SKRIPSI PAI
Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Stakeholder di SMP Muhammadiyah Kesesi Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci : Peranan Supervisi Pendidikan. Stakeholder.
Peran Supervisi pendidikan dalam meningkatkan kepuasan stakeholder di sekolah diharapkan dapat memberi kemudahan dalam menjalankan setiap program pendidikan secara berkualitas dengan tujuan untuk memenuhi standar nasional pendidikan. Kualitas supervisi di sekolah selama ini yang sering disorot dan diperhatikan adalah melakukan perubahan dari segi program (kurikulum) tanpa dibarengi dengan perbaikan manajemen dan pengelolaan pendidikan dan keikutsertaan stakeholder yang menimbulkan beberapa komplain dan masalah didalam instansi tersebut. Melalui interaksi langsung dengan supervisi pendidikan dan stakeholder peneliti ingin mengetahui mengenai peran supervisi pendidikan guna meningkatkan kepuasan stakeholder yang memilki satu tujuan utama yaitu berkembangnya kualitas pendidikan yang ada di SMP Muhammadiyah Kesesi Kabupaten Pekalongan, bagaimana pelaksanaan, strategi serta faktor pendukung dan penghambat yang ada disekolah tersebut.
Skripsi ini berjudul “Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kepuasan Stakeholder di SMP Muhammadiyah Kesesi Kabupaten Pekalongan”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran supervisi pendidikan si SMP Muhammadiyah Kesesintuk mendeskripsikan strategi dalam meningkatkan kepuasan Stakeholder di SMP Muhammadiyah Kesesi dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam supervisi pendidikan di SMP Muhammadiyah Kesesi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwasupervisi pendidikan dilaksanakan melaluitiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi pendidikan. Strategi untuk membina kualitas stakeholder di SMP Muhammadiyah Kesesiadalah dengan memperbaiki tata kelola tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, tata kelola siswa dan meningkatkan mutu atau layanan lembaga pendidikan. Semua itu didukung oleh kepala sekolah yang memahami pelaksanaan supervisi pendidikan yang efektif, jumlah supervisor yang memadai, guru aktif mengikuti MGMP dan menanggapi positif tentang pelaksanaan supervise, dan kemudahan mengakses informasi. Walaupun masih terdapat faktor penghambat yakni ada kegiatan yang tidak direncanakan diluar jadwal supervisi pendidikan dan timbulnya perasaan canggung supervisor ketika melaksanakan supervise.
DAFTAR PUSTAKA :
Atmodiwiryo, Soebagio. 2011. Manajemen Pengawasan dan Supervisi Sekolah (Teori dan Praktik). Cetakan 1. Jakarta.
A.J Hariwung. 1989. Supervisi Pendidikan. Depdikbud.
A.A. Ketut Jelantik. 2015. Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional. Yogyakarta: Deepublish.
Ahmad Susanto. 2018. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep Strategi dan Implementasi. Yogyakarta: Kencana.
Albi Anggito dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kalitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Andi Muhammad Asbar. 2018. “Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 39 Bulukumba” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 12, No. 1.
Achmadi, Meotodelogi Penelitian.
Cholid Narbuko dan H.Abu Achmadi. 2013. Meotodelogi Penelitian, PT Bumi Aksara. Jakarta: PT Bumi Aksara.
El Widdah, M. & Huda, S. 2018. Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Madrasah. Jambi: Salim Media Indonesia.
Fatah N, 2009, Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung,PT Remaja Rosda Karya.
Fitriyansyah, Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di MTS Maliku Baru Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau. Skripsi.
Fathoni. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan. Skripsi.
Kisbiyanto. 2011. Manajemen Pendidikan Pendekatan Teoritik dan Pratik. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.
Kholis, N; Zamroni, & Sumarno. 2014. “Mutu Sekolah dan Budaya Partisipasi Stakeholders; Studi Fenomenologi di Sekolah MIN Tegalsari Wlingi Blitar” dalamJurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume 2. Nomor 2.
Lexy J Moleong. 2013.Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muri Yusuf. 2014.Metode Penelitian, Prenadamedia Group. Jakarta: Prenadamedia Group.
Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian :Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Muhaimin, Manajemen Pendidikan, dan Aplikasinya dalam Penyusunan Pengembangan Sekolah/Madrasah, hal. 137, dkk.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2006.Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung: Refika Aditam.
Nur Mufidah, Supervisi Pendidikan (Yogyakarta: Teras, 2009), cet. Kesatu, h.4
Nanang Fatah, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung,: Remaja Rosdakarya, 2009). Hal.33
Rudi Ahmad Suryadi. 2018.Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Shuhan Muwahid, Supervisi Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Mengembangkan SDM Guru), (Surabaya: Acima Publishing, 2012), h.34
Susanto, Nanang Hasan, 2017 “The Walisongo’s Educational Leadership Through Modelling and Fulfiment of Human Basic Needs”. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Islam. No. 2, Desember, VI.
Syamsuddin. 2019.Peranan Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam MTS N1 Makassar.Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makasar.Makassar.
Sonia Afrianti, A. 2016. “Implementasi Terhadap Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Dan Keprofesionalan Guru”. Jurnal IlmiahVII. Volume 2.
Sehartian Piet A. 2012. Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Mengembangkan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Tim Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, Pedoman.
Sugiyono. 2014.Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Husaini, Nuryadin Eko Raharjo, 2013, “”Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013”, Yogyakarta: Cakrwalla Pendidikan. No. 1 Februari, XXXII.
Untung Moh. Slamet, Manajemen Humas Lembaga Pendidikan Islam Persektif Merdeka Belajar, Cet Ke-1 Jilid I (Pekalongan: Wahana Resolusi, 2022), hlm. 6. dkk
Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wirda Ningsih. 2018. Peran Stakeholder dalam mendukung kesuksesan guru bimbingan dan konseling di madrasah Aliyah negeri unggul tapaktuan. Skripsi.Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusalam. Banda Aceh.
Welly Anggraini. 2020. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan dalam meningkatkan disiplin guru di SMP N1 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Skripsi.Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Batu Sangkar, IAIN Batusangkar. Batusangkar.
Wahyudin Darmalaksana. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Bandung: Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati.
23SK2321320.00 | SK PAI 23.320 ERS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain