SKRIPSI PAI
Pemanfaatan Media Sosial Youtube Dalam Pembelajaran Kelas XI SMA Negeri 1 Kedungwuni Tentang Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah
Kata kunci : pemanfaatan, media sosial, peserta didik
Penelitian ini mengkaji tentang pemanfaatan media sosial untuk mengedukasi siswa kelas XI tentang iman kepada rasul-rasul allah di sma negeri 1 kedungwuni kecamatan kedungwuni kabupaten pekalongan. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini 1. Apa saja chanel yang digunakan dalam proses pembelajaran tentang beriman kepada rasul-rasul allah? 2. Apa saja yang terkandung dalam pembelajaran tentang beriman kepada rasul-rasul allah melalui youtube? 3. Bagaimana pemahaman peserta didik terait iman kepada rasul-rasul allah melalui youtube?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek yang diteliti yaitu pendidik dan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kedungwuni. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data yaitu guru pengampu dan juga peserta didik. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan metode pengumpulan data lainnya. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Channel yang digunakan untuk pembelajaran dari berbagai sumber tanpa memilih kriteria, dengan materi yang saling berkaitan dengan beriman kepada rasul-rasul allah. dengan channel tersebut bisa memudahkan pendidik dalam pembelajaran terkait materi. Selain pendidik yang memanfaatkan teknologi yang berbasis media sosial. Peserta didik juga dihimbau untuk memanfaatkan teknologi juga dengan media sosial melalui youtube, dengan kegiatan tersebut akan menjadikan peserta didik menambah kekreatifan dan melatih peserta didik berprestasi dalam dunia teknologi.
Dengan adanya pembelajaran melalui youtube juga terdapat niai-niai yang yang terdapat di peserta didik seperti sikap kreaivitas, sikap bijaksana dan sikap yang bisa diambil dari cerita para rasul yang bis akita jadikan pedomn hidup. Seperti halnya cerita nabi nuh yang sering dimaki-maki oleh pengikutnya dengan sabar tanpa merasa berat hati.
Pemahaman peserta didik dengan pembelajaran memanfaatkan teknologi yang berbasis media sosial, cukup lumayan kurang efektif, dikarena menggunakan media teknologi, peserta didik tidak terlalu fokus dengan materi yang diajarkan, akan tetapi jika pendidik mengemas pembelajaran dengan kreatif dan juga bisa dipadukan dengan metode yang lain akan menjadi efektif karena tidak hanya terpaku di metode teknologi saja. Maka dari itu pendidik harus mengemas pembelajaran dengan kreatif agar tidak memunculkan siap bosan peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA :
Ardiana, Dewa Putu Yudi. 2021. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Dalam Mata kuliah Programan. Denpasar. Jurnal Senada,
Ardianto. 2004. Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Budiargo. 2015. Pengaruh Tayangan Media Sosial Youtube Terhadap Perkembangan Perilaku Menyimpang Siswa Di SMA Bandung. Bandung : FKIP UNPAS
Chandra, Edy. 2017. Youtube, Citra Media Infomasi Interaktif Atau Media Penyampaian Aspiransi Pribadi, jurnal Muara Ilmu Sosial. Universitas Taruma nagara Jakarta. Humaniora dan Seni Vol.1, No.2.
Cholilah, Putri Faizatul. etika menggunakan media sosial bagi generasi milenial. Surabaya : Universitas 17 Agustus 1945
Deny Setyawan, 2016. Rahasia Mendapat Dollar Dari Youtube. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Effendi. 2003. Ilmu,Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti
Effendi. 2003. Ilmu,Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.
Emzir. 2019. Metodelogi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada Universitas Press Jogjakarta
Fitriani, Yuni. 2004. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital. Jakarta: Forum Teknik dan Informatika : Jurnal of Information System, Applied, Management, Accounting and Reserch, No.4
Hakki, Ahmad Sultra Rustan Nurhakki. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish
Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, dan Focus Groups. Jakarta: PT Raja Grafindo
Khatimah, Nurul. 2017. Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5 6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai. Vol 05 Nomor 03
Liedfray, Tongkotow. 2022. Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society.
Mahfud, Choirul. 2016. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muih, Tuty. 2o19. etika komunikasi dalam menggunakanmedia social. Jakarta. jurnal upn veteran Jakarta, No. 1 jakarta : prenadamedia group
Mulawarman. 2017. Perilaku Pengguna Media Sosial Beserta Implikasinya Ditinjau Dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan, Jurnal Psikologi. Vol. 25, No. 1 Indonesia
Mulyasa, E. 2003. Menjadi kepala sekolah profesional: dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK . Bandung : Remaja Rosdakarya
Mundandar, Utami. 2012. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah.. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Nzursobah, Ahmad. 2021. Pemanfaatan Media Sosial Youtube Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal PGMI IAIN Madura. Vol.13 No.2
Permana. 2017. Pengaruh Tayangan Media Sosial Youtube Terhadap Perkembangan Perilaku Menyimpang Siswa Di Sekolah SMA Indonesia Raya Bandung. FKIP UNPAS
Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Prespektif Rencana Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Putri faizatul cholilah. etika menggunakan media sosial bagi generasi milenial. Surabaya : Universitas 17 Agustus 1945
Putri, Wilga Secsio Ratjsa. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja, Vol. 3, No. 1
Rachmawati, Diana Widhi. 2021. Teori dan konsep pedagogic. Ceribon: insania team Pamungkas, Cahyo. 2015. “Global Village dan Globalisasi dalam Konteks ke Indonesiaan” Surabaya: Jurnal Global Strategis Vol. 9 No. 2
Rusydie, Salman. 2012. Kembangkan Dirimu Jadi Guru Multitalenta. Yogyakarta: DIVA Press
Rendi, Lestari. Pengunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal ilmiah. SKTIP Muhammadiyah Muara Bongo
Setyaputri, Nora Yuniar. 2021. Bimbingan dan Konseling Belajar, (Bandung : CV. Media Sains Indonesia
Setyaputri, Nora Yuniar. 2021. Bimbingan dan Konseling Belajar. Bandung : CV. Media Sains
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Suryani, Nunuk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metode Penelitian : Teori Dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta : Litera.
widi, Restu kartiko. asas metodologi penelitian. yogyakarta : graha ilmu
Yusuf, Muri. 2014. metodologi penelitian : kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan,
Yuni Fitriani. 2021. Pemnfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyaji Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital, Jurnal Of Information System, Applied,Management, Accounting And Research. Vol. 5, No. 4, Universitas Negri Semarang
23SK2321298.00 | SK PAI 23.298 HAW p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain