajaran :Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Meisa Putri, Revi. 2022. Siswa Kelas IX-E. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Muamanah, Hidayatul. 2022. Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Islam. Volume 5. Nomor 1.
Mukhibbah, dkk. 2014. Penerapan Strategi Meaningful Learning Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil BelajarMatematika Siswa Kelas VII MTs Al-Amin Krian Pada Materi Bangun Datar. Thesis. Surabaya : Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Mulyono, Budi dan Hapizah. 2018. Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. Sumatra Selatan : Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3 Nomor 2.
Mustakim, Zaenal. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan : IAIN Pekalongan Press.
Nizar, Samsul. 2001. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta : Gaya Media Pratama.
Noorlaila, Faida. 2020. Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan Islam. Jawa Barat: Edu Publisher.
Nur Azizah, Fatiya. 2020. Strategi Meaningfull Learning Dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Tengah Pandemi Covid-19. Malang: Jurnal of Islamic Education Research, Vol. 1, No. 3.
Observasi Pada Penerapan Model Meaningful Learning Berbantuan Video Pembelajaran Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX Di SMP N 3 Sragi, 2-3 November 2022.
Pertiwi, Putri, dkk. 2020. Pengaruh Penerapan Meaningful Learning Berbantuan LKPD Bertema Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Metakognitif Peserta Didik. Cirebon : Jurnal Math Educator Nusantara, Volume 6.
Purwanti, Budi. 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 3 No. 1.
Putri Utami, Hafizah. 2022. Siswa Kelas IX-E. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Rahmah, Nur. 2013. Belajar Bermakna Ausubel. Sulawesi Selatan: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.1.
Rahmawati, Ika. 2016. Penerapan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Peningkatan Komunikasi Matematis Dan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII B SMP Islam Al-Kahfi Somalangu Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Kebumen: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Rasyid, Sulaiman. 2011. Fiqh Islam. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Rismayati. 2014. Mengatasi Kesulitan Peserta Didik melalui Metode Meaningful Learning dalam Materi Aplikasi Konsep Titik Stationer Di Kelas XII MIPA1 Tahun Pelajaran 2019/2020 Di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jambi :Jurnal Matematika, Volume 5, Nomor 1.
Setyowati, Nuning dan Mawardi. 2018. Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jawa Tengah : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8 No. 3.
Shoffa, Shoffan. 2016. Penerapan Strategi Meaningful Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UM Surabaya Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan. Surabaya : Jurnal Of Matematics Education, Science and Technology, Volume 1, Nomor 2.
Siregar, Evelline. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Slamet Untung, Moh. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Litera.
Stafaat, Aat, dkk. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suparno. 2017. Pembelajaran Bermakna and Hasil Belajar, Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Di MI Ahliyah IV Palembang. Sumatra Selatan: Jurnal Pendidikan, Volume 2, no. 1.
Supiana dan Karman. 2009. Materi Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryadi, Ace. 2-14. Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tarmidzi. 2018. Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Cirebon: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 1 Nomor 2.
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Konstektual. Jakarta: Cerdas Pistaka Publisher.
Wana Putri, Risnaeni. 2022. Siswa Kelas IX-F. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Wartiningsih, Dita Anggreni. 2018. Pengaruh Meaningful Learning Ausubel Terhadap Motivasi Belajar Tematik Bagi Siswa Kelas V SDN Bareng 3 Malangi. Skripsi Pendidikan Guru Madsrasah Ibtidaiyah.
Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Yarmumida, Miti. 2017. Fiqih Haji dan Umrah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuanta, Friendha. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Surabaya : Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.1 No.2.
23SK2321331.00 | SK PAI 23.331 IKK p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain