SKRIPSI PAI
Implementasi Literasi Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik di SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang
Kata Kunci : Literasi Agama Islam, Karakter Islami.
Dengan adanya literasi agama Islam diharapkan mampu menarik peserta didik dalam melaksanakan pendidikan karakter. Karena seseorang harus mempunyai karakter yangkuat agar tidak mudah terpengaruh dan terbawa untuk mengikuti hal-hal negatif yang ada disekitarnya. Dengan adanya kegiatan literasi agama Islam pada peserta didik diharapkan dapat membentuk peserta didik yang berkarakter Islami dan menjadi pribadi yang lebih baik ketika sedang berada di rumah maupun sekolah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan literasi agama Islam dalam membentuk karakter Islami peserta didik di SMK Satya Praja 2 Petarukan? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan literasi agama Islam dalam membentuk karakter Islami peserta didik di SMK Satya Praja 2 Petarukan? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan literasi agama Islam dalam membentuk karakter Islami peserta didik di SMK Satya Praja 2 Petarukan (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan literasi agama Islam dalam membentuk karakter Islami peserta didik di SMK Satya Praja 2 Petarukan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field research). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, penerapan literasi agama Islam dalam membentuk karakter Islami peserta didik di SMK Satya Praja 2 Petarukan dilaksanakan setiap hari selama 15 menit sebelum jam pembelajaran pertama dimulai. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan mampu memberikan dampak yang positif terhadap pembentukan karakter Islami peserta didik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat penerapan literasi agama Islam dalam membentuk karakter Islami peserta didik di SMK Satya Praja 2 Petarukan adalah adanya peran serta orang tua dan keluarga di rumah, semangat guru dalam mendidik, semangat dan niat dari peserta didik dan tersedianya sarana dan prasarana. Sedangkan untuk faktor yang menjadi penghambat diantaranya yaitu kurangnya perhatian dari orang tua, kurangnya kesadaran peserta didik, kurangnya pengawasan dari guru, lingkungan tidak mendukung dan terlalu berlebihan dalam penggunaan gadget.
DAFTAR PUSTAKA :
Ali Al Hasyim, Muhammad. 2006. Kepribadian Wanita Muslimah Menurut Al- Qur’an dan Sunnah. Jakarta: Akademika Pressindo.
Arifah, Siti Nur. 2020. Penerapan Literasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Palangka Raya. Skripsi, IAIN Palangka Raya.
Ezkanzo, Tethy. 2011. Rukun Iman (Panduan Lengkap Akidah Anak Muslim). Jakarta: PT Bhuana ilmu Populer.
Habibah, Maimunatun. 2019. Pengembangan Budaya Literasi Agama di SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal penelitian pendidikan. No.2.
Habibah, Maimunatun. 2020. Literasi Agama Islam Sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius siswa RA KM Al Hikmah Kediri. Jurnal penelitian pendidikan. No.2.
Jamal, Misbahuddin. 2011. Konsep Al-Islam Dalam Al-Qur’an. Jurnal Al-Ulum.
Kadi, Titi. 2020. Literasi Agama Dalam Memperkuat Pendidikan Multikulturisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Islam Nusantara Vol.4
Koesoema A, Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik, Jakarta: PT.Gramedia.
Lamatenggo Nina, B.Uno Hamzah. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran : Aspek yang Memengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.
Maunah, Binti. 2009. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Yogyakarta: Teras. Mulyasa, H.E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
Nurzakiyah, Cucu. 2018. Literasi Agama Sebagai Alternatif Pendidikan Moral. Jurnal Penelitian Agama, Vol.19. No.2.
Permana, Johar. 2011. Pendidikan Karakter Kajian teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putra Ary Antony, Ida Windi Wahyuni. 2020. Konstribusi Peran Orang Tua dan Guru Dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Al- Thariqah. No.1
Rosyid, Amiruddin. 2019. Implementasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Literasi Al-Qur’an dan Problematikanya bagi siswa kelas 2 SMP Negeri 2 Tembelang Jombang. Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Roziq Ainur, M Ilham. 2021. Implementasi Literasi Agama Islam dalam Membentuk Moral siswa di MI Islamiyah Butoh Sumberharjo Bojonegoro. Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sujak, Zainal Aqid. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter, Bandung: Yrama Widya.
Sulianta, Feri. 2020. Literasi digital, Riset, Perkembangan dan Perspektif Social Studiens. Bandung: Feri Sulianta.
Suyadi, 2013. Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yanto, Hari. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ulfiah. 2016. Psikologi Keluarga: Pemahaman Hakikat Keluarga dan Penanganan Problematika Rumah Tangga. Bogor: Ghalia Indonesia. Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
23SK2321301.00 | SK PAI 23.301 SYI i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain