SKRIPSI BPI
Bimbingan Akademik Dalam Mengatasi Burnout Mahasiswa Semester Akhir Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Latar belakang masalah penelitian ini bahwa adanya fenomena burnout membuat mahasiswa semester akhir menunda beberapa semester dalam penyelesaian tugas akhirnya dan tentunya mengakibatkan berkurangnya semangat. Bimbingan akademik di program studi Bimbingan Penyuluhan Islam tentunya diharapkan mampu menumbuhkan semangat dan motivasi mahasiswa semester akhir dalam pengerjaan tugas akhir dan tentunya diharapkan tidak ada lagi mahasiswa semester akhir yang mengalami burnout karena skripsi.
Rumusan masalah yang diungkap adalah bagaimana gambaran burnout mahasiswa semester akhir program studi Bimbingan Penyuluhan Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, bagaimana bimbingan akademik dalam mengatasi burnout mahasiswa semester akhir program studi Bimbingan Penyuluhan Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data berupa reduksi data, pengolahan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: burnout dialami oleh mahasiswa semester akhir yaitu semester empat belas yang sedang menyelesaikan skripsi. Faktor internal penyebab mahasiswa mengalami burnout adalah manajemen waktu/minimnya kontrol terhadap perkuliahan dan pekerjaan juga masalah pribadi. Sedangkan faktor eksternal disebabkan karena kurangnya dukungan sosial dari keluarga. Gejala yang dialami bisa secara fisik, mental, dan emosional. Selain itu, bimbingan akademik dalam mengatasi burnout mahasiswa semester akhir program studi Bimbingan Penyuluhan Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan berjalan dengan sesuai melalui tiga tahapan yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hal ini dapat dilihat dari mahasiswa yang sebelumnya mengalami kesulitan dan kehilangan semangatnya menjadi lebih termotivasi dan semangat dalam mengerjakan skripsinya. Selain itu dilihat dari perkembangan kemajuan mahasiswa baik sebelum bimbingan akademik maupun setelah bimbingan mengalami perubahan
23SK2335034.00 | SK BPI 23.034 SEK b | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain