SKRIPSI PAI
Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIII di MTs Salafiyah Nurul Qomar Pekalongan
Kata Kunci: Strategi Guru, Akidah Akhlak, Membentuk Karakter
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang sering dijumpai yaitu dimana kurangnya kesadaran peserta didik dalam berperilaku. Dalam hal ini membentuk karakter peserta didik dengan menggunakan strategi. Perlunya guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik dengan strategi. Tanpa adanya strategi yang diaplikasikan dalam membentuk karakter pada peserta didik maka proses pembentukan karakter tidak akan berjalan dengan efektif dan perilaku peserta didik juga menjadi berkurang. Strategi yang diaplikasikan guru dalam membentuk karakter dapat mengamalkan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Nurul Qomar Pekalongan dan (2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat strategi Guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Nurul Qomar Pekalongan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Nurul Qomar Pekalongan. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat strategi guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Nurul Qomar Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian field research (penelitian lapangan), lokasi penelitian di MTs Salafiyah Nurul Qomar Pekalongan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap Kepala Sekolah, Guru Akidah Akhlak kelas VIII, dan beberapa siswa kelas VIII. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan berkaitan dengan strategi guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Nurul Qomar Pekalongan.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIII di MTs Salafiyah Nurul Qomar Pekalongan ialah dengan menggunakan beberapa strategi pembelajaran sebagai berikut: Strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran inkuiri, dan strategi pembelajaran afektif. (2) Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Nurul Qomar Pekalongan diantaranya faktor yang mendukung peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa itu sendiri adalah pembiasaan dan keteladanan dari guru. Faktor penghambatnya diantaranya yaitu: perbedaan latar belakang, kurangnya kesadaaran siswa, keterbatasan pengawasan guru terhadap siswa, dan lingkungan sosial.
DAFTAR PUSTAKA :
A, Doni Koesuma. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Aedi, Nur. 2016. Manajemen Pendidikan & Tenaga Pendidikan. Yogyakarta: KDT.
Ahmadi, Abu . Joko TP. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Al Majid, Akbar. 2016. “Penerapan Strategi Pembelajaran Afektif dalam Pembelajaran Unggah-Unggah Bahasa Jawa di Sekolah Dasar”. Yogyakarta: Trihayu. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol. II, Nomor. 2.
Ali, Mohammad Daud. 2013. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Amri, Sofan & Iif KA. 2010. Konstruksi pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arumsari, Mila Silvy. 2014. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di MI Al-Huda Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Asmani, Jamal Makmur. 2012. Buku Panduan Interaksi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Diva Press, CET. III.
Aswan. 2016. Strategi Pembelajaran Berbasis Paikem (Edisi Revisi) Cet II. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Aswar. 2021. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Islami Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid 19 di SMA Negeri 13 Luwu Utara Kecamatan Seko”. Skripsi. Palopo: IAIN Palopo.
Aziz, Erwati. 2003. Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Barnawi, dkk. 2016. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Cet. III. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Chirnawati, Sefti, dkk. 2022.“The Contribution Of Moral Theology (Akidah Akhlak) Education In Ascertaining Student’s Personality”. Jurnal PAI Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, Vol. I, No. 1.
Danim, Sudarwan. 2013. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Darmadi. 2018. Optimalisasi Strategi Pembelajaran. Cet. I. Bandung: Guepedia.
Darmansyah. 2017. Bahan Ajar Strategi Pembelajaran. Padang: Erka CV. Rumah Kayu Pustaka Utama.
Departemen Pendidikan Nasioanal. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat bahasa.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Pusat Bahasa Indonesia. Edisi IV. Cet. I. Jakarta: Gramedia pustaka utama.
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Dipdiknas.
Djamarah, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hadi, Sutrisno. 1990. Metodologi Research Jilid II. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamalik, Oemar. 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran. Cet. I. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.
Hawi, Akmal. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Iskandarwassid, Dadang S. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Isma’il, Abul Fida’ Imaduddin. 2015. Tafsir Ibnu Katsir. Cet. I. Solo: Insan Kamil.
Ismail, Muhammad Ilyas. 2012. Pendidikan Karakter Suatu Pendekatan Nilai. Makassar: Alauddin University Press.
Jauhari, Muhammad Rabbi. 2006. Keistimewahan Akhlak Islami. Bandung: Pustaka Setia Mahrus.
Kartono, Kartini. 2005. Teori Kepribadian. Bandung: Mandar Maju.
Kesuma, Dharma. Dkk. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Khon, Abdul Majid. 2014. Hadis Tarbawi: Hadis-Hadis Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Liyusri & Situmorang. 2013. “Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi”. UNIMED: Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. VI, No.1.
Maemunawati, Siti & Muhammad A. 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3 M Media Karya Serang.
Mahrus. 2012. Modul Akidah. Jakarta: Bina Aksara.
Majid, Abdul & Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Komptensi Guru). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maqnunah. 2021. “Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Kelas VIII Di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan”. Skripsi. Pekalongan: STAIN Pekalongan.
Mardalis. 1999. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Maulana, Achmad. dkk. 2004. Kamus Ilmiah Populer. Cet. II. Yogyakarta: Absolut.
Mawatin, Arin Tentrem dkk. 2021. Strategi Pembelajaran. Cet. I. Sumatra Utara: Yayasan Kita Menulis.
Mu’awanah. 2011. Strategi Pembelajaran Pedoman untuk Guru dan Calon Guru. Kediri: Stain Kediri Press.
Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press.
Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murlina & Imelda Wahyuni. 2020. Strategi Guru Pendidika Agma Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA Negeri 2 Kendari”. Kendari: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. I, No. 2.
Muslich, Mansur. 2012. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran, Cet. I. Medan: Perdana Publishing.
Nata, Abuddin. 2008. Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru-Murid. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Cet. I. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Nazir, Moh. 1999. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nuranti, dkk. 2019. “Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu”. Malang: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. I, No. 3.
Nuriani, Yualiana. 2003. Strategi Pembelajaran. Cet. I. Jakarta: Universitas Terbuka.
Peraturan Menteri Agama RI No.2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompotensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Prastowo, Andi. 2014. Pembelajaran Konstruktivisme-Scientific untuk Pendidikan Agama di Sekolah/Madrasah. Cet. I. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Purmawati, Elis. 2020. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 57 Kecamatan Jangkat Timur Kabupaten Merangin Provinsi Jambi”.
Skripsi. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Ed. 1, Cet. Ke-1. Yogyakarta: Deepublish.
Sanjani, Maulana Akbar. 2019. “Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri”. Binjai: Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. Vol.VIII, No. 2.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Saputra, Dopi Adi. 2019. “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Kelas VIII, MTSN Kau”. Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Sudarman, Momon. 2013. Profesi Guru Dipuji, Dikrititisi Dan Dicaci. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet. Ke-23. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Suprihatiningrum, Jamil. 2017. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suryani, Nunuk & Leo A. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jogjakarta: Penerbit Ombak.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Redaksi. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia
Uno, Hamzah B. 2011. Perencanaan Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman. 2021. Ragam Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.
W, Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Cet. I. Jakarta: PT. Grasindo.
Wahyudi, Dedi & Nelly A. 2018. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Naturalistik Eksistensial Spiritual”. Lampung: Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. IX, No.1.
Wahyudi, Dedi. 2017. Pengantar Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books.
Winarni, Endang Widi. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualiatatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
23SK2321291.00 | SK PAI 23.291 MAU s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain