SKRIPSI PAI
Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Memanfaatkan Media Sosial Berbasis Video
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Media Sosial.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat yang mana dalam hal pendidikan harus diimbangi oleh kreativitas guru untuk memanfaatkannya. Di Madrasah Tsanawiyah Tholabuddin Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang guru sejarah kebudayaan Islam kelas VII menggunakan strategi pembelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan memanfaatkan media sosial berbasis video yang menarik perhatian peneliti. Hal ini karena tidak semua guru menggunakan strategi ini sekalipun guru lain di MTs. Tholabuddin itu sendiri.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Memanfaatkan Media Sosial Berbasis Video? Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan dari Pemanfaatan Media Berbasis Video Sosial dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bagi Peserta Didik?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah kepala Madrasah Tsanwiyah Tholabuddin Masin, guru sejarah kebudayaan Islam dan peserta didik Madrasah Tsanwiyah Tholabuddin Masin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal peningkatan antusiasme dan semangat belajar sejarah kebudayaan Islam pada peserta didik terdapat peningkatan. Peserta didik menjadi lebih mampu memahami isi dari materi karena disajikan melalui visual bukan hanya verbal yang merangsang imajinasi peserta didik. Akan tetapi dalam hal hasil belajar peserta didik khususnya yang termuat dalam raport semester, peserta didik masih belum maksimal karena pengaruh lingkungan keluarga dan masyarakat belum begitu mendukung dalam pemanfaatan media sosial berbasis video ketika tidak dalam lingkungan sekolah.
DAFTAR PUSTAKA :
Adawiyah, Dwi Putri Robiatul. 2020. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Di Kabupaten Sampang”. Madura: Jurnal Komunikasi. Vol. XIV. No. 2.
Ajizah, Imroatul. 2021. “Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0”. Banten: Journal ISTIGHNA. Vol. IV. No. 1.
Amir dan Fauzan. 2021. Manajemen Sumber Daya Insani Ala Pesantren. Sleman: Aswaja Pressindo.
Anisah, Nur, Maini Sartika, dan Hendra Kurniawan. 2021 “Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Pada Mahasiswa”. Banda Aceh: Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam. Vol. IV. No. 2.
Ansyori, Anhar, dan Shaleh. 2020. “Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Islam Informal Pada Remaja: Solusi Di Masa Pandemi Covid-19”. Jakarta: EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Vol. XVIII. No. 3.
Apriansyah dan Darius Antoni. 2020. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Sumsel”.Palembang: Jurnal Digital Teknologi Informasi. Vol. I. No. 2.
Arif dan Dewis. 2020. “Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Saintifik”. Bengkulu: Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. V. No. 2.
Arifin, Zaenal. 2021. “Solusi Terhadap Problem IT Di Pendidikan Islam”. Jepara: Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam. Vol. IX. No. 1.
Ariyunita, Noorrela. 2018. “Pemetaan Dan Analisis Maharah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Jenjang SMA Dan MA ( Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Dan KMA No. 165 Tahun 2014 )”.
Yogyakarta: LITERASI: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. IX. No. 2.
Baihaqi, Achmad, Amaliya Mufarroha, dan A. Ilham Tsabit Imani. 2020. “Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Di SMK Nurul Yaqin Sampang”. Siduarjo: EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam. Vol.VII. No. 1.
Didik Supriyanto. 2020. “Sejarah Singkat Psikologi Pendidikan”. Mojokerto: Modeling: Jurnal Program Studi PGMI. Vol. IV. No. 2.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Educatif : Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Eggen, Paul, dan Don Kauchak. 2012. Strategi Dan Model Pembelajaran : Mengajarkan Konten Dan Keterampilan Berpikir. Jakarta Barat: PT. Indeks.
Faqihatin. 2021. “Peran Media Sosial Dalam Menunjang Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Dan Pembinaan Karakter Mahasiswa”. Riau: Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. III. No. 6.
Fitriani, Yuni. 2021. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital”. Jakarta: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. Vol. V, No. 4.
Harjanto. 2012. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Asti Mahasatya.
Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran. Solok: Insan Cendikia Mandiri.
Khotimah, Wininda Qusnul, Vilya Dwi Agustini, dan Aprilyanti Supriyadi. 2021. “Pelatihan Membuat Konten Edukatif Untuk Media Sosial Bagi Siswa SMP Muhammadiyah 4 Cipondoh Tangerang Di Masa Pandemi Covid-19”. Jakarta: Journal of Servite. Vol. II. No. 2.
Liansari, Vevy, dan Rahmania Sri Untari. 2020. Strategi Pembelajaran. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Marzano, Robert J. 2013. Seni Dan Ilmu Pengajaran. Jakarta Barat: PT. Indeks.
Masmualim dan Muhammad Miftah. 2016. “Pendidikan Islam Di Keluarga Dalam Perspektif Demokrasi (Studi Pemikiran Hasan Langgulung Dan Abdurrahman an Nahlawi)”. Kudus: Jurnal Penelitian. Vol. X, No. 2.
Moleong, Lexy. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyani, Nani. 2019. “Pengembangan Profesionalisme Guru Pada Mtsn 1 Serang Melalui Peningkatan Kompetensi Profesional Dan Pedagogik”. Banten: Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Vol. V. No. 1.
Nabillah, Tasya, dan Agus Prasetyo Abadi. 2019. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa”. Karawang: Journal Sesiomedika. Vol. II. No. 1.
Nasar, Ibtisam Binti, dan Jakaria Umaro. 2020. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Belajar Siswa Di SMA Negeri 4 Pasuruan”. Pasuruan: Jurnal Al-Makrifat. Vol. V. No. 2.
Nasution, Arfah. 2018. “Skripsi: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Belajar Siswa Pada MTs Swasta Al Washliyah Kolam.” Medan : UIN SUMUT.\
Naway, Fory A. 2016. Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing.
R, Waode Sriwahyuni, Alimuddin Unde, dan Rhiza S Sadjad. 2019. “Analisis Pemanfaatan Media Sosial Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Siswa Smun 1 Makassar An Analysis Of Social Media Utilization In Supporting Learning Process Of Senior Hight School Students Of Smun 1 Makassar”. Buton: MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikas. Vol. II. No. I.
Rahmawati, Mega, dan Edi Suryadi. 2019. “Guru Sebagai Fasilitator Dan Efektivitas Belajar Siswa”. Bandung: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. IV. No. 1.
Raihan. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.
Sardiyanah. 2020. “Konsep Evaluasi Dalam Pendidikan”. Sinjai: Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan. Vol. VIII. No. 1.
Sari, Sofa Mei Ika. 2021. “Skripsi: Peran Media Sosial Dalam Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti Pada Era Covid-19 Di SMP Negeri 2 Kembaran Kabupaten Banyumas.” Purwokerto. IAIN Purwokerto.
Setiyadi, Desi, Dewi Fortuna, dan Anggy Bagas Ramadhan. 2022. “Pemanfaatan Video Kreatif Dan Media Sosial Youtube Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi”. Pati: Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD. Vol. II. No. 1.
Sholekah, Dina Dahniary, dan Siti Wahyuni. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Di SMPN 1 Mojo Kediri”. Kediri: Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES). Vol. 2. No. 1.
Sidiq, Umar, dan Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Sriwahyuni, Waode. 2017. “Tesis: Analisis Pemanfaatan Media Sosial Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Siswa SMUN 1 Makassar.” Universitas Hasanuddin Makassar.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujana, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia”. Denpasar: Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. IV. No. 1.
Tafsir, Ahmad. 2017. Filsafat Pendidikan Islam Integrasi Jasmani, Rohani Dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trisma, Shafira Maulidia. 2021. “Skripsi: Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran PAI Di MTs. Raudhatul Ulum Ngijo Karangploso”. Malang: UNISMA.
Trisnawati, Rina, Noormawanti, dan Sarbini. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Pengaruh Media Sosial (Studi Kasus Smp Negeri 1 Bumi Ratu Nuban)”. Lampung: PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Vol. I. No. 2.
Umar, Muhammad Choirudin. 2022. “Skripsi : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menggunakan Aplikasi Youtube Sebagai Media Pembelajaran Di Kelas XI Teknologi Komputer Dan Jaringan 1 SMK Negeri 5 Jember.” Jember: UIN KH. Ahmad Siddiq.
Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.
Wulan, Elis Ratna, dan Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Zendrato, Juniriang. 2016. “Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas Suatu Studi Kasus Di SMA Dian Harapan Jakarta”. Salatiga: Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Vol. VI. No. 2.
23SK2321308.00 | SK PAI 23.308 RYA s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain