SKRIPSI PAI
Pengaruh Bimbingan Orang Tua Dan Perhatian Guru Terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Kelas XI di MA Asy-Syafi'iyyah Jatibarang Brebes
Kata Kunci :Bimbingan Orangtua, Perhatian Guru, Kecerdasan sosial.
Pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi kecerdasan yang sama. Baik kecerdasan intelektual maupun kecerdasan sosial. Kecerdasan sosial adalah kemampuan mencapai kematangan pada kesadaran berpikir dan bertindak untuk menjalankan peran manusia sebagai makhluk sosial di dalam menjalin hubungan dengan lingkungan sosialnya. Adapun faktor yang mempengaruhi kecerdasan sosial adalah bimbingan orang tua dan perhatian guru. Bimbingan yang dilakukan oleh orang tua adalah sebagai penuntun cara melakukan sesuatu hal dengan baik dan benar kepada anaknya. Selain itu perhatian guru juga salah satu faktor utama yang mempengaruhi pemahaman siswa terhadap lingkungan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap Kecerdasan Sosial Kelas XI di MA Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes?; (2) Bagaimana Pengaruh Perhatian Guru terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Kelas XI di MA Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes?; (3) Bagaimana Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Perhatian Guru terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Kelas XI di MA Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes?. Adapun tujuanya: Untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap kecerdasan sosial siswa kelas XI di MA Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes;s Untuk mengetahui pengaruh perhatian guru terhadap kecerdasan sosial siswa kelas XI di MA Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes; Untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua dan perhatian guru terhadap kecerdasan sosial siswa kelas XI di MA Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 siswa. Jenis analisis data menggunakan rumus regresi linier berganda dengan uji hipotesis yaitu uji t dan uji f dengan bantuan program SPSS 25.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa bimbingan orang tua dan perhatian guru berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan sosial XI di MA Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes dapat dilihat dari nilai sig. sebesar 0,000 dibandingkan dengan taraf signifikansi (ɑ = 5%) 0,05, maka 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak HI diterima, selain itu dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 41% pengaruh bimbingan orang tua dan perhatian guru terhadap kecerdasan sosial siswa kelas XI.
DAFTAR PUSTAKA :
Amin. Samsul Munir. 2010. Bimbingan dan Konseling Islam (Jakarta: Amzah)
Anam Hairul. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi”. ”. Jurnal Penelitian Sains Terapan Vol. 2 No. 1
Aunur Rahim. Faqih. 2001. Bimbingan dan Konseling dalam Islam, (Jakarta: UII Pres)
Ayuwardani. Rizky Primadita. 2018. “Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Intial Publik Offering”. Jurnal Nominal. Vol. VII, No.1
Azwar Saifuddin. 2009. Metodologi Penelitian, (yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Basri, Muhammad. “Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Murid Kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa”. Jurnal Pendidikan. (Universita Muhammadiyah makasar)
Putra, Thoha.2005. “Al-Qur’an surat At-Tahrim ayat 6, Al-Qur’an dan Terjemahnya” Departemen Agama. Semarang
Faruk, Achmad. 2016. ”Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V SD Negeri di Kelurahan Mangkang Kulon Kecamatan Tugu Kota Semarang”, Skripsi Guru Sekolah Dasar, (Semarang:UNESS)
Ghazali. Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPS. (Semarang: BP Undip)
Hardani dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. (Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, Maret)
Harvi. Nurinsani Khoirul Anam. ddk. 2019. “Pengaruh Perhatian Orang tua dan Pergaulan Bebas Terhadap Perkembangan Moral Anak pada Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia, Vol. 2, No. 5, September P – ISSN 2614-624X E – ISSN 2614-6231
Hasan M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya, (Jakarta: Ghalia Indonesia).
Jamaluddin. 2018. “Pengaruh Teknologi Terhadap Kualitas Layanan di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin”. Jurnal Pustakawan UNHAS. Vol. 25, No. 4
Laksminingrum. Diah. 2012. “Pentingnya Kecerdasan Sosial di Masyarakat”. Jurnal Kecerdasan Sosial, STIMIK Bina Patria Magelang. Vol.2, No.2
Latan. Hengky. Dkk. 2013. Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SPSS 20.0. (Bandung: Alfabeta)
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: CV Pustaka Setia)
Margono. S. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta)
Martono. Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Sata Sekunder. (Jakarta: Rajawali)
Muzaidin, Muhammad. 2018. “Pengaruh Perhatian Guru Terhadap Konsep Diri Siswa di MTs Ma’arif NU 2 Banten”, Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Narbuko. Cholid. Dkk. 2013. Metode Penelitia.(Jakart: PT Bumi Aksara)
Novita, Lina. Agistina, Anisa. 2018. “Bimbingan Orangtua Dengan Disiplin Siswa”. Jurnal Pendidikan. Vol. 2, No.1, 01-14 E-ISSN : 2550-0406
Rahim,Maryam. 2018. “Pengembangan Panduan Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Siswa”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 4 Nomor 2 Desember 2018.
Ridha, Nikmatur. 2017. Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian, Jurnal Hikmah. Sekolah Tinggi Agama Islam (Stai) Sumatera Medan, Volume 14, No. 1, Januari – Juni 2017
Robbiah. 2018. “Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat”, Jurnal Pendidikan. Vol 2 No 1 (2018)
Sabrudin, Dadan. 2019. Dampak Akuntabilitas, Transparansi dan Profesionalisme Paedadodik Terhadap Kinerha Guru di SMKN 21 Jakarta”. Jurnal Nusamba, Vol. 4, No. 1
Safitri, Nurhayati. 2018. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekola”, Journal of Educational Review and Research. Vol. 1 No. 2, December 2018: 64 – 67 e-ISSN: 2597-9760, p-ISSN: 2597-9752
Salahudin Anas.2010. Bimbingan dan Konseling (Bandung: Pustaka Setia)
Siregar. Syofian. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS. (Jakarta: PT Bumi Aksara)
Sugiyono. 2014. Kualitatif, Kuantitatif dan Komparasi, (Bandung: Alfabeta).
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G (Bandung: alfabeta)
Suparlan. 2002. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dari Konsepsi Sampai Implementasi (Jakarta: Grafindo Persada)
Suplig Maurice Andrew.2017. “Pengaruh Kecanduan Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar”, Jurnal Jaffry. Vol. 15, No. 2, Oktober
Taniredja. Tukiran. Dkk. 2012. Penelitian Kuantitatif. (Bandung Alfabeta)
Untung. Slamet. 2019. Metodologi Penelitian: Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. (Yogyakarta: Litera Yogyakarta)
UURI. 2003. Sistem Pendidikan Nasional (Jogjakarta: Media Wacana Pres).
Winarni, Sudati. 2015. “Pengaruh Perhatian Guru, Motivasi Belajar, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Sma Negeri 2 Bantul”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidik. Vol. III, No. 2, Mei
23SK2321324.00 | SK PAI 23.324 UMI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain