SKRIPSI PAI
Peran Organisasi IPNU Dalam Menanaman Nilai Budaya Gotong Royong Usia Remaja Untuk Menanggulangi Banjir di Desa Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan
Kata kunci : Peran IPNU, Penanaman Gotong royong, Peduli Lingkungan, Menanggulangi Banjir
Penanaman adalah suatu proses mamasukan nilai ke dalam jiwa seseorang sehingga nilai tersebut tercermin pada sikap dan perilaku yang ditampakkan dalam kehidupan sehari-hari (menyatu dengan kepribadian). Adapun penanaman yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah proses membiasakan diri dalam meningkatkan perilaku peduli lingkungan melalui kegiatan gotong royong pada anak usia remaja. Dengan adanya kegiatan gotong royong ini dilakukan dalam rangka menanggulangi banjir yang ada di desa.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peran organisasi IPNU dalam menanaman nilai budaya gotong royong pada anak usia remaja dan bagaimana implikasi dari penanaman nilai budaya gotong-royong usia remaja untuk menanggulangi banjir di desa simbang kulon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran organisasi IPNU dalam menanamkan nilai budaya gotong royong pada anak usia remaja dan mengetahui implikasi dari budaya gotong-royong untuk menanggulangi banjir di desa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya kegiatan gotong royong pada anak remaja dalam rangka menanggulangi banjir di desa, tujuannya agar anak remaja dapat belajar dari pengalaman nyata yang diperoleh selama kegiatan gotong royong dilaksanakan.
Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan ini adalah peneliti lapangan (field research) dan studi kasus. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan organisasi IPNU memiliki peran dalam menanamkan budaya gotong royong pada anak usia remaja melalui kegiatan sosialisasi dan peneliti sebagai anggota aktif ikut berkonstribusi juga pada saat pelaksanaan gotong royong. Sebagai bentuk contoh keteladanan, tujuannya agar perilaku tersebut dapat ditiru oleh anak-anak remaja. Pembiasaan melakanakan kegiatan gotong royong dilakukan setiap hari jum’at pagi. Demikian dari pembiasaan gotong royong pada anak usia remaja, anak dapat memiliki karakter peduli lingkungan yang ia dapat dari kegiatan gotong royong dalam menanggulangi banjir di desa simbang kulon. Sehingga dari tindakan tersebut anak dapat menumbuhkan karakter pada dirinya.
DAFTAR PUSTAKA :
Achmad, Putri Noviani. 2015. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi, Jurnal Komunitas, Vol. 3, No. 2.
Ahmad, Raden dan Ansori, Muhajir. 2016. Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik, Malang : Jurnal Pusaka, Vol. 4, No.2.
Alvianor. 2017. Penanaman Nilai Budaya Melalui Materi Kebersihan Lingkungan Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IX Di SMP 12 Palangka Raya. IAIN Palangka Raya.
Almanshur, M. Djunaedi Ghony & Fauzan.2010. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Amirin,Tatang M. 2011. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Anas, Zulfikri. 2011. PendekatanBrainBasedLearning Dalam Penanaman Nilai Budaya Melalui Pendidikan Formal, Jurnal Komunitas, Vol. 3, No. 2.
Arikonto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.
Buku Pedoman Komisariat IPNU.
https://www.academia.edu/29099920/Buku_Pedoman_Komisariat_IPNU_IPPNU.
diakses pada 8 Desember 2022
Dapartemen Pendidikan Nasional. 2007.Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Diananda, Amita. 2018, Psikologi Remaja Dan Permasalahannya, Jurnal ISTIGHNA, Vol. 01, No. 01.
Effendi, Tadjuddin Noer. 2013. Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini, Jurnal Sosiologi, Vol. 2, No. 1.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Anlisis Data. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Fadillah, Muhammad dan Mualifatu Lilif Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Fitrisari, Shinta, Naili. 2019. Peran Guru Kelas 1 Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik Di MI Sijono Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. IAIN Pekalongan.
Hadi, Rahmat, Septiyo. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah Di SDN Kenconorejo 01 Tulis Batang. IAIN Pekalongan.
Heriyanto, Achmad. 2019. Implementasi Konsep Kebersihan Sebagian Dari Iman Di Kalangan Siswa MAN Lamongan. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. 07, No. 01.
Hidayat, Taufik. 2019. pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus
https://muslim.okezone.com/read/2021/08/05/330/2451340/kandungan-surah-arum-41-42-ingatkan-manusia-sebagai-khalifah-agar-merawat-lingkungan diakses pada 20 Agustus 2022
Ikhwanudin, Zaerul. 2020. Implementasi Program Adwiyata Dalam Menanamkan Karakter Siswa Peduli Lingkungan Di SMP Negeri 2 Kandemen Kabupaten Batang. IAIN Pekalongan.
Isnaini, Evin. 2021. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menunjang Pendidikan Lingkungan Hidup di MTS Al-Hikmah Jombang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ispurwanti, Dewi dan H. E.Mulyasa. 2003. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi aksara
keraf, Sonny. 2010. Etika Lingkungan Hidup. Jakarta : KOMPAS
Khoirila, Marisa. 2021. Strategi Guru PAI dalam Penguatan Pendidikan Karakter Gotong royong di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. IAIN Tulungagung.
Majelis Ulama Indonesia. 1998. Dapartemen kesehatan, Dapartemen Agama, Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Menurut Ajaran Islam. Jakarta : MUI
Mispani dan Ehwanudin. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Gotong Royong dan Peduli Sosial Masyarakat, Jurnal Sumbala, Vol 3, No. 2.
Moleong, Lexy. 2017. metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Reamja Rosdakarya.
Mulyana, Rahmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung : Alfabeta.
Mulyani, Desti. 2020.Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar, Jurnal : Pendidikan, Vol 11 No. 02.
Nurhasanah, Ana. 2016. Pengembangan Materi Ajar Nilai-nilai Budaya Lokal “Green Behaviour” Di Banten. Jurnal : Candeasangkala, Vol. 2, No. 2.
Novian, Dias Saputra. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Budaya Sekolah Berbasis Budaya Lokal di SDN Mardiharjo Kabupaten Musi Rawas, Jurnal : Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan, Vol. 2, No. 1
Nugraha, Dera dan Hasanah, Aan. 2021. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Budaya di Sekolah, Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 1.
Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rahman, Boby. Analisis Kondisi Motivasi Pegawai Di Lingkungan Dinas Kebersihan Kota, Jurnal : Akuntasi dan Pembangunan, Vol. 2, No. 1
Rolitia, Meta. 2016. Nilai Gotong-Royong Untuk Memperkuat Solidaritas Dalam Kehidupan Masyarakat Kampung Naga, Jurnal Pendidikan Sosiologi, Vol. 6, No. 1.
Subargo, Joko. 2010. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Suhairi, Lasmi Aida, Bayhaqi Habib. 2022. Membangun Kerjasama Tim yang Efektif dalam Organisasi, Jurnal : Dawatuna, Vol. 2, No. 1.
Suhartini, Andewi. 2007. Belajar tuntas : latar belakang, tujuan, dan implikasi
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif (Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sukarni. 2011. Fikih Lingkungan Hidup Perspektif Ulama Kalimantan Selatan. Kementerian Agama RI
Sumatro. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS.
Sopiah, Etta Maman Sangadji. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Umari, Citra. 2017. Rancangan Bangun Sistem Peringatan Dini Banjir Berbasis Sensor Ultrasonik Dan Mikrokontroler Sebagai Upaya Penanggulan Banjir, Jurnal Metodologi Klimatologi dan Geofisika, Vol. 4, No. 2.
Wati, Dini, Mustika. 2019 . Peran Guru PAI Dalam Mendidik Karakter Peduli Lingkungan Di SMP Negeri 1 SIMAN Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Warwoko, Gatot. 2019. Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Jurnal : Tarbiyah Syariah Islamiyah, Vol 26, No 1.
Widyati, Sri. 2020. Gotong-Royong, E-Book : Alprin.
Yudanti, Chika. 2021. Peran Guru Dalam Membina Karakter Siswa Peduli Lingkungan Pada Program Bebas Sampah di Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu.
Yulaelawati, Ella. 2008. Mencerdasibencana: banjir, tanah longsor, tsunami, gempa bumi, gunung api. Jakarta : Mencerdasi Bencana.
Zahara, Evi. 2018. Peranan komunikasi organisasi bagi pimpinan organisasi.
Zain dan Djamar. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rieneka Cipta.
23SK2321294.00 | SK PAI 23.294 MUH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain