SKRIPSI PAI
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Konsep Guru Penggerak di SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci : Peran guru, Pendidikan Agama Islam, Konsep guru penggerak
Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam konsep guru penggerak ini sangat penting karena untuk meningkatkan SDM yang berkualitas. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mencetuskan kurikulum Merdeka Belajar yang berkonsep guru penggerak. Peningkatan kualitas peserta didik tentunya diiringi peningkatan kualitas tenaga pendidik. Sesuai dengan motto Merdeka Belajar yang digunakan yaitu ‘Merdeka Belajar, Guru Penggerak’. Penelitian ini lebih lanjut akan membahas mengenai peran guru pendidikan Agama Islam dalam konsep guru penggerak di SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan subyek penelitian guru PAI dan guru penggerak, lokasi penelitian ini di SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan dengan jenis penelitian field Research. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan.
Adapun hasil yang dapat diambil adalah Peran guru pendidikan Agama Islam dalam konsep guru penggerak di SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan sudah sesuai. Hal ini ditunjukkan dengan aktvitas belajar mengajar yang memberikan kemerdekaan kepada guru maupun peserta didik sesuai konsep guru penggerak dalam kurikulum merdeka belajar. Hal ini dibuktikan dengan proses kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik. Guru di SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan juga telah memenuhi kebutuhan siswa dalam menerapkan pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan profil belajar peserta didik dan ber KSE (Kompetensi Sosial Emosional) serta dalam penanganan peserta didik yang berbuat salah guru menanganinya dengan restitusi.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmadi, Abu. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Anatasya, Sherly. 2021. Analisis Guru Penggerak Dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri 1/IV Kota Jambi, Jambi: FKIP Universitas Jambi.
Armai, Arief. 2002. Pegantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: ciputat pers.
Arianti. 2018. “Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Didaktika Jurnal Kependidikan Fakultas Tarbiyah IAIN Bone Vol. 12 No. 2.
A.Wijaya, dkk. 2020. “Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros”. Jurnal Puruhita Vol.2 No.1.
Aziz, Abd. 2010. Orientasi Sistem Pendidikam Agama di Sekolah. Yogyakarta: Teras.
Azwar, Saifudin. 2016. Metode Penlitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Faridah, Faiz Aiman Faiz. 2022. Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Vol. 14, No. 1.
Fatoni, Abdurrahman. 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Fesal, Sanafiah. 2002. Dasar dan Teknik Penelitian Keilmuan Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.
Frimayanti, Ade Imelda. 2017. "Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam". Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 8 No. II.
Haedari, M. Amin. 2010. Pendidikan Agama di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan dan Kementerian Agama RI.
Hentihu,Vivi Rahim. Dkk. 2022. “Optimalisasi Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan MerdekaBelajar di SMP Negeri 2 Jikumerasa”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol.3 No.3.
Homby, A.S. 1987. Oxford Advanced Learne’s Distionary of Current English. London: Oxport University Pres.
Ibrahim, Nana Surjana. 1984. Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Sinar baru.
Irkham, Guru Penggerak SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan, Wawancara Pribadi, 2 Februari 2023, Pukul 13.08.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.
Kemendikbud.https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/faq/. (Diakses tanggal 10 Januari 2023)
Kemendikbud.https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran, (Diakses tanggal 17 Maret 2023)
Kemendikbud. 2019. Merdeka Belajar Pokok-Pokok kebijakan Merdeka Belajar. Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia
Martoyo, Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan, Wawancara Pribadi, 2 Februari 2023, Pukul 14.00.
Marlina. 2022. “Materi dan capaian pembelajaran dalam program guru penggerak”. https://www.gurusiana.id/read/marlina1971/article/materi-dan-capaian-pembelajaran-dalam-program-guru-penggerak-2004226. (Diakses tanggal 17 Maret 2023)
Muniroh. Dkk.“Penerapan nilai-nilai Agama Islam pada peserta didik melalui metodePembiasaan”.https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/download/8042/4857 (Diakses tanggal 11 Januari 2023).
Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, H. E. 2022. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta : Bumi Aksara
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Musfiqon. 2012. Panduan lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Public Publisher.
Mulyana, Aina. 2022. Pentingnya Sarana dan Prasarana dalam Pendidikan. Bunis Universiyi: Education Figures & Article
Moelong, J Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moh. Usman, Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1999. Metodologi Penelitian Naturalitik Kuantitatif. Bandung: Tarsito.
Pranoto, Harisman. Guru Senior SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan, Wawancara Pribadi, 21 Februari 2023, Pukul 12.30.
Purwanto, M. Ngaliman. 1998. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Riowati. Dkk. 2022. “Peran Guru Penggerak Pada Merdeka Belajar Untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan Di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 5, No. 1.
Rustam, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan, Wawancara Pribadi, 2 Februari 2023, Pukul 12.00.
Rosyada, Dede. 2014. Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelangaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Saputra.W.N.A. Dkk. 2019. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMA Negeri 1 Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan”. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol.11 No.2.
Sardiman. 2011. Intraksi dan Motovasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Gravindo Persada.
Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.
Sibagaring, Dahlia. Dkk. 2021. “Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia”. Jurnal Dinamika Pendidikan Vol.14 No.2.
Sodik, Nur. Dkk. 2021. “Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Guru Penggerak”. Jurnal Pendidikan Islam Vol. VI No 2.
Sodik, Nur. 2005. “Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Guru Penggerak”. Jurnal Al-Wijdan Vol. VI No. 2.
Subroto, Subiono Hadi. 2010. Pokok-Pokok Pengumpulan Data, Analisis Data, Penafsiran Data dan Rekomendasi Dalam Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumiat. 2018. “Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 3 No.2.
Surahman. Dkk. 2022. “Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya”. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 03 No. 04.
Tafsir, Ahmad. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Maestro.
Uhbiyati, Nur. 2013. Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: Pustaka Riski Putra.
Utami, Retno. Wakil Waka Kurikulum SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan, Wawancara Pribadi, 2 Februari 2023, Pukul 11.58.
Zaenal, Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma baru. Bandung: PT Remaja Rosna Karya.
Zahwa, Nabila dan Yestiani, Dea Kiki. 2020. “Peran Guru Dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Dasar Vol 4 No 1.
Zuhairini. Dkk. 2004. Metode Khusus Pendidikan Agama. Jakarta : Usaha Nasional.
23SK2321302.00 | SK PAI 23.302 SIS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain