SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Sorogan Dalam Memahami Kitab Fathul Qorib di Islamic Boarding School Takhassus Simbangkulon Buaran Pekalongan
Kata kunci: Penerapan, Kelebihan dan Kekurangan Metode Sorogan
Islamic Boarding School Takhassus Simbangkulon adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang menerapkan sistem sorogan. Penerapan metode Sorogan di Islamic Boarding School berfokus pada kitab fiqih klasik Fathul Qorib dan juga sistem pembahasannya yang mendalam dan spesifik pada fashol atau bab tertentu. Penerapan metode Sorogan dengan menggunakan cara tertentu pada masing – masing kelas dalam proses penerapan metode tersebut, Output yang berkualitas menurut sebagian Tokoh masyarakat dan berbagai sumber lainnya menjadi sebab dilakukan penelitian ini.
Rumusan Penelitian ini adalah untuk mengetahui proses metode sorogan?, untuk mengetahui proses metode sorogan? dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan sistem sorogan yang dilakukan di Islamic Boarding School Takhassus Simbangkulon?. Harapan penelitian ini bisa diadopsi dan dijadikan bahan evaluasi Islamic Boarding School lainnya atau lembaga pendidikan lainnya. Apakah metode sorogan di Islamic Boarding School sudah cukup bagus dalam penerapan metode sorogannya ataukah perlu perlu diadakan sebuah evaluasi atau perbaikan dalam penerapannya.
Penelitian ini menggunakan penelitian studi lapangan atau penelitian kualitatif. Dimana peneliti ikut serta terjun di lapangan guna melakukan verifikasi data yang sudah diperoleh. Sumber data primer penelitian ini berupa interview atau wawancara terhadap pihak yang terkait dalam bahasan penelitian dan sumber data penelitian sekunder berupa data pelengkap seperti buku,jurnal, tokoh masyarakat dan dokumentasi.
Hasil penelitian di Islamic Boarding School Simbangkulon. Pada tahapan Proses pelaksanaan metode sorogan sudah berjalan dengan baik. Materi dan sistem sorogan sudah diatur dengan baik. Terdapat pola dalam penerapan sistem sorogan di setiap kelas. Hal tersebut berguna untuk memudahkan pelaksanaan sorogan. Selain itu terdapat faktor pendukung diadakannya metode sorogan di Islamic Boarding School Simbangkulon seperti untuk memudahkan pemahaman dan penguasaan santri terhadap pemahaman kitab Fathul Qorib, meningkatkan kedisiplinan, dan sebagai tolak ukur prestasi santri terhadap pemahaman kitab kuning. Adapun Faktor penghambat metode sorogan di Islamic Boarding School Simbangkulon seperti, waktu yang terlalu panjang sehingga harus sabar dan telaten, pembahasan pada bab tertentu sehingga terkesan membosankan dan pemahaman setiap individu santri yang berbeda sehingga terdapat rasa minder kurang percaya diri.
DAFTAR PUSTAKA :
Afif M.2019. Penerapan Metode Sorogan dalam meningkatkan baca kitab kuning di pondok pesantren Tarbiyatunnasyiin, Journal Of Social Community, Vol. 4 No 2.
Ahmad, Jaelani. 2017/2018. Penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning bagi santri tingkat wustha di Diniah Pondok pesantren NU Abhariyah. Jernej terong tawah.
Anas, Sudjiono. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asrofi Syamsudin.2010. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Idea Press.
Arief, Armei. 2020. Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam . Jakarta : Ciputat Pers.
Armani, Arif. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Athoillah. Alumni Takhasus dan Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Wawancara Pribadi, Pekalongan, 30 Desember 2021.
Azizah. 2014. Penerapan Metode Sorogan dalam memahami kitab kuning dikelas shorof pondok pesantren Al - Luqmaniyah Yogyakarta. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Kalijaga.
Bambang, Suyono dkk. 2011. Belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Burhan, Bungin. 2011. Metode kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dafiq, Ahmad. Santri Islamic Boarding School Takhasuss Simbangkulon. Wawancara Pribadi, Pekalongan, 5 Januari 2022.
Dede, Mahdun. 2015. Pengaruh penerapan Metode Sorogan terhadap kemampuan membaca kitab safinat Al Najah santri putra pemula ( usia 13 -15 tahun ) pondok pesantren assalafie Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Dokumentasi Islamic Boarding School Takhasuss Simbangkulon. Pekalongan, Kamis 6 Januari 2022.
Fahmi, Syah Al – Faruqi. Pengurus Islamic Boarding School Takhasuss Simbangkulon. Wawancara Pribadi, Pekalongan, 5 Januari 2022.
Fathoni, Anwar. Tutor atau pengajar sorogan Islamic Boarding School Takhassus Simbangkulon. Wawancara Pribadi. Pekalongan, 30 Desember.
Hasbullah. 2005. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Haq, Nurul. Pengasuh Islamic Boarding School Takhassus Simbangkulon. Wawancara Pribadi, Pekalongan 6 Januari 2022.
Husni Rahim. 2003. Pola Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Departemen Agama.
Koentjaraningrat. 2003. Metodologi Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Persada.
Mahmud, Zaini. 2001. Terjemah Matan Ghoyah Wat Taqrib.Jakarta : Pustaka Ama
Mubarok, Zidni. Santri Islamic Boarding School Takhasuss Simbangkulon. Wawancara Pribadi, Pekalongan, 5 Januari 2022.
Moleong, Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muzammil, Qomar. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Noeng, Muhadjir. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Nor, Hamidah. 2017. Penerapan Metode pada pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren yasin Muara Teweh. Skripsi Pendidikan Agama Islam, IAIN Palangkaraya.
Obervasi dan Dokumentasi Islamic Boarding School Takhasuss Simbangkulon. Pekalongan, Kamis 6 Januari 2022.
Qomarudin. tutor atau pengajar sorogan Islamic Boarding School Takhassus Simbangkulon. Wawancara Pribadi. Pekalongan, 29 Desember 2021.
Rochman, Sulistiyo. 2016. Efektivitas Metode Sorogan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Santri dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Gemawang Temanggung. Skripsi Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Kalijaga.
Shahih Bukhari hal 9.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, Hadi. 1986. Metode Penelitian Research II. Yogyakarta: Andi Offset.
Tama, Ardi . Alumni Takhasus dan Pengurus Anshor Simbangkulon. Wawancara pribadi, Pekalongan, 29 Desember 2021.
Uddin, Arham. 2017. Penerapan Metode Sorogan di pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Skripsi Pendidikan Agama Islam IAIN Palopo.
23SK2321290.00 | SK PAI 23.290 SUH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain