SKRIPSI PAI
Pengaruh Kompetensi Guru PAI Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Tegal
Kata kunci: Kompetensi Guru PAI, Minat Belajar
SMK Negeri 2 Tegal merupakan sekolah kejuruan negeri yang berakreditasi A. Berdasarkan penelitian pendahuluan diketahui bahwa banyak siswa di SMK Negeri 2 Tegal yang memiliki ketertarikan dalam mengikuti Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dibuktikan dengan siswa-siswanya yang gemar bertanya terkait materi pelajaran dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitarnya kepada guru PAI, selain itu mereka juga merasa senang dengan cara guru PAI menyampaikan materi kepada mereka. Tentunya terdapat berbagai faktor yang melatarbelakangi mereka senang dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas. Oleh karena itu, ketertarikan siswa SMK Negeri 2 Tegal dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam ini membuat penulis memiliki asumsi bahwa minat belajar yang dimiliki oleh siswa SMK Negeri 2 Tegal ini dipengaruhi oleh Kompetensi Guru PAInya yang baik dan kompeten.
Adapun rumusan masalah yang diajukan oleh penulis diantaranya adalah: Bagaimana tingkat kompetensi guru PAI di SMK Negeri 2 Tegal?, Bagaimana tingkat minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?, Adakah pengaruh kompetensi guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 2 Tegal? , tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui tingkat kompetensi guru PAI dan minat belajar siswa di SMK Negeri 2 Tegal, sekaligus mengetahui apakah minat belajar yang dimiliki siswa dipengaruhi oleh kompetensi guru nya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kompetensi guru PAI SMK Negeri 2 Tegal memberikan pengaruh terhadap minat belajar para sswanya, khususnya pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10,11, dan 12 SMK Negeri 2 Tegal dari keempat kejuruan yang ada. Penelitian dilakukan dengan cara melakukan penyebaran angket mengenai kompetensi guru PAI dan minat belajar siswa SMK Negeri 2 Tegal. Berdasarkan pengukuran, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, yang mana jawaban responden akan mewakili penilaian bagi kompetensi guru PAI yang mengampu di kelas mereka masing-masing dan minat belajar mereka masing-masing.
Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah: 1) Perolehan presentase nilai kompetensi guru PAI 1 : 71% dari 34 responden , guru PAI 2 :73% dari 33 responden, guru PAI 3 : 73% dari 33 responden, 2) Presentase nilai minat belajar siswa SMK Negeri 2 Tegal terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 70% dari 100 responden, 3) Besar koefisien determinasi adalah 0,507, yang menunjukkan bahwa 50,7% minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas dipengaruhi oleh kompetensi guru PAI yang baik, sedangkan 49,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel selain kompetensi guru PAI., 4). Berdasarkan output IBM SPSS Statistics 22 diketahui t hitung sebesar 4,845 dan dengan jumlah 100 responden di mana db=100-2=98 dan signifikansi 0,05 maka diperoleh t tabel sebesar 1,98447. Sehingga t hitung > t tabel yaitu 4,845 > 1,98447 maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga kesimpulannya adalah Tingkat kompetensi guru PAI di SMK Negeri 2 Tegal termasuk dalam kategori “Sedang/Baik”, dan minat belajar siswa SMK Negeri 2 Tegal termasuk dalam kategori “Sedang/Baik”, kemudian diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 2 Tegal.
DAFTAR PUSTAKA :
Alfian,Fahmi Aziz. Pengaruh Kompetensi Guru PAI Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan(Jember: Universitas Muhammadiyah Jember)
ANDI dan WAHANA KOMPUTER.Shortcourse Mudah Menguasai SPSS. (Yogyakarta:ANDI OFFSET)
Andina,Elga.2018.Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru.Jurnal Masalah-masalah Sosial. Vol 9. No. 2. (Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI)
Arikunto,Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian.(Jakarta: PT. Rineka Cipta)
Bungin,Burhan.2014.Metodologi Penelitian Kuantitatif. (Jakarta:Kencana)
Darmawan, Deni. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif. (Bandung:PT Remaja Rosdakarya)
E. Mulyasa.2008.Standar Kompetensi Guru dan Sertifikasi Guru.(Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Fatoni, Abdurrahman. 2011.Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. (Jakarta:Rineka Cipta)
Febriana,Rina.2019.Kompetensi Guru. (Jakarta Timur: PT Bumi Aksara)
Friantini,Rizki Nurhana dan Rahmat Winata. 2019.Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Vol 4. No 1. (Ngabang: STKIP Pamane Talino)
Gie, The Liang. 2014.Cara Belajar yang Efektif. Cet. II. (Yogyakarta: Liberty)
Hamdi, Asep Saeful, Bahrudin. 2014.Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. (Yogyakarta: Deepublish)
Hermawan,Daman. Profesionalisasi dan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
Heryana,Ade.2020.Hipotesis Penelitian. (Jakarta: Universitas Esa Uggul)
Hs,M. Hatta. 2018.Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionaisme Guru.(Sidoarjo: Nizamia Leraning Center)
Janawi. 2019.Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional.(Bandung: ALFABETA)
Mahmudah,Umi. 2020.Metode Statistika Step by Step.(Pekalongan: Nasya Expanding Management)
Moh.Slamet Untung. 2019.Metodologi Penelitian.(Yogyakarta: Litera)
Pratiwi,Nuning Indah.2017. Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunkasi.Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. Vol. 1. No. 2
Putri, Sava Tiara dan Harlinda Syofyan. Pengaruh Kompetensi Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah-sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 02.Dinamika Sekolah Dasar. (Universitas Esa Unggul)
Ramaliya. 2018.Pengembangan Komptensi Guru dalam Pembelajaran. Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman. Volume 9. No. 1
Rini, Yuli Sectio. Pendidikan: Hakekat, tujuan, dan proses. (Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta)
Siregar, Syofian.2013.Metode Penelitian Kuantitati. (Jakarta: KENCANA)
Slameto.1995.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. (Jakarta: Rineka Cipta)
Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS-PKG), (Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan,2019
Suryabrata,Sumadi . 2005.Psikologi Pendidikan. (Jakarta: PT Raja Grafindo)
Suyono.2015.Analisis Regresi Untuk Penelitian.(Yogyakata: DEEPUBLISH)
Syah,Muhibbin.2003.Psikologi Belajar. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)
Syamsi, Badrus. Alifah Rahma Wati, dan Zainal Abidin, Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Islam Al-Waroqot Pamekasan.Personifikasi.Vol 5. No.2
Tabi’in,As’adut. 2016.Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Jurnal Al-Thariqah.Vol.1. No. 2. (STAI Madinatun Najah Rengat)
Taruna,Mukyani Mudis.2011.Perbedaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Analisa. Vol XVIII. No. 2.(Semarang: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama)
Wibowo,Agung Edy.2012.Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian.(Yogyakarta:Penerbit Gava Media)
23SK2321312.00 | SK PAI 23.312 FAU p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain