SKRIPSI PAI
Strategi Lembaga Bimbingan Belajar Asyafaah Sragi Dalam Mengoptimalkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Strategi Pembelajaran PAI, Prestasi Belajar
Pada awal tahun 2020 sampai tahun 2022 seluruh dunia terutama di indonesia terserang sebuah wabah covid 19. Imbasnya dalam dunia pendidikan, sekolah formal banyak yang menggunakan sistem online atau pembelajaran jarak jauh dari rumah menggunakan perangkat android atau komputer sehingga banyak anak didik di tingkatan sekolah dasar yang kurang optimal dalam pencapaian prestasi belajarnya khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Dalam hal ini Bimbingan belajar melalui strategi pembelajaranya diharapkan menjadi salah satu jawaban dari permasalahan kurang optimalnya prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi lembaga bimbingan belajar assyafaah dalam mengoptimalkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam? 2) bagaimana prestasi belajar peserta didik Bimbingan Belajar Asyafaah pada mata pelajaran pendidikan agama islam? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik bimbingan belajar asyafaah? Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Mengetahui strategi bimbingan belajar assyafaah dalam mengoptimalkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidika agama islam. 2) mengetahui presttasi belajar peserta didik bimbingan belajar Asyafaah pada mata pelajaran pendidikan agama islam 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik bimbingan belajar asyafaah.
Pendekatan penelitian yang dipilih yaitu penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan jenis penelitian lapangan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer, yaitu wali kelas dan peserta didik, serta data skunder yaitu jurnal, buku, website atau bahan bacaan yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Strategi pembelajaran di Bimbingan Belajar Asyafaah pada mata pelajaran pendidikan agama islam mencakup 4 hal yang menjadi perhatian lebih dan utama supaya prestasi belajar peserta didik dapat di raih secara optimal yaitu urutan dalam pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran yang tepat, penggunaan media pembelajaran sesuai dengan materi dan tingkatan anak, dan penggunaan waktu pembelajaran secara efektif; 2) prestasi belajar peserta didik Bimbingan Belajar Asyafaah pada mata pelajaran agama islam tidak terlalu terpaku pada nilai yang di hasilkan, akan tetapi lebih mengedepankan pada proses peserta didik di setiap pembelajaran. beberapa acuan yang menjadi prestasi belajar peserta didik meliputi meliputi ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah Psikomotorik. 3) terdapat beberapa faktor pendukung dalam pengoptimalan prestasi belajar peserta didik Bimbingan Belajar Asyafaah antara lain faktor lingkungan kelas, faktor kegiatan Bimbingan Belajar, faktor minat dan motivasi siswa, faktor usaha dan keuletan Bimbel dan guru dan faktor sarana prasarana. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah , faktor lingkungan teman sebaya dirumah dan faktor perhatian dari orang tua
DAFTAR PUSTAKA :
Abidin, Zaenal. 2006. Layanan Bimbinagan Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar.Jurnal pemikiran Alternatif Pendidikan Vol. 11 No. 1.
Andriyani, Asna. 2014. Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) dalam Peningkatan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan, 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
El Fiah, Rifda dan Adi Putra Purbaya. 2016. Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung TahunPelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No. 2.
Gainau, Maryam B. 2016. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Knisius.
Hikmawati, Fenti. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Lestari, Nyoman Ayu Putri. 2022. Pendampingan Bimbingan Belajar di Rumah Siswa SD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Vol. 1 No. 2.
Maiyanti, Azziza Anggi dan Ummiy Fauziah Laili. Pengaruh Bimbingan Belajar (Les di Luar Sekolah) Pada Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII MTs Jabal Noer Geluran Siodoarjo. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer Vol. 2 No. 1.
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Mariyati, dkk. 2022. Korelai Bimbingan Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SDN Beji IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 7 No. 2.
Mawarti, Arin Tentrem, dkk. 2021. Strategi Bimbingan Belajar. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Rosyid, Moh Zaiul, dkk. 2019. Prestasi Belajar.Malang: Literasi Nusantara.
Santoso, Aus dan Yuni Rusmawati. Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 02.
Sanusi Uci dan Rudi Ahmad Suryadi. 2018. Imu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Grup penerbitan CV budi utama.
Sari, Yessy Nur Endah. 2018. Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidika. Yogyakarta: Grup penerbitan CV budi utama.
Setianingsih, Eka Sari. 2016. Peranan Bimbingan dan Konseling dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar di SD.Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 1.
Sucipto. 2020. Tahfidz Al-Qur’an Prestasi. Bandung: Guepedia.
Sugiarti, dkk. 2020. Desain Penelitian Kualitatif Sastra. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Tahir, Andi dan Babay Hindriyanti. 2014. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah, Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No. 2.
Tarkuni. 2019. “Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Mundakjaya Kabupaten Indramayu”Skrips.,Yogyakarta: Universitas PGRI.
Tohari, Ahmad. 2019. Buku Ajar Pengantar Metodologi Penelitian Sosial + Plus. Pontianak: Tanjungpura University Press.
Winarmi, Endang Widi. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.Teori dan Praktik Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
23SK2321321.00 | SK PAI 23.321 QOR s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain