SKRIPSI PAI
Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Guru.
Penelitian ini berangkat dari isu tentang rendahnya kualitas pendidikan, khususnya pendidikan agama yang dikaitkan dengan rendahnya kualitas guru pendidik agama tersebut. Isu ini ada kemungkinan benar dan ada kemungkinan salah, karena keberhasilan pendidikan ditentukan oleh banyak faktor. Namun demikian, faktor kepala sekolah dan guru dalam tugasnya sebagai pemimpin lembaga pendidikan. Dengan lahirnya undang-undang No. 14 Tahun 2005 Bab IV pasal 10 guru diharuskan mempunyai empat kompetensi: kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Undang-undang ini dibentuk untuk meningkatkan mutu guru sebagai profesi yang bermartabat. Dari kualitas pengajaran yang dilakukan, siswa senantiasa dihantui dengan kebosanan untuk belajar agama, karena kurangnya metode yang diterapkan oleh guru dalam mengajar. Sehingga ketika metode diterapkan dengan baik maka peserta didikpun akan merasakan nyaman dan senang dalam mempelajari pelajaran agama.
Dari kegelisahan diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Upaya Kepala Sekolah dalam mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI yang dilakukan di MTS NU Miftahul Ulum. Tujuan dari peneliti ini untuk mengungkapkan dan mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh kepala sekolah, Maka akan memberikan manfaat untuk guru yang bersangkutan, sekolah, dan pemerintah didalam mengambil kebijkan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan termasuk mutu guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam sudah cukup baik, para guru telah banyak menggunakan beberapa metode, baik ceramah, diskusi, demostrasi, halaqoh, tugas kelompok dan lainnya. Dari beberapa metode yang dilakukan dapat membuat para siswa dapat merasa nyaman dan senang untuk mempelajari agama. Pengembangan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dilakukan melalui seminar-seminar, worksop, pembelajaran multimedia, memberikan kesempatan untuk melanjutkan ke jenajng pendidikan yang lebih tinggi.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, Abd. Rahman. Et al. 2021. “Aktualisasi Konsep Dasar Pendidikan Islam”. Yogyakarta: UII Pres hlm. 35.
Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (edisi Terjemah Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ihsan, Fuad. 2013. Dasar Dasar Kepribadian. Jakarta: Rineka cipta.
Fanany El, 2013. Guru Sejati Guru Idola, Yogyakarta: Aska.
Priansa, Doni Juni. 2017. Menjadi Kepala Sekolah Dan Guru Profesional. Bandung: Pustaka Setia.
Fachrudi, Indra. 1993. Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2018. Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah Kepala Sekolah, Nomor 6 Tahun 2018. Jakarta: Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Mustakim, Zaenal. 2017. Strategi Dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: Iain Press.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2007. Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru, Nomor 16 Tahun 2007. Jakarta: Kementerian Nasional.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moloeng, J Lexy. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya
Nazir, Mohammad. 1998. Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R D. Bandung: Alfabeta.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Tenaga Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
Trioanto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Tenaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2018. Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, Nomor 6 Tahun 2018. Jakarta: Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Mulyasa. 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS. Bandung: Remaja Rosda Karta.
Purwanto, Ngalim. 2002. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Burhanuddin, Yusak. 1998. Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Wahjosumidjo. 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muhaimin. 2003. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rohmat. 2012. Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Usman, Moh Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya.
Darmadi, Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar (Landasan Konsep Dan Implementasi). Bandung: Alfabeta.
Muhibbin, Syah. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu Dan Metode Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Djumarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Supamo, Paul. 2004. Guru Demokrasi Di Era Reformasi. Jakarta: Grasindo.
Dian, Andayani Dan Majid Abdul. 2008. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aly, Hery Noer. 1999. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
Arifin, Mohammad Dan Bamawi. Instrumen Pembinaan, Peningkatan, Dan Penelitian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzzy Media.
Ayriyah, Siti. 2014. “Analisis Tentang Kompetensi Pedagogik Guru PAI SMP Islam Walisongo Kedungwuni Pekalongan”, Skripsi Sarjana Pendidikan Islam. Pekalongan: Perpustakaan STAIN Pekalongan.
Khusna, Zuwida. 2014. “Studi Kompetensi Pedagogik Guru PAI SMA Kota Tegal”, Skripsi Sarjana Pendidikan Agama Islam. Semarang: UIN Walisongo.
Anwar, Saeful. 2012. “Peran Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SMP di Kota Pekalongan”, Sarjana Pendidikan Agama Islam. Pekalongan: Perpustakaan STAIN Pekalongan.
23SK2321323.00 | SK PAI 23.323 SUG u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain