SKRIPSI PAI
Implementasi Home Visit Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Berkebutuhan Khusus Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SLB Negeri Batang Kecamatan Batang
Kata Kunci: Home Visit, Motivasi Belajar, Anak Berkebutuhan Khusus, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Keluarga harus menjadi peran yang baik bagi anak dalam pertumbuhan mereka sebagai tempat utama pendidikan. Namun ada keluarga dan lingkungan rumah memiliki masalah yang dapat menimbulkan masalah bagi siswa untuk belajar di sekolah. Kegiatan home visit dijadikan solusi atau alternatif metode pembelajaran yang dapat dilakukan guna menangani masalah siswa. Sekolah salah satu tempat belajar karena belajar dapat dilakukan di manapun dan kapanpun, sehingga pelaksanaan home visit juga diperbolehkan. Tekun atau tidak seseorang ketika belajar terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya motivasi. Motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran pada masa pandemi ini tentu tidak selaras menggunakan pembelajaran seperti biasa yang dilakukan di sekolah. Oleh karena itu, para guru membuat alternatif dengan melaksanakan metode home visit (kunjungan rumah) untuk proses pembelajaran. Jika menggunakan metode daring (dalam jaringan) dianggap tidak memungkinkan bagi anak luar biasa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi home visit guna meningkatkan motivasi belajar bagi siswa SMP berkebutuhan khusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SLB Negeri Batang? 2) Bagaimana efektifitas implementasi home visit untuk meningkatkan motivasi belajar bagi siswa SMP berkebutuhan khusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SLB Negeri Batang?
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis menurut Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, paparan data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi serta keabsahan data dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Implementasi home visit untuk meningkatkan motivasi belajar bagi siswa SMP berkebutuhan khusus dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang ada di SLB Negeri Batang dilakukan pada masa pandemi melalui enam tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut, dan laporan. Home visit memiliki tujuan mendapatkan informasi lebih dalam membantu guru memecahkan masalah siswa seperti motivasi belajar yang menurun karena selama pendemi belajar di rumah. Oleh karena itu, adanya implementasi home visit guru berkunjung ke rumah siswa bertemu dan berdiskusi dengan orang tua mengenai permasalahan yang sedang siswa hadapi. 2) Implementasi home visit yang dilakukan pihak SLB Negeri Batang efektif meningkatkan motivasi belajar bagi siswa SMP berkebutuhan khusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya siswa yang lebih semangat dan tidak cepat bosan dalam belajar, bahkan siswa merasa antusias dimulai dari sebelum pembelajaran dimulai, siswa senang bertemu langsung dengan guru yang datang ke rumah, dapat mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik dan mengumpulkannya tepat waktu, serta ketika belajar siswa sudah tidak selalu bergantung pada kedua orangtua. Perubahan yang lebih baik ketika pembelajaran home visit dari pada pembelajaran online tersebut dirasakan oleh orang tua dan guru. Namun, adanya keterbatasan waktu membuat implementasi home visit tidak maksimal.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmadi, Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azqia, Naela. 2018. “Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Pekalongan”. Pekalongan: Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Pekalongan.
Daradjat, Zakiah. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.
Dewi, Ristiana. 2017. “Korelasi Kompetensi Kepribadian Guru PAI dengan Motivasi Belajar PAI Siswa SMP Negeri 4 Bandar”. Pekalongan: Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Pekalongan.
Dwita, Konita Dian dan Haryadi Ade Irma Anggraeni. “Pengaruh Home Visit dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto”. Purwokerto: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA). Vol.20. No.1. 2018.
Emda, Amna. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran”. Aceh: Jurnal Lantanida. Vol.5. No.2. 2017.
Garnida, Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Handayani, GP., & Hidayat, H. 2017. Pentingnya Pelaksanaan Home Visit oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Pontianak: Ikatan Konselor Indonesia (IKI).
Hidayat Tatang dan Abas Asyafah. “Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah”. Bandung: Al-Tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol.10.
No.1. 2019.
Ilahi, Mohammad Taqdir. 2016. Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Komalasari, Elis. “Layanan Home Visit Pendidikan Anak Usia Dini bagi Anak Kurang Sejahtera”. Batusangkar: Ta’dib. Vol.18. No.1. 2015
.
Kusumaningrum, Ayu. 2021. “Implementasi School from Home Metode Home Visit dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo)”. Ponorogo: Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Ponorogo.
Masanah. 2018. “Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Anak di Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa Bulakan Sawangan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang”. Pekalongan: Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Pekalongan.
Masni, Harbeng. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar”. Dikdaya. Vol.5. No.1. 2015.
Maulana, Luthfi. 2019. “Upaya Guru PAI dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan”. Pekalongan: Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Pekalongan.
Mokodompit, Intan Safitri. “Home Visit sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19: Kesiapan Guru, Respon Siswa, Materi dan Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah”. Jombang: Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam. Vol.6. No.2. 2020.
Moleong, Lexy J. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nirmala, B., dan Annuar, H. “Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.5. No.2. 2020.
Palittin, Ivylentine Datu dkk. “Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa”. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol.6. No.2. 2019.
Prihartanta, Widayat. “Teori-Teori Motivasi”. Aceh: Jurnal Adabiya. Vol.1. No.83. 2015.
Rahmawati, Tutik dkk. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.
Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rohmadi, Samsul Huda. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Araska.
Rosnawati, Kemis dan Ati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita. Bandung: PT. Luxima Metro Media.
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulasni. “Pengaruh Layanan Home Visit terhadap Kabiasaan dan Motivasi Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Kutapanjang Tahun Ajaran 2020/2021”. Kutapanjang: Serambi Academia Jurnal Pendidikan, Sains dan Hhumaniora. Vol.9. No.1. 2021.
Suprihatin, Siti. “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jakarta: Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol.3. No.1. 2015.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wahab, Rohmalia. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Wiguna, Satria dan Muamar Al Qadri. “Pengaruh Home Visit Method terhadap Hasil Belajar Luring di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTs Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langka)”. Tanjung Pura: Continuous Education: Journal of Science and Research. Vol.2. No.1. 2021.
Wiyono, Dwi Fitri dan Nazili Maruri. “Program Home Visit dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa”. Malang: Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat. Vol.2. No.1. 2021.
Yusrizal dkk. “Pengaruh Metode Visit Home dan Pola Bimbingan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era Pandemi Covid-19”. Medan: Jurnal Tematik. Vol.10. No.3. 2020.
Yuwono, Dwi Fitri dan Nazili Masruri. “Program Home Visit dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa”. Malang: Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat. Vol.2. No.1. 2021.
23SK2321330.00 | SK PAI 23.330 SAF i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain