SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 8 di SMP N 6 Batang
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran aktif, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pendidikan agama Islam sangat penting bagi peserta didik sehingga, seorang guru profesional harus bertanggung jawab kepada peserta didiknya untuk belajar pengetahuan dan keterampilan, semangat keagamaan, dll terutama dalam pelajaran agama Islam. SMP Negeri 6 Batang merupakan salah satu sekolah negeri yang berada di Kabupaten Batang yang ini cukup baik perkembangannya. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 6 Batang memiliki metode pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, yaitu menerapkan pembelajaran aktif yang dapat menciptakan semangat peserta didik dalam menerima mata pelajaran, seperti: Problem Based Learning (PBL), Cooperative Learning dengan tipe Teams Games Tournament (TGT), dan Jigsaw. Hal ini merupakan salah satu potensi yang dimiliki oleh SMP Negeri 6 Batang.
Rumusan Masalah berdasarkan latar belakang tersebut adalah Bagaimana perencanaan pembelajaran aktif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 8 di SMP N 6 Batang? Bagaimana pelaksanaan pembelajaran aktif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 8 di SMP N 6 Batang? Bagaimana evaluasi pembelajaran aktif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 8 di SMP N 6 Batang? Bagimanakah faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran aktif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 8 di SMP N 6 Batang?
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang dipaparkan dengan teknik analisis deskriptif maka analisisnya berlangsung selama dan pasca pengumpulan data, yang dipaparkan dalam bentuk narasi.
Hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran aktif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini sudah dilaksanakan dengan baik di SMP N 6 Batang, terbukti bahwasanya pembelajaran aktif yang digunakan, yaitu Problem Based Learning (PBL), Cooperative Learning dengan tipe Teams Games Tournament (TGT), dan Jigsaw. Dengan faktor pendukung, yaitu media pembelajaran yang bervariasi, profesionalisme guru, kelengkapan kepustakaan dan siswa (peserta didik). Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu latar waktu pembelajaran, belakang peserta didik dan peserta didik buta huruf hijaiyah.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdussamad, Zuhri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: Syakir Media Press.
Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Amir, M.Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Amri, Sofan. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Daradjat, Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimiyati, Muljiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djumransyah, M. 2004. Filsafat Pendidikan Malang. Malang: Bayu Media Publishing.
Fattah, Nanang. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Isnani, Wilda. 2019. Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Aktif Oleh Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 5 Batusangkar. Sumatera Barat: Jurnal el-Hekam.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta.
Kurikulum, Tim dan Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi.
Lestari, Puji. 2021. Penerapan Strategi Belajar Aktif (Active Learning Strategy) Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Muhammadiyah 1 Kalianda Lampung Selatan, Skripsi Sarjana Pendidikan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Lubis, Nur Ainun dan Hasrul Harahap. 2016. “Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw”. Aceh: Jurnal As-Salam.
Mahmudah, Umi dkk. 2008. Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.
Mahmood, Muhammad Asim. 2011. Strategies for Active Learning: an Alternative to Passive Learning. Academic Research International.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mamanda, Slamet dan Made Sumantri. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams GamesTournament dengan Menggunakan Media Kartu Cetak untuk Meningkatkan Hasil Belajar”. Bali: Journal of Education Action Research.
M, Sardiman, A. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Muhammad, Yaumi. 2017. Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi kedua. Jakarta: Kencana.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Narbuko, Cholid. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Prihatmojo, Agung dan Rohman. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Who I Am. Lampung: Universitas Muhammadiyah Kotabumi.
Purwanti, Endang. 2019. Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Penerapan Model Pembelajaran Aktif Course Review Horay (CRH). Sukoharjo: Jurnal Pendidikan.
Raehang. 2014. Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Koomperatif. Kendari: Jurnal Al-Ta’dib.
RI, Kementerian Agama. 2010. Al-Qur’an Dan Tafsir. Jakarta: Lentera Abadi.
Rosalina, Dyas. 2010. Penerapan Active Learning Strategies Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Sumpiuh, Skripsi Sarjana Pendidikan Islam. Purwokerto: STAIN Purwokerto.
Salahudin, Anas dan Irwanto Alkreinciehie. 2013. Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.
Silbermen, Melvin L. 1996. Active Learning, 101 Strategies to Teach Any Subject. Jakarta: Yapendis.
Siregar, Evaline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slavin, R.E. 2005. Cooperatif Learning Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.
Subhan, Arif. 2013. Penerapan Strategi Belajar Aktif (Active Learning Strategy) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Nurul Hidayah, Skripsi Sarjana Pendidikan Islam. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Sugiyono. 2019. Metode Penlitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukandi, Ujang. 2004. Belajar Aktif dan Terpadu. Surabaya: Duta Graha Pustaka.
Sulistio, Andi dan Nik Haryanti. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Suprayogo, Imam dan Tabroni. 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Skripsi Sarjana Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suryani, Nunuk dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Su’dadah. 2014. “Pendidikan Budi Pekerti (Integrasi Nilai Moral Agama dengan Pendidikan Budi Pekerti)”. Yogyakarta: Jurnal Kependidikan.
Syamsidah dan Hamidah Suryani. 2012. Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Sleman: CV. Budi Utomo.
Taniredja, Tukiran, Efi Miftah Faridli, dan Sri Harmianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No. 14 th 2005 tentang Guru dan Dosen. 2019. Jakarta: GP Press.
Warsono, Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widhiastuti, Ratieh dan Fachrurrozie. 2014. “Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Belajar”. Semarang: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan.
Widoyoko, Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zaduqisti, Esti. 2010. Problem-Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Berprestasi), (Pekalongan: Jurnal Tarbiyah, Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Pekalongan.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2010. Model dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Surabaya: Putra Media Nusantara.
Zeid, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Zuhairini. 1993. Metodologi Pendidikan Agama. Jakarta: Rhamadani.
23SK2321307.00 | SK PAI 23.307 FIT i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain