SKRIPSI PAI
Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Program Takhasus Tahfidz Kelas VII di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan
Kata Kunci : Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius, Program Takhasus Tahfidz, Kelas VII
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai karakter religius dalam ranah pendidikan formal yaitu sekolah sebagai upaya perbaikan akhlak peserta didik yang saat ini mengalami degradasi moral. Dalam hal ini SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan membentuk program takhasus tahfidz yang selain bertujuan untuk mengembangkan minat serta kemampuan peserta didik dalam bidang menghafal Al-Qur’an juga bertujuan sebagai sebuah solusi untuk memperbaiki akhlak atau perilaku peserta didik. Kemudian tambahan informasi dari wawancara langsung dengan Kepala Sekolah SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan bahwa adanya program takhasus tahfidz memberikan dampak positif yaitu perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: Bagaimana Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Peserta Didik Program Takhasus Tahfidz Kelas VII di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan? Bagaimana Hasil Dari Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Peserta Didik Program Takhasus Tahfidz Kelas VII di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan? Apa Faktor yang Mempengaruhi Hasil Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Peserta Didik Program Takhasus Tahfidz Kelas VII di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan?. Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait proses, hasil, serta faktor yang mempengaruhi hasil internalisasi nilai-nilai karakter religius..
Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan dan data sekunder seperti jurnal serta referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, pengamatan atau observasi, dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data, penyajian data hingga verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya program takhasus tahfidz menjadikan perubahan sikap peserta didik kelas VII di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan ke arah yang lebih baik. Hal ini didasarkan dengan beberapa tahapan penanaman nilai karakter religius yang telah digunakan yaitu moral knowing, moral feeling, dan moral doing. Selain itu adanya beberapa metode penanaman nilai karakter religius yaitu metode pembiasaan, keteladanan, dan kisah. Adapun beberapa kegiatan rutin seperti pengajian Kitab Ta’lim Muta’allim, asmaul husna, sholat ashar berjamaah, dan membaca do’a khotmil quran menjadikan terbentuknya nilai-nilai karakter religius yaitu iman, syukur, ikhlas, jujur, tawakal, sabar, mawas diri/muhasabah, tanggung jawab, disiplin, amanah dan beradab. Kemudian beberapa faktor pendukung internalisasi nilai-nilai karakter religius yaitu minat peserta didik, dukungan keluarga, kecerdasan, dan pembelajaran outing class. Sebaliknya diantara faktor penghambatnya adalah paksaan dari keluarga, jarak tempuh, dan rasa malas.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahhsanulkhaq, Moh. 2019. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan”. Kudus, Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol. 2. No. 1.
Alam, Lukis. 2016. “Internalsasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus”. Yogyakarta: Jurnal pendidikan Islam. Vol. 1. No. 2.
Alffiani, Anis dan Zaman, Badrus. 2020. “Metode Pembelajaran Program Takhasus Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Bina Insani Susukan Kabupaten Semarang”. Purworejo: Jurnal Al-Ghazali. Vol. 3. No. 2.
Ansori, Raden Ahmad Muhajir. 2016. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik”. Malang: Jurnal Pusaka.
Arifin, Samsul. 2018. “Penanaman Karakter Islami Melalui Program Hafalan Takhasus di SD Negeri 3 Gondangglegi Kulon Tahun Ajaran 2017/2018”. Jawa Timur: Rahmatan Lil Alamin Journal Of Peace Education and Islamic Studies. Vol. 1. No. 1.
Armadona, Annisa Liyundira. 2021. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius di Yayasan Al- Maun Ngajum Malang”. Skripsi:Pendidikan Agama IslamFakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang.
Bermi, Wibawati. 2016. “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Untuk Membentuk Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Mukminun Ngrambe Ngawi”. Jawa Timur: Jurnal Al Lubab. Vol. 1. No. 1.
Cahyono, Heri. 2016. “Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius”. Medan: Jurnal Ri’ayah. Vol. 1. No.2.
Darnanengsih dan Rusyaid. 2020. “Internalsasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Proses Pembelajaran Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di SMA Averos Kota Sorong Papua Barat”. Papua: Jurnal Kependidikan. Vol. 12. No. 7..
El Iq Bali, Muhammad Mushfi dan Fadhilah, Nurul. 2019. “Internalisasi Karakter Religius di Sekolah (Studi Kasus di SMP Nurul Jadid)”. Probolinggo: Jurnal Mudarrisuna. Vol. 9. No. 1.
Erdinna, Sovia. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Tahfidz Al-Qur’an di SMAN 3 Payakumbuh: (Sumatera Barat: Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4. No. 5.
Gumilang, Galang Surya. 2016. “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan dan Konseling”. Kediri: Jurnal Fokus Konseling. Vol. 2, No. 2.
Hafid, dkk. 2022. “Pendampingan Program Takhasus Tahfidzul Qur’an Era New Normal di Pondok Pesantren Nurul Falah Kelurahan Sempusari-Kaliwates-Jember”. Jawa Timur: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 01. No. 01.
Hamid, Abdul. 2016. “Metode Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaq Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Kota Palu”. Sulawesi Tengah: Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim. Vol. 14. No. 2.
Hamid, Edy Suandi, dkk. 2011. “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”. (Yogyakarta: Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 12. No. 1.
Helmawati. 2017. Pendidikan Karakter Sehari-Hari. Bandung: “Rosda Karya, Agustus”.
Hidayat, Taufik. 2019. “Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian”. Purwokerto: Jurnal Studi Kasus.
Husna, Asmaul,. dkk. 2021. “Efektivitas Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Ssiswa”. Kudus: Jurnal Islamic Education Manajemen. Vol. 6. No. 1.
Imami, Agus Sulthoni dan Wijaya, Mualim. 2020. “Internalisasi Nilai Trilogi dan Panca Kesadaran Santri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok”. Jawa Timur: Al Qodiri Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan. Vol. 18. No. 2.
Indrawansyah, Maryolin. 2022. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (Studi Kasus di UKMK LPTQ&D)”. Jurnal Pendidikan Tanbusai: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Isnaini, Muhammad. 2013. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah”. Palembang: Jurnal Al-Ta’lim. Vol. 1. No. 2.
Jumala, Nirwani dan Bakar, Abu. 2019. “Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islami Dalam Kegiatan Pendidikan”. Aceh: Jurnal Serambi Ilmu. Vol. 20. No. 1.
Khobir, Abdul, dkk. 2021. “A Holistic Model for Character Education in Schools (An Alternative Educational Model”. Pekalongan: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6. No. 2.
Khobir, Abdul. 2007. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: “STAIN Pekalongan Press”.
Lickona, Thomas. 2013. Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: “Bumi Aksara”.
Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: “Pustaka Pelajar”.
Manan, Muhamad Abdul. 2018. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru di SMP Ibrahimy 1 Sukorejo Situbondo”. Situbondo: Jurnal JPII. Vol. 3. No. 1.
Muali, Chusnul dan Rohmatika, Putri Naily. 2019. “Kajian Refleksi Teori Pengembangan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Agama Perspektif Albert Bandura”. Jawa Timur: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Vol. 9. No. 1.
Mudakir, Ali Sabana. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Terhadap Pembentukan Karakter dan Prestasi Belajar Santri”. Gorontalo: Jurnal Ilmiah Al-Jauhari. Vol. 2. No. 1.
Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: “Bumi Aksara”.
Mustari, Mohamad dan Rahman, M. Taufiq. 2012. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.
Mustofa, Ali. 2019. “Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam”. Jombang: Jurnal Studi Keislaman. Vol. 5. No. 1.
Nashihin, Husna. 2019. “Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter”. Temanggung: Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid. Vol. 8. No. 1.
Ni’am, Hanik Wafirotu. 2021. “Internalisasi Nilai Religius Melalui Hafalan Asmaul Husna di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ponorogo”. Skripsi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Nida, Fatma Laili Khoirun. 2013. “Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg Dalam Dinamika Pendidikan Karakter”. Kudus: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 8. No. 2.
Nida, Fatma Laili Khoirun. 2013. “Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg Dalam Dinamika Pendidikan Karakter”. Kudus: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 8. No. 2
Novianti, Ria. 2012. “Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini”. Riau: Jurnal Educhild. Vol. 01. No. 1.
Nurdiani, Nina. 2014. “Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian Lapangan”, (Jakarta: Jurnal ComTech. Vol. 5. No. 2.
Nurzannah dan Estiawani, Prili. 2021. “Implementasi Metode Tikrar Pada Program Tahfidzul Qur’an”. Sumatera Utara: Jurnal Ar-Rasyid. Vol. 1. No. 1.
Oktari, Dian Popi dan Aceng, Kosasih. 2019. “Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren”. Bandung: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol. 28. No. 1.
Perawironegoro, Djamaluddin, dkk. 2020. “Internalisasi Nilai-Nilai Pesantren Berbasis Manajemen Asrama”. Yogyakarta: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. Vol. 3. No. 4.
Piscayanti, Kadek Sonia. 2014. “Studi Dokumentasi Dalam Proses Produksi Pementasan Drama Bahasa Inggris”. Bali: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. No. 2-3.
Pridayani, Melinda dan Rivauzi, Ahmad. 2022. “Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius Terhadap Siswa”. Padang: Jurnal Pendidikan Islam An-Nuha. Vol. 2. No.2.
Prihatmojo, Agung dan Badawi. 2020. “Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0”. Lampung: Jurnal Riset Pedagogik. Vol. 4. No. 1.
Putra, Kristiya Septian. 2015. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius (Religious Culture) di Sekolah”. Banyumas: Jurnal Kependidikan. Vol. 3. No. 2.
Qur’inawati, Rodiah 2021. “Nilai Karakter Religius Dalam Buku Corona Ujian Tuhan: Sikap Muslim Menghadapinya Karya Muhammad Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XII Madrasah Aliyah”. Skripsi: Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: “PT. Gramedia Widiasarana Indonesia”.
Rahmawati, Rizka Lailatul Rahmawati dan Nazarullail, Fkri Nazarullail. 2020. “Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini”. Madura: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Vol. 7. No. 2.
Rifa’i, Muh. Khoirul Rifa’i. 2016. “Internalisasi Nila-Nilai Religius Berbasis Multikultural Dalam Membentuk Insan Kamil”m. Surabaya: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 4. No. 1.
Rijali, Ahmad. 2018. “Analisis Data Kualitatf”. Banjarmasin: Jurnal Alhadharah. Vol. 17. No. 33. Januari-Juni.
Setyaningsih, Rini dan Rochma, Siti Nikmatul. 2020. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Nurussalam Mantingan”. Journal of Primary Education: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Shobirin, Muhammad. 2018. “Pembelajaran Tahfidz Al- Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami”. Kudus: Jurnal Quality. Vol. 6. No. 1.
Siswono, Tatag Yuli Eko Siswono. 2019. Paradigma Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Situmorang, Syafrizal Helmi. dkk. 2014. Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press.
Slamet, Moh. Slamet. 2019. Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: Litera Yogyakarta.
Sobri. 2021. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Moral di Sekolah Dasar”. Riau: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3. No. 4.
Suntoro, Ranu dan Widoro, Hendro. 2020. “Internalisasi Nilai Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19”. Yogyakarta: Jurnal Mudarrisuna. Vol. 10. No. 2
.
Suryanti, Eny Wahyu dan Widanti, Febi Dwi. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius”. Malang: Jurnal CIASTECH.
Tohidi, Abi Iman. 2017. “Konsep Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad”. Brebes: Jurnal Ilmiah Kajian Islam. Vol. 2. No. 1.
Utomo, Sigit Tri dan Sa’i, Ahmad. 2017. “Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang”. Magelang: Jurnal Penelitian. Vol. 11. No. 1.
Wadi, Ardi Andika, dan Hendri, Ali. 2020. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Membangun Moral Bangsa Perspektif Al-Qur’an”. Jawa Timur: Jurnal Studi Keislaman. Vol. 10. No. 2.
Wati, Erma Ayu Kurnia. 2020. “Internalisasi Nilai-Nilai Kaakter Religius Melalui Pembelajaran Takhasus di MIN 1 Ponorogo”. Skripsi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Zahrah, Fatimatus. 2021. “Kegiatan Tahfidzul Qur’an Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Tarbiyatul Athfal Karang Cempaka”. Madura: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. Vol. 3. No. 1.
23SK2321297.00 | SK PAI 23.297 NAJ i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain