SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Kisah Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menurunkan Tingkat Burnout Akademik Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangkah Kabupaten Tegal
Kata Kunci : Metode Kisah, Burnout Akademik
Burnout akademik atau kelelahan akademik didefinisikan sebagai kelelahan dengan tuntutan belajar (exhaustion), sinisme terhadap tugas-tugas akademik (cynicism), dan perasaan tidak mampu sebagai siswa (reduced efficacy). Burnout akademik disebabkan oleh lingkungan belajar yang tidak stabil atau tidak berubah, kurangnya kejelasan tugas pembelajaran, manajemen pembelajaran yang kurang, kualitas pengajaran yang buruk, dan metode pembelajaran yang biasa-biasa saja. Untuk mengurangi tingkat burnout akademik, diperlukan metode pembelajaran yang bervariasi, salah satu metode yang direkomendasikan yaitu dengan menerapkan metode kisah. Metode kisah merupakan mengajarkan sesuatu dengan metode menyampaikan kisah yang bertujuan agar orang yang mendengarkan dan orang yang menceritakan itu meniru dengan baik hal yang positif dan menjauh hal yang negatif, agar orang yang mendengarkan dapat lebih beriman dan dapat menambah amal yang baik.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode kisah dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangkah?; (2) Seberapa besar penurunan Burnout akademik siswa dengan menggunakan metode kisah pada pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangkah?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan metode kisah dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangkah; (2) Untuk mengetahui seberapa besar penurunan Burnout akademik siswa dengan menggunakan metode kisah pada pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangkah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelakasanaan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode kisah dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dapat menurunkan tingkat burnout akademik siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Pangkah Kabupaten Tegal. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil rata-rata skor yang diperoleh pada masa pra siklus sampai dengan siklus II. Pada masa pra siklus, rata-rata skornya yaitu 67 dengan kategori “Tinggi”. Pada siklus I, rata-rata skornya yaitu 58,5 dengan kategori “sedang”. Kemudian pada siklus II, rata-rata skornya yaitu 38,5 dengan kategori “Rendah”.
DAFTAR PUSTAKA :
Abadi, Jena. The Rlationship Of Academic Burnout And Academic Stress With Academic Self-Efficacy Among Graduated Student, The New Educatinal Review, 2017
Abdurrahman. 2020. Methodologi Dakwah Membangun Peradaban. Medan: CV. Pusdikra.
Agung, Wahyu. 2010. Panduan SPSS 16.0 Untuk Mengolah Penelitian Kuantitatif. Jogjakarta: Gara Ilmu.
Alim, Muhammad. 2014. Upaya Pembentukan dan Kepribadian Muslim. Yogyakarta: Tim Receiver MKD.
Anggito, Albi. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi. CV Jejak.
Ariyani, Elfa. 2020. Menggagas Reformasi Pendidikan Nasional Menuju Kemandirian Dan Kemajuan Bertaraf Global. Surabaya: CV. Global Aksara Pers.
Ghofir, Abdul. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan AgamamIslam. Malang: Universitas Negeri Malang.
Habibie, Ichsan. Dakwah Humanis: Cinta, Toleransi dan Dialog Paradigma.
Hamzah, Sugiharto. Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Relaksasi Religius Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Mahasiswa, Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6 (1), 2017.
Herbert, Freundenberger. 2010. Burnout: The High Cost Of High Achievement. New York, Anchor Press.
Indah, Laila Meiliyandrie. 2021. Religiosity, Psychological Capital, Dan Burnout. Jakarta: Penerbit NEM.
Irfangi, M. 2017. Implementasi Metode Kisah dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Jurnal Kependidikan, Vo. 5 No. 1.
Jatmiko, Roni Budi. Perbedaan Tingkat Burnout Belajar Siswa Laki-Laki dan Perempuan Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pedan,. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 2, No. 5, 2016.
Khaerani, Ifdil. Konsep Burnout pada Mahasiswa Bimbingan Konseling, Konselor, 4 (4), 2015.
Maslach dan Leitter. 2014. Teacher Motivation; theory and practic. New York: Rouledge.
Muchlis, Mansur. 2009. Bagaimana Menulis Skripsi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Musfah, Jejen. 2017. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Mustofa, Ridho. 2005. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.
Nashihin, Husna. 2020. Pendidikan Akhlak Konstektual. Semarang: CV Pilar Nusantara.
Nawawi, Hadari. 2003. Pendidikan Dalam Islam. Surabaya: Al-Ikhlas.
Novianti. 2018. Skripsi. Penerapan Metode Kisah Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 1 Parepare. IAIN Parepare.
Nugroho, Arif Ganda. 2021. Mewujudkan Kemandirian Indonesia Melalui Inovasi Dunia Pendidikan. Cirebon: Penerbit Insania.
Purwadi, Tomi. 2014. Skripsi. Efektivitas Metode Kisah Terhadap Hasil Pembelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Almubarak Pondok Aren Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah.
Salamah, Lailatus. 2008. Skripsi. Efektifitas Metode Kisah Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang Lailatus Salamah. UIN Malang.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan; Jenis, Metode Dan Prosedur. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Setyawati, Luluk Pemberian Konseling Individu Untuk Menurunkan Burnout Belajar Siswa Kelas VII MTS Al-Ma’arif, Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 7, No. 1, 2019, 45-52.
Sunhaji. 2015. Strategi Pembelajaran Konsep Dasar, Metode Dan Teknik Pros Belajar Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Senja.
Sutarjo, Edi. dkk, Efektifitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi Dan Brain Gym Untuk Menurunkan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. E- jurnal Undiksha. 2 (1), 2014.
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tifarany, Addhiena. Skripsi, Pengaruh Burnout Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa di MTS Al-Jami’iyatul Washiliyah Tembung. UIN Sumatera Utara Medan, 2020.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Media Kencana.
Vitasari, Ita. Burnout Study Based On The Level Of Lonely And Self Control, Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2 (1), 2016.
Wahyudi, Dedi. 2017. Pengantar Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya. Yogyakarta, Lintang Rasi Aksara Books.
Wibowo, Agung Edy. 2012. Aplikasi praktis SPSS Dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava Media.
Yanti, Siska Fitri. Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur, Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Social Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4 (1), 1-12, 2017.
23SK2321304.00 | SK PAI 23.304 PUJ p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain