SKRIPSI PAI
Implementasi Metode 3T+1M Dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Juz'Amma Siswa Sebagai Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam di MI Daarunnajah 2 Nyamplungsari Kabupaten Pemalang
Kata Kunci : Metode 3T+1M, Motivasi, Hafalan Juz’amma, Internalisasi nilai-nilai agama Islam.
Berkembangnya zaman membuat Orang tua lebih memilih untuk memasukkan anaknya ke madrasah, selain memperoleh ilmu pengetahuan umum, siswa juga di didik untuk lebih memperdalam ilmu agama terutama aqidah dan akhlak. Saat proses menghafal Banyak sekali siswa yang kesulitan menghafal Al-Qur’an. Metode sangat penting dalam mencapai keberhasilan menghafal Al-Qur’an. Guru harus menerapkan metode yang tepat untuk meningkatkan motivasi dan membangkitkan semangat belajar siswa, dalam menghafal AlQur’an, salah satunya adalah Metode 3T+1M yaitu penggabungan 4 metode sekaligus. Melalui implementasi tersebut dalam menghafal Juz ‘Amma diharapkan dapat menumbuh kembangkan kecintaan kepada Al-Qur’an, meningkatkan semangat dan motivasi siswa untuk menghafalkan Juz Amma sebagai upaya internalisasi nilai-nilai agama Islam di MI Daarunnajah 2 Nyamplungsari yang dapat membina siswa agar mempunyai akhlak yang baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Proses Perencanaan Implementasi Metode 3T+1M Dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Juz’Amma Siswa Sebagai Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Di MI Daarunnajah 2 Nyamplungsari Kabupaten Pemalang?, 2) Bagaimana Proses Pelaksanaan Implementasi Metode 3T+1M .. Dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Juz’Amma Siswa Sebagai Upaya Internalisasi NilaiNilai Agama Islam Di MI Daarunnajah 2 Nyamplungsari Kabupaten Pemalang?, 3) Bagaimana Proses Evaluasi Implementasi Metode 3T+1M Dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Juz’Amma Siswa Sebagai Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Di MI Daarunnajah 2 Nyamplungsari Kabupaten Pemalang?.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (filed reseach). Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer, yaitu kepala sekolah, guru PAI dan guru kelas, siswa dan wali murid. serta data skunder yaitu jurnal, buku, website atau bahan bacaan yang berkaitan dengan penelitian Penelitian ini memakai teknik analisis model Miles and Hubberman yang meliputi tiga tahapan diantaranya: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau biasa disebut verifikasi data.
Hasil Penelitian ini yaitu : 1) Perencanaan Impementasi Metode 3T+1M dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Juz'amma siswa sebagai Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam di MI Daarunnajah 2 Nyamplungsari yaitu pembelajaran (RPP), Silabus, program tahunan (PROTA), program semester (PROMES) pada awal semester. Guru juga membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), dan rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM) dengan berpedoman pada SK Dirjen Pendis Nomor 5164 Tahun 2018 dan permendikbud no 37 tahun 2018. Dan menyiapkan metode, media, materi, alat dan bahan. sebagai Upaya Internalisasi nilai-nilai agama Islam Dalam menyusun RPP guru menambahkan nilai nilai agama Islam untuk diajarkan didalam kelas. 2) Pelaksanaan Impementasi Metode 3T+1M dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Juz'amma siswa sebagai Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam di MI Daarunnajah 2 Nyamplungsari yaitu terdiri dari tiga bagian: kegiatan awal (salam, sapa, doa, dan Apersepsi), kegiatan inti (impementasi metode talaqqi, tafahhum, tikrar dan muraja’ah saat kegiatan menghafal) dan kegiatan penutup (ditutup dengan muraja’ah materi hari itu, melakukan penilaian, memberikan motivasi dan berdoa).Dan Upaya internalisasi nilai-nilai agama Islam adalah sebagai berikut: Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Tahfizul Juz'amma, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), Budaya lingkungan sekolah, Pembentukan tata tertib sekolah, dimana Nilai-nilai agama Islam yang diinternalisasikan di MI Daarunnajah 2 Nyamplungsari adalah Aqidah, Ibadah, Akhlak. 3) Evaluasi Impementasi Metode 3T+1M dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Juz'amma siswa sebagai Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam di MI Daarunnajah 2 Nyamplungsari yaitu Evaluasi Pembiasaan harian, Evaluasi mingguan, Evaluasi tengah semester, Evaluasi akhir semester, Evaluasinya menggunakan jenis tes yang digunakan yakni tes lisan dan tertulis.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmad, Muhammad Abdul Qadir. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Rineka Cipta.
Afidah, Siti Inarotul dan Fina Surya Anggraini, 2022. "Implementasi Metode Muraja'ah Dalam Peningkatan Kualitas Hafaan Al-Qur'an Di Pondok Pesantren Amanatul Qur'an Pacet Mojokerto". Jurnal Al-Ibrah Vol.7 No.1
Akhmar, Isna Amalia dan Hana Lestari, dkk. 2021. “Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah”. Jurnal, IAI Sahid Bogor.
AS, Salaffudin. 2018. Ngaji Metal (Metode Talqin), (Jakarta Selatan: Jagakarsa Wali Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi, Jakarta: Kencana.
Btr, Risma Yanti. 2020. “Implementasi Metode 3T + 1M Melalui Layanan Informasi Dalam Membantu Daya Ingat Hafalan Al-Quran Siswa Mts Hifzil Quran Yayasan Islamic Centre Medan” , Skripsi:Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Hasanah, Aan . 2013. Pendidikan Karakter Berperspektif Islam, Bandung: Insan Komunika.
Khoriyah, Rif’atul dan Cholifah, dkk. 2022. “Implementasi Metode 3T+1M Program Tahfidh Juz Amma Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Peserta Didik Di SDN 2 Tawangrejo Lamongan.”, Jurnal UIN Sunan Ampel Surabaya.
Maharani, Afifah Putri. 2020. “Implementasi Metode 3T+1M Dalam Program Tahfidz Di Pondok Pesantren Darul Hikmah (Yapidh)” . Skripsi, Universitas Negeri Jakarta.
Mulyasa, 2008. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Munawwir, Ahmad Warson. 2012. Kamus Al-Munawir, Surabaya: Pustaka Progresif.
Mulyana, Deddy. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran, (Jakarta: Delia Press, 2004), Hlm. 39.
Nata, Abudin. 2005. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: UIN Jakarta Press.
Prakas, Anggi, Eka Panjalu, dkk. “Proses Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Membentuk Perilaku Santri”, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8, No. 1, Maret 2022.
Redaksi Dalam Islam, Cara Cepat Menghafal Juz Amma untuk Anak, https://dalamislam.com/landasan-agama/al-quran/cara-cepat-menghafal-juz-amma, Diakses Pada Selasa, 13 Desember 2022 Pukul 08.29.
Rinawati, 2020. “Implementasi Metode 3T (Tasmi’, Tafahhum, Tikrar) DAN 1M (Muraja'ah) Dalam Mempermudah Menghafal Surat Pendek Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurus Salam Cancung, Bubulan, Bojonegoro”. Skripsi: Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
Saihu, 2020. "Peran hafalan Al Qur’an (Juz ‘Amma)”, Jurnal Kordinat Vol. XIX,No.1.
Setyaningsih , Rini dan Subiyantoro. 2017. "Kebijakan Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembentukan Kultur Religius Mahasiswa". Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 12, No. 1.
Sugiarto, Rachmat Morado. 2019. Cara Gampang Menghafal Al-Quran, Jakarta: Wahyu Qolbu.
Sugiarti, dkk. 2020. Desain Penelitian Kualitatif Sastra, Malang: Uniersitas Muhammadiyah Malang.
Suryana, Toto, dkk, 1996. “Pendidikan Agama Islam”, Surabaya : Tiga Mutiara.
Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta : PT. Rieneka Cipta, 2002), Hlm. 27.
Trianto, 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan, Jakarta: Kencana.
Ulumiyah, 2021, “Implementation of the Tallaqi, Tafahhum, Tikrar, and Murajaah (3T+1M) Method in the Tahfidz Istana Palace Learning Program”, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia Volume 6, Number 1.
Untung, Moh Slamet. 2019. Metodologi Penelitian: Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial, Yogyakarta: Litera.
Zulkarnain, 2008. Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
23SK2321318.00 | SK PAI 23.318 PUT i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain