SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di SMK Muhammadiyah Karanganyar
Kata Kunci : Pendidikan karakter. Organisasi.
Peran sekolah sangat penting dalam usaha pembentukan karakter peserta didik. Pembentukan karakter di sekolah dapat melalui kegiatan organisasi yang dapat menjadi sebuah wadah atau alat yang berada di sekolah yang esensinya membangun manusia yang baik dan berkarakter. Adapun organisasi yang ada di SMK Muhammadiyah Karanganyar, Kabupaten Pekalongan adalah organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang bergerak dalam bidang dakwah amar ma’ruf nahi munkar, berakidah Islam dan bersumber pada al-Qur’an dan Sunnah. Maka dari itu penulis tertarik melakukan penelitian mengenai bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di SMK Muhammdiyah Karanganyar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan organisasai Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di SMK Muhammadiyah Karanganyar, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan pendidikan karakter melalui kegiatan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di SMK Muhammadiyah Karanganyar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan pendidikan karakter melalui kegiatan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di SMK Muhammadiyah Karanganyar. Penelitian ini memiliki kegunaan secara teoritis dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif, sumber datanya ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tiga tahapan analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan organisasi IPM dilaksanakan secara sistematis yaitu melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan yang menunjang pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah Karanganyar yaitu tadarus juz 30, menyanyikan lagu Indonesia raya, infaq setiap hari senin dan jum’at, kajian keputrian, pengajian jum’at pagi. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah Karanganyar. Faktor pendukungnya yaitu adanya kerjasama dengan bapak/ibu guru, kesadaran diri peserta didik, perencanaan kegiatan yang matang dan faktor yang menjadi penghambat yaitu kurangnya rasa percaya diri pengurus, kurangnya komunikasi anggota, adanya perbedaan pendapat dan kurang adanya tanggung jawab.
DAFTAR PUSTAKA :
Achmadi, Abu dan Cholid Narbuko. 2013. Meotodelogi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ahmadi, Abu. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmad. 2020. Manajemen Strategis. Makassar: CV Nas Media Pustaka.
Ahmad, Julkarnain. 2021. “Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga”. Jurnal Pendais. Vol. 3. No. 1. IAIN Sultan Amai Gorontalo. hlm. 10.
Aisyah, Siti. 2020. “Literasi Al-Qur’an dalam Mempertahankan Survivalitas Spritulitas Umat”. Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan. Vol. 4. No. 1. hlm. 210.
Al-Barry, Dahlan dkk. 1994. Kamus Ilmiah Popular. Surabaya: Arkola.
Arief, Arman. 2005. Reformulasi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Astuti. Mardiah. 2022. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Asurlawarlin. 2018. Eksistensi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dalam Mencetak Sumber Daya Manusia Desa Balassuka Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa. Skripsi Sarjana Pendidikan. Makassar:Universitas Muhammadiyah Makassar.
Busro, Muhammad. 2020. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Chita, Ade. 2019. “Character Building Pendidikan Karakter”. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 9. No. 1. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. hlm 4.
Dalyono, Bambang. 2017. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah”. Jurnal Bangun Rekaprima. Vol. 3. No. 2. Universitas Terbuka Semarang. hlm. 39.
Dayanti, Astri. 2020. “Pengembangan Sikap Toleran di SMP Negeri 44 Bandung”. Jurnal Pendidikan. Vol. 2. No. 2. hlm. 15.
Dewi, Danti Marta. 2019. “Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Kelas VII”. Jurnal of Guidance and Counseling: Theory and Apllication. Vol. 1. No. 2. hlm. 10.
Dokumentasi SMK Muhammadiyah Karanganyar. Karanganyar Pekalongan. 6 Februari 2023.
Fajhriani, Dyla. 2020. “Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal of Islamic Educational Management. Vol. 1. No. 3. hlm. 15.
Fatkhurohmah. 2018. “Manajemen Organisasi dalam Membangun Loyalitas Anggota Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah di DIY”. Jurnal Dimensia. Vol. 7. No. 2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. hlm. 61.
Fatmah, Nirra. 2018. “Pembentukan Karakter dalam Pendidikan”. Jurnal Pendidikan. Vol. 29. No. 2. Institut Agama Islam Tribakti Kediri. hlm. 382.
Fauziah, Sifa. Ketua Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah Karanganyar. Wawancara Pribadi. Karanganyar Pekalongan. 2 Februari 2023.
Firdianti, Arinda. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Gre Publishing.
FT, IMM. 2021. Antologi Pemikiran. Jakarta: Guepedia.
Gustiranda, Hendrik. “Pendidikan Karakter dalam Budaya Sekolah di SMPN 8 Kabupaten Sambas”. Jurnal Pendidikan. Vol. 10. No. 1. Universitas Tanjungpura. hlm. 25.
Hadi, Imam Anas. 2019. “Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Lembaga Formal”. Jurnal Inspirasi. Vol. 3. No. 1. Undaris Semarang.
Haeruddin. 2018. Kumpulan Materi Taruna Melati Satu. Sulawesi Selatan: Haeruddin Teknologi.
Hanafi. Pembina Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah Karanganyar. Wawancara Pribadi. Karanganyar. 2 Februari 2023.
Hidayati, Laila. Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Karanganyar. Wawancara Pribadi. Karanganyar Pekalongan. 2 Februari 2023.
Ilmi, Miftahul. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Agama di Sekolah”. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 19. No. 2. IAIN Parepare. hlm. 34.
Juwita, Rika. 2019. “Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab di Sekolah”. Jurnal Utile. Vol. 5. No. 2. hlm. 145.
IPM, PP. 2018. Tanfidz Tanwir Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Banjarmasin: Suara Muhammadiyah.
PP, IPM. 2022. Tanfidz Muktamar XXII Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Yogyakarta: Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah.
Kesuma, Dharma. 2021. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Khoirudin, Azaki. 2016. Ideologi Gerakan Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Yogyakarta: Lembaga Pengembangan Sumberdaya Insani.
Koesoema, Doni. 2011. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Kusmiyati. 2022. Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran. Nusa Tenggara Barat: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moleong, Lexy, J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Mamonto, Nurvita Bani. 2020. Kontribusi Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa di SMK Muhammadiyah Kotamobogu. Skripsi Sarjana Pendidikan. Manado:Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.
Mayasari, Nany. 2022. Perencanaan Pendidikan. Serang Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nashir, Haedar. 2016. Muhammadiyah Gerakan Pembaruan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Ni, Laurentius. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar”. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar. Vol. 2. No. 2. Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. hlm. 23.
Observasi di SMK Muhammadiyah Karanganyar. 3 Februari 2023. Pukul 08.30 WIB.
Observasi di SMK Muhammadiyah Karanganyar. 6 Februari 2023. Pukul 07.30 WIB.
Observasi di SMK Muhammadiyah Karanganyar. 10 Februari 2023. Pukul 11.30 WIB.
Observasi di SMK Muhammadiyah Karanganyar. 13 Februari 2023. Pukul 08.30 WIB.
Observasi di SMK Muhammadiyah Karanganyar. 14 Februari 2023. Pukul 07.00 WIB.
Observasi di SMK Muhammadiyah Karanganyar. 16 Februari 2023. Pukul 07.30 WIB.
Observasi di SMK Muhammadiyah Karanganyar. 17 Februari 2023. Pukul 07.30 WIB.
Oemari, Nopan. 2015. “Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan”. Jurnal Manajer Pendidikan. Vol. 9. No. 3. SMA Negeri 1 Arga Makmur. hlm. 467.
Partanto, A Pilus. 1999. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arloka.
Prasetya, Benny. 2021. Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah. Malang: Academia Publication.
Rahman, Abdul. 2022. Tri Pusat Pendidikan Perspektif Tasawuf. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.
Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rasyid, Muhammad Makmun. 2019. Kemukjizatan Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Rosyad, Ali Miftakhu. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah”. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Vol. 5. No. 2. Universitas Wiralodra Indramayu. hlm. 183.
Rinawati. 2019. Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Jakarta: Pustaka Baru Press.
Rusdiana. 2002. Akuntabilitas Kinerja Penelitian. Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung.
Safliana, Eka. 2020. “Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia”. Jurnal Jihafas. Vol. 3. No. 2. STIT Hamzah Fansuri Kota Sibululussalam. hlm. 73.
Salahudin, Anas. 2013. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Bandung: CV Pustaka Setia.
Samrin. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai)”. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 9. No. 1. hlm. 122.
Sanjaya, Wina. 2008. Teori dan Perkembangan Anak. Jakarta: Gramedia Citra.
Satryana, Lisa. 2022. Implementasi Kegiatan Upgrading Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam Membentuk Karakter di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Rambipuji Jember. Skripsi Sarjana Pendidikan. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember.
Setiawan, Agus. 2014. “Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji”. Jurnal Dinamika Ilmu. Vol. 14. No. 1. STAIN Samarinda. hlm. 4.
Setiawan Johan, dan Albi Anggito. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Taufiqurokhman. 2008. Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Sobirin, Udin. 2017. Kebijakan Publik. Makassar: CV Sah Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprayitno, Adi. 2020. Pendidikan Karakter di Era Milenial. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Suryabrata, Sumardi. 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo.
Sutrisno. 2011. Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Fadilatama.
Syarif, Ahmad. 2020. “Pentingnya Komunikasi dan Informasi Pada Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Kota Makassar”. Jurnal Komunikasi. Vol. 3. No. 3. hlm. 30.
Tampubolon, Paruhuman. “Pengorganisasian dan Kepemimpinan Kajian Terhadap Fungsi-Fungsi Manajemen Organisasi Dalam Upaya Untuk Mencapai Tujuan Organisasi”. Jurnal Stindo Profesional. Vol. 4, No. 3, hlm. 24.
Taryuni. Sekretaris Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah Karanganyar. Wawancara Pribadi. Karanganyar Pekalongan. 2 Februari 2023.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Jakarta: Kencana.
23SK2321296.00 | SK PAI 23.296 ASR i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain