SKRIPSI PAI
Penanaman Nilai-Nilai Keimanan Melalui Pembelajaran Kitab 'Aqidatul 'Awam Pada Santri Papua di Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Rowolaku Kajen Pekalongan
Kata kunci : Iman, ‘Aqīdatul ‘Awām, Santri Papua.
Iman kepada Allah merupakan iman yang sangat penting dan paling tinggi kedudukannya serta paling mulia nilainya. Penanaman keimanan sangat penting di semua kalangan termasuk pada santri Papua yang sedang menuntut ilmu di Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah. Dengan perantara lewat pembelajaran kitab Aqidatul Awam yang cukup praktis inilah, mampu menjawab segala permasalahan yang selalu ingin merubah tradisi atau amaliah yang selama ini dilakukan umat Islam. Menanamkan nilai-nilai keimanan melalui pembelajaran kitab ‘Aqīdatul ‘Awām pada santri Papua perlu dituntun membaca terlebih dahulu agar lancar membaca bait-bait nadzom kitab tersebut, karena membaca bait-bait nadzom tidak harus seperti membaca Al-Qur’an yang harus memakai tajwid dan kefasihan huruf melainkan dengan nada atau irama lagu.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana upaya penanaman nilai-nilai keimanan melalui pembelajaran kitab ‘Aqīdatul ‘Awām pada santri Papua dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai keimanan melalui pembelajaran kitab ‘Aqīdatul ‘Awām pada santri Papua. Tujuanya adalah Untuk mengetahui penanaman nilai-nilai keimanan melalui pembelajaran kitab ‘Aqīdatul ‘Awām pada santri Papua dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai keimanan melalui pembelajaran kitab ‘Aqīdatul ‘Awām pada santri Papua. Kemudian penelitian ini memiliki kegunaan yaitu secara teoritis diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang penanaman nilai keimanan dalam proses pembelajaran kitab ‘Aqīdatul ‘Awām.
Metode penelitian ada jenis juga ada pendekatan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) yang memilih tempat di Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Desa Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. adanya fasilitas yang baik, semangat belajar dari santri Papua dan semangat mengajar dari ustadz, bahasa yang dipakai mudah di pahami oleh santri Papua yaitu Bahasa Indonesia. Adapun faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai keimanan melalui pembelajaran kitab ‘Aqīdatul ‘Awām pada santri Papua di Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Rowolaku Kajen Pekalongan meliputi: adanya kegiatan mendadak seperti mujahadah Bersama yang dilakukan setelah shalat maghrib, maka bertabrakan antara jadwal pembelajaran ini dengan jadwal mujahadah.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, Mulyana. 2018. “Meneladani Sifat-Sifat Malaikat Allah Sebagai Bentuk Mengimani Adanya Malaikat”, dalam jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, Vol. 16 No. 2.
Al- Marzuki, Syaikh As-Sayyid Ahmad. Kitab ‘Aqīdatul ‘Awām. Magelang: Hasbuna.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Pradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ajisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asror, Khozinatul, 2022. Ustadz Madrasah Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah. Wawancara Langsung.
Asyari, Muhammad Khikam. Ustadz Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah. Wawancara Langsung.
Choni, M. 2012. Djunaedi dan Fauzan Al-Mansur. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Aruz Media.
Farissa, Fris. 2022. Santri Papua Angkatan 2020, Wawancara Langsung.
Hadi, Rizali. 2015. Pembelajaran Nilai-Nilai Kejujuran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Askara.
Hamid, Abdullah bin Abdul. 2013. Intisari Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’I.
Ismail, Farid Fuad. 2003. Cepat Menguasai Ilmu Filsafat, Jogjakarta : IRCiSoD.
Nasional, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan 2003. Kamus BesarBahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Nawi, Syaikh Muhammad. Nurudzolam Surabaya: Daarul Ilmi.
Maknunah, Lu’luul. Pembelajaran Kitab ‘Aqīdatul ‘Awām Sebagai Upaya Menanamkan Nilai Aqidah Siswa di Madrasah Diniyah Al-Ittihad Pasir Wetan Kabupaten Banyumas.
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7853/1/COVER_BAB%201_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf, (diakses pada tanggal 25 Januari 2023).
Mustaqim. 2014. Penanaman Nilai-Nilai Keimanan pada Siswa melalui Pembelajaran Kitab ‘Aqīdatul ‘Awām pada Muatan Lokal di MTs Miftahul Ulum Trimulyo Kayen Pati. Skripsi. Kudus: STAIN,.
Nalim, Yusuf dan Salafudin Tumudi. 2014. Statistic Deskriptif. Pekalongan: STAIN Press.
Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Putri, Dwi. Nur Fitriyana dan Ahmad Soleh Sakni. 2021. “Fenomena Pembacaan Kitab ‘Aqīdatul ‘Awām dan Relevansinya terhadap Nilai Spiritual Santri di Pondok Pesantren Sabilul Muhtadin di Desa Langkan” dalam Jurnal Ilmu Agama. Vol. 22, No. 2.
Rijali, Ahmad. 2018. “Analisis data Kualitatif”, dalam jurnal Al-Hadharah, Vol. 17, No. 33, Januari-Juni.
Rosyada, Muhammad Iqbal, Rosichin Mansur dan Ibnu Jazari, 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid dalam kitab Aqidatul Awam Karya Sayyid Ahmad Marzuqi” dalam Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 15, No. 2.
Saifuddin. 2022. Ustadz Madrasah Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Wawancara Langsung.
Sadulloh, Uyoh. 2007. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Sari, Susi Siviana dan Akhid Ilyas Alfatah. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Perspektif Syaikh Ahmad Al-Marzuki dalam Kitab Aqidatul Awam” dalam Jurnal Islam Nusantara. Vol. 05, No. 1.
Sukitman, Tri. 2016. “Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter)”. dalam jurnal Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 2
Agustus.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukandarrumudi. 2012. Metodologi Penelitian, Jogjakarta: Gajah Mada.
23SK2321317.00 | SK PAI 23.317 TUB p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain