SKRIPSI KPI
Youtube Sebagai Media Dakwah (Studi Pada Pondok Pesantren Ribath Nurul Hidayah Bedug Pangkah Tegal)
Youtube merupakan platform berbagi vidio secara online. Pengguna Youtube dapat dengan cepat mengirimkan video dan mengakses video gratis dari pengguna di seluruh dunia yang menawarkan berbagai informasi dalam bentuk "gambar bergerak". Menjadikan YouTube sebagai media dakwah kontemporer merupakan salah satu bentuk pemanfaatan eksplorasi penggunaan platform ini. Tidak heran jika sekarang ini Youtube lazim dijadikan media dakwah kontemporer oleh lembaga dakwah, pondok pesantren dan para da’i.
Pondok Pesantren Ribath Nurul hidayah telah memanfaatkan Youtube sebagai media dakwah dan telah merasakan manfaatnya, pondok pesantren yang lain juga bisa melaksanakan demikian agar dakwah semakin bisa berkembang dan dirasakan oleh masyarakat luas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana isi Youtube di Channel Pondok Pesantren Ribath Nurul Hidayah Bedug Pangkah Tegal? (2) Bagaimana Fungsi Media Youtube Pondok Pesantren Ribath Nurul Hidayah Bedug Pangkah Tegal?
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitataif. Jenis pendekatannya content analysis (analisis isi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dan prosesnya dengan reduksi data, penyajian data, verivikasi, dan teknik validitas data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pondok pesantren Ribath Nurul Hidayah dapat memanfaatkan Youtube sebagai media dakwah, dengan vidio unggahan yang berisi tentang Manajemen Qolbu, Keshalehan Sosial dan Keshalehan Individu. Fungsi media Youtube bagi Pondok Pesantren Ribath Nurul Hidayah memiliki 4 fungsi yaitu Edukasi, Dokumentasi, Persuasi dan Kontrol Sosial.
23SK2334023.00 | SK KPI 23.023 NAU y | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain