SKRIPSI PAI
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Siswa SMP Al-Qur'an Zaenuddin Kramat Kabupaten Tegal
Kata Kunci: Peran Guru, Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai Moderasi Beragama.
Guru merupakan seorang tenaga pendidik profesional yang mendidik, membimbing, melatih, mengajarkan suatu ilmu, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada peseta didik. SMP Al-Qur’an Zaenuddin merupakan sekolah berbasis pesantren yang mana pembelajaran dan kegiatannya menganut sistem pesantren. Di awal berdirinya SMP Al-Qur’an Zaenuddin mendapat stigma negatif dari masyarakat, tak jarang banyak masyarakat yang menganggap bahwa SMP Al-Qur’an Zaenuddin menganut aliran di luar mayoritas masyarakat sekitar. Namun seiring berjalannya waktu stigma negatif itu mulai hilang karena usaha dan peran dari seluruh elemen, salah satunya peran guru Pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai moderasi.
Berdasarkan Latar belakang terdapat beberapa rumusan masalah, adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran PAI di SMP Al-Qur’an Zaenuddin Kramat Tegal ?, Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa SMP Al- Qur’an Zaenuddin Kramat Tegal ? Dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa SMP Al- Qur’an Zaenuddin Kramat Tegal ? Tujuannya adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI, peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dan faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agam Islam dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah, guru PAI, waka kurikulum dan siwa SMP Al-Qur’an Zaenuddin Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah implementasi pembelajaran PAI di SMP Al-Qur’an Zaenuddin yaitu pertama perencanaan. pelaksanaan dan evaluasi. Peran guru Pendidikan Agama Islam Dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di SMP Al-Qur'an Zaenuddin yaitu cerita inspiratif, pembiasaan-pembiasaan dan melalaui kegiatan-kegiatan moderasi beragama. faktor pendukung dan penghambat dari jalannya proses penanaman nilai tersebut, untuk faktor pendukung seperti faktor lingkungan, guru, siswa dan sarana prasarana. Sedanagkan untuk Faktor penghambat sendiri juga kurangnya jam pelajaran, ketegasan guru dan kemampuan siswa.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdurrahman. Tt. Ziarah Kubur. Jakarta: Sandro Jaya. .
Abdussomad, Muhyidin. 2009. Hujjah Nu (Aqidah-amaliyah-tradisi). Surabaya: Khalista.
Abuddin, Nata. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenedia Group.
Afrizal Nur dan Mukhlis. 2015. “Konsep Wasathiyah dalam Al-Qur‟an”. An Nur, Vol. 4 No. 2.
Agil Husin Al Munawar, Said. 2005. Aktualisasi Nilai-Nilai Islam, Al-Qur‟an dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Press.
Ahmad Najib, Iqbal. 2020. Yahdinil Firda Nadhirah, Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Islam. Serang: Media Madani.
Ahmadi, Abu. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahyan Yusuf Sya’bani, Muhammad. 2018. Profesi Keguruan Menjadi Guru Yang Religius Dan Bermanfaat. Gresik: Caremedia Communication.
Akhmadi, Agus. 2019. “Moderasi beragama dalam keagamaan Indonesia,”. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13, no. 2.
Al-Asfahaniy, Al-Alamah Al-Raghib. 2009. Mufradat Al-Fadz Al-Qur’an. Beirut: Darel Qalam.
Ali, Mudzakkir. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PKPI2 Universitas Wahid Hasyim Semarang.
Al-Rasyidin, & Samsul nizar. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Ciputat : PT.ciputat press.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Arianti. 2018. “Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Didaktika Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, Vol. 12, No. 2, Desember.
Arif, Khairan Muhammad. 2020. Islam Moderasi : Tela’ah Komprehensif Pemikiran Wasathiyyah Islam, Perspektif Al-Qur‟an dan As Sunnah, Menuju Islam Rahmatan Li Al-Alamin. Jakarta: Pustaka Ikadi.
Azyumardi Azra, CBE. 2020. Moderasi Islam di Indonesia dari Ajaran, Ibadah, hingga Perilaku. Jakarta : Kencana.
B. Uno, Hamzah & Nina Lamatenggo. 2016. Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Bagus Azmi, Muhammad. 2019. “Penerapan nilai-nilai Islam Moderat di Kalangan Mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Aly UIN Maulana Malik Ibrahim” Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim
Chatib, Munif. 2013. Sekolah Manusia. Bandung : Kaifa.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2016. Al-Qur’an dan Terjemahan Juz. Surabaya : Duta Ilmu.
Fadeli dan subhan. 2017. Antologi NU: Sejarah, amaliah dan uswah. Surabaya: khalista.
Fahri, Muhammad dan Ahmad Zainuri. “Moderasi Beragama di Indonesia”. Jurnal Lera, Vol. 2. No 2. STAI Miftahul Ula Nganjuk.
Faozan, Ahmad. 2020. “Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam untuk masyarakat Multikultur”. Jurnal Al-Ishlah. Vol 1. No. 1. STIT Darul Ishlah.
Fauzi Lubis, Rahmad. 2020. “Guru Pendidikan Islam Dalam Konteks SM”. Al-Muthaharah Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, Vol. 17, No. 2, Juli-Desember.
Haryanto Afandi,. Edi Rohani. 2017. Pengantar Studi Aswaja An-Nahdliyah. Yogyakarta : LKIS.
Hasan, M. Nur. 2010. Ijtihad Politik Nu. Bogor: Manhaj.
Hengki wijaya, Helaludin. 2019. analisis data kualitatif sebuh tinjauan teori dan praktik. Sekolah tinggi theologia jaffray.
Hidayat, Rahmad.2016. Ilmu Pendidikan Islam. Medan: LPPPI, 2016.
Ilyas, Yunahar. 2011. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPII.
Jannah, Saniatul nisail dan uep tatang sontani. 2018. “Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, IP Manper, Vol. 03, No. 1, januari.
Kaswardi, EM. K.. 1993. Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000. Jakarta : PT.Grasindo.
Kementerian Agama, R.I. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI.
KH. Ali Maksum, Hujjan Ahlussunah Wal Jama’ah (Krapyak), hlm. 43.
Khaironi, Mulianah. 2017. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini”,(Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, No. 2, Desember , 1.
Kuswanto, Edi. 2014. “Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah”. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2, Desember.
Lestari, Gina. 2015. “Bhineka Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia di Tengah Kehidupan Sara”. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 28. No 1, Februari 2
M. A. Hermawan. 2020. “Nilai Moderasi Islam dan Internalisasinya di sekolah”. Miyah Jurnal Studi Islam, Vol. 17. No. 1. Kementrian Agama Kabupaten Probolonggo.
Maesaroh, Siti. 2013. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Kependidikan : Vol. 1, No. 1, 1 November.
Mahmud Febrianto, Muhammad . 2019. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyyah Pada Siswa Smp Ma’arif 1 Ponorog” Skripsi, (Ponorogo, IAIN Ponorogo.
Mardawani. 2020. Praktis penelitian kualitatif. Yogyakarta, Cv Budi Utama.
Meifa, Angga dkk. 2016. ”Impelementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Humaniora: Vol. IV, No. 3, September.
Mohammad Ali, Asrori. 2010. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta : Bumi Aksara
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muchith, M. Saekan . 2014. “Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan”. Jurnal Addin, Vol. 10, No. 1.
Muhibbin Zuhri, Achmad. 2010. Pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang ahlussunah wal jama’ah. Surabaya:Khalista..
Mukani. 2016. Berguru Ke Sang Kiai, Pemikiran pendidikan KH. M. Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: Kalimedia, Cet 1.
Nidawati. penerapan peran dan fungsi guru dalam kegiatan pembelajaran. Banda Aceh: FTK UIN AR-Raniry
Normawati, Syarifah Dkk. 2019. Etika dan profesi Guru. Riau: PT Indragiri.
Nurcholis. Tt. 50 Amaliyah Nahdliyah. Tulungagung: Bambang Adhyaksa. Ketua Lembaga Pelestarian Seni dan Sejarah Tulungagung.
Nurfahmi, Ikhfak “Upaya Guru PAI Dalam Pembinaan Moderasi Beragama di SMK Karsa Mulya Palangkaraya” Skripsi. Palangkaraya: IAIN Palangkaraya.
Nurrohmah, Isma Harika.2020. “Peran Guru PAI Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro” Skripsi. Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim.
Ramayulis. 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sandu siyoto & M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.
Shihab, M. Quraish. 2019. Wasathiyyah: Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama, Tangerang : Lentera Hati.
Sopian, Ahmad. 2016. “Tugas Peran dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan”. Raudhah: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 1, No. 1, Juni.
Suaedy Ahmad. 2018. Gus Dur, Islam Nusantara, dan Kewarganeragaan Bineka. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka utama.
Suduiro, Darno edi. 2003. Kiat Menyusun Penelitian . Surabaya: Mandar Maju, cetakan kelima.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati. 2018. “Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol 3, No. 2, P-ISSN: 2527-4082, E-ISSN: 2622-9201, Juli-Desember.
Suparta, Mundzier. 2018. Islamic Multicultural Education: Sebeuah Refleksi atas Pendidika Agama Islam di Indonesia. Jakarta: Al-Ghazali.
Sutrisno, Edy Sutrisno. 2019. “Aktualissi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan”. Jurnal Bimas Islam, Vol 12, no 1.
Tafsir, Ahmad. 2011. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.
Toha, H. M. Chabib Toha. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Uhbiyati, Nur. 2013. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Usman, Moh Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahid, Abdul. 2001. Militansi Aswaja & Dinamika Pemikiran Islam. Malang: Aswaja Centre UNISMA.
Wahid, Achmad. 2015. Khitah Nahdliyah,(Surabaya:Khalista-LTNU, cet lll.
Yunus dan Arhanuddin Salim. 2018. “Eksistensi Moderasi Islam dalam kurikulum Pembelajaran PAI di SMA”. al-tadzkiyyah Vol. 9, no 2.
23SK2321328.00 | SK PAI 23.328 USA p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain