SKRIPSI PAI
Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Ecoslamic Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti di SMK N 1 Pekalongan
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ecoslamic, dan Pendidikan Agama Islam.
Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan sebagai penunjang berhasilnya suatu proses pembelajaran sehingga pendidik perlu menggunakannya sebagai alat bantu untuk menyampaikan bahan ajar kepada peserta didik. SMK N 1 Pekalongan merupakan salah satu sekolah negeri kejuruan yang ada di Pekalongan, pendidik PAI dan Budi Pekerti telah membuat media pembelajaran tersendiri yang diberi nama Ecoslamic, dengan tujuan agar dapat mempermudah peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Ecoslamic pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK N 1 Pekalongan, bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Ecoslamic pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK N 1 Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Ecoslamic serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Ecoslamic pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK N 1 Pekalongan.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang diperoleh meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan menggunakan teknik analisis Miles Huberman yang terdiri dari tiga bagian meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Ecoslamic pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK N 1 Pekalongan sudah berjalan dengan baik dan terencana. Dapat dilihat dari pendidik dalam menyiapkan segala aspek baik pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan Ecoslamic adalah bahan ajar yang tersedia berbentuk elektronik (E-Book), sarana prasarana yang memadai, ruang penyimpanan di handphone yang kecil, hemat kuota internet, dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaannya adalah menggunakan kuota internet, kekuatan signal yang tidak stabil, dan hanya bisa digunakan pada handphone android saja.
DAFTAR PUSTAKA :
Aditia, Oriza. 2020. “Penerapan Media Google Classroom di Era Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran PAI”. Cirebon: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik. Vol. 2. No. 1. Januari-Juni.
Ali, Daud Mohammad. 2019. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Andayani, Abdul Majid dan Dian. 2006. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Azis, A. Rosmiaty. 2019. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. Ke-2. Yogyakarta: SIBUKU.
Bagunda, Febrianty. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Modayag”. Skripsi. Manado: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.
Bulow, Novia. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Yapin Manado”. Skripsi. Manado: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.
Daulay, Haidar Putra. 2016. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah.Jakarta: Kencana.
Dkk, Muhammad Hasan, Milawati. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media.
Dute, Hasruddin. 2021. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Pluralistik. Cet. Ke-1. Jakarta: Publicia Indonesia Utama.
Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ibrahim, Nana Sudjana. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Ihsan, Fuad. 2013. Dasar-dasar Kependidikan. Cet. Ke-8. Jakarta: Rineka Cipta.
Imani, Achmad Baihaqi, Amaliya Mufarroha, A. Ilham Tsabit. 2020. “Youtube sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang”. Madura: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam. Vol. 7. No.1. Maret.
K, Syarifuddin. 2018. Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Deepublish.
Khobir, Abdul. 2013. Filsafat Pendidikan Islam (Landasan Teoritis dan Praktis). Yogyakarta: STAIN Pekalongan Press.
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Agama Islam. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media
Mulyono. 2019. “Pembelajaran Agama Islam Berbasis Multikultural”. Situbondo:Jurnal Studi Agama. No. 1. Juni. VII.
Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Nafis, Muhammad Mutabihun. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Nursaputra, Ridho. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik dalam Pembelajaran PAI bagi Peserta Didik”. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Islam (UIN) Syarif Hidayatullah.
Parnawi, Afi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.
Prahara, Erwin Yudi. 2009. Materi Pendidikan Agama Islam. Ponorogo: STAIN. Putria, Nunuk Suyani, Achmad Setiawan, Aditin. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rachman, Fauzi. 2022. Buku Ajar Kuliah: Media Pembelajaran. Sukoharjo: Lakeisha.
Riyana, Rudi Susilana, dan Cepi. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Slamet, Yulius. 2019. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodah. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryadi, Rudi Ahmad. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish. Sutarsyah, Cucu. 2016. Pendidikan di Indonesia Permasalahan dan Solusinya. Yogyakarta: Media Akademia.
Tafsir, Ahmad. 2007. Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tafsir, Ahmad. 2014. Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Triyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Triyono, Agus. 2021. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Bintang Pusaka Madani.
23SK2321316.00 | SK PAI 23.316 NAI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain