SKRIPSI PAI
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Melalui Kegiatan Pembiasaan Keagamaan Peserta Didik di MAN 1 Kota Pekalongan
Kata Kunci : Karakter Religius, Kegiatan.
Pengoptimalan pengetahuan karakter religius dengan pelajaran PAI dapat membantu peserta didik untuk memiliki kepribadian yang lebih baik lagi sesuai dengan budi pekerti leluhur. Dalam konteks inilah tugas pendidik terutama guru PAI dapat membentuk karakter religius. Untuk menerapkan karakter religius terhadap peserta didik di MAN 1 Kota Pekalongan, madrasah telah menerapkan beberapa kegiatan pembiasaan keagamaan yang merupakan salah satu strategi dalam membentuk karakter religius peserta didik berupa pelaksanaan sholat dhuhur berjamaah di masjid madrasah.
Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana karakter religius peserta didik di MAN 1 Kota Pekalongan. 2) Bagaimana upaya guru PAI dalam membentuk karakter religius melalui kegiatan pembiasaan keagamaan peserta didik di MAN 1 Kota Pekalongan. 3) Bagaimana kendala guru PAI dalam membentuk karakter religius melalui kegiatan pembiasaan keagamaan peserta didik di MAN 1 Kota Pekalongan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, deskriptif diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggunakan keadaan subjek atau objek dalam penelitian yang pada saat sekarang berdasarkan fakta yang tampak atau apa adanya.
Hasil penelitian ini didapat bahwa karakter religius peserta didik di MAN 1 Kota Pekalongan awalnya sangat bervariasi, tetapi dengan berbagai upaya yang dilakukan karakter religius peserta didik MAN 1 Kota Pekalongan banyak perubahan dan memiliki karakter religius yang baik walaupun belum dari semua jumlah peserta didik memiliki karakter religius yang sempurna, karena kita semua tahu bahwa manusia memiliki tempat salah dan lupa. Upaya yang dilakukan guru PAI untuk membentuk karakter religius peserta didik di MAN 1 Kota Pekalongan yaitu para guru PAI membuat berbagai aktivitas keagamaan dilakukan secara rutin oleh peserta didik, kegiatan tersebut seperti: membaca doa pagi bersama sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar, membaca asmaul khusna, melakukan sholat sunnah dhuha dan sholat wajib dhuhur, dan kegiatan keagamaan yang lain. Kendala yang masih belum terselesaikan ialah, latar belakang peserta didik yang tentunya berbeda, banyaknya jumlah peserta didik, tidak terbiasanya peserta didik dalam melakukan kegiatan keagamaan, tidak adanya dukungan dan kerja sama antar guru dan staff serta seluruh warga MAN 1 Kota Pekalongan, tidak adanya dorongan dan semangat dari keluarga, kurangnya waktu dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahsanulkhaq, Moh. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal, Prakarsa Paedagogia Vol. 2 No. 1, Juni, ISSN 2620-9780.
Ainiyah, Nur. 2013. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Jurnal Al-Ulum, Vol.13 No.1, Juni 2013.
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Efendy, Rustan. Irmwaddah. 2018. Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam. vol. 1. no.1.
Fathurrohman. 2014. Konservasi Pendidikan Karakter Islami Dalam Hidden Curriculum Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume. 02 Nomor 01 Mei.
Febriyan, GE. 2017. Metode Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Iryana, Risky Kawasati. 2018. Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Sorong. STAIN SORONG.
Jamilah, Azizah . 2021. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di SMK Teladan Jakarta Selatan. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Lyna Dwi Muya Syaroh, Zeni Murtafiati Mizani. 2020. Membentuk Karakter Religius Dengan Pembiasaan Perilaku Religi Di Sekolah: Studi Di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal Of Islamic Education Studies (IJIES) Volume 3, Nomor 1, Juni.
Marzuki dan Pratiwi Istifany Haq. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Karakter Kebangsaan Di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.
Mujahidayul Haibah, Dkk. 2020. Pembiasaan Membentuk Karakter Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Vol. 5 No.2 Juli-Desember.
Nangimah, Nurrotun. 2018. Peran Guru PAI Dalam Pendidikan Karakter Religius Siswa SMA N 1 Semarang. Semarang: UIN Walisongo Semarang.
Pekalongan: IAIN Pekalongan. Rijali, Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. UIN Antasari Banjarmasin, Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33 Januari-Juni.
Perwitasari, Rahma. 2018. Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pengimplementasian Pendidikan Karakter Di SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro. Metro: IAIN Metro.
Rahma Nurbaiti, Susiatalwi, Imam Taulabi. 2020. Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Metode Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. El-Bidayah, Journal Of Islamic Elementary Education, Volume 2, Nomor 1, March.
Rahmat, Pupu Saeful. 2009. Penelitian Kualitatif, Equilibrium. Jurnal vol.5 no.9, Januari-Juni.
Rejeki, Sri. 2018. Peran Guru PAI dalam Membina Moral Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan.
Rukhayati, Siti. 2020. Strategi Guru PAI Dalam Membina Karakter Peserta Didik SMK Al-Falah Salatiga. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga.
Silvya Eka Andiarini, dkk. 2018. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 2, Juni.
Slamet Untung, Moh. 2019. Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial). Yogyakarta: Litera.
Solekhah, Hanifati. 2020. Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di Mts Negeri 7 Tulungagung. Tulungagung: IAIN Tulungagung.
Sugioni. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhartono, Suparlan. 2009. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Arruzz Media.
Syaroh, Lyna Dwi Muya dan Zeni Murtafiati Mizani. 2020. Membentuk Karakter Religius Dengan Pembiasaan Perilaku Religi Di Sekolah: Studi Di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal Of Islamic Education Studies (IJIES) Vol.3, No.1 Juni.
Taruna, Mulyani Mudis. 2011. Perbedaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Analisa, Vol.2 Juli-Desember. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Web MAN 1 Kota Pekalongan, 2022. https://man1kotapekalongan.id, diakses 7 April.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
23SK2321289.00 | SK PAI 23.289 CAH u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain