SKRIPSI PAI
Internalisasi Tata Krama Budaya Jawa Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak (Studi Kasus di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan)
Kata Kunci: Internalisasi, Tata krama budaya Jawa, Pembelajaran akidah akhlak.
Madrasah Tsanawiyah Swasta Salafiyah Hidayatul Athfal merupakan MTs Salafiyah yang berada di Jalan Gatot Subroto Gg.2A, Desa Banyurip Alit, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, MTs Salafiyah Hidayatul Athfal merupakan sekolah unggulan sekota Pekalongan dan lebih mengutamakan pembelajaran Agama Islam berbasis insan yang berkualitas yang berhaluan pada Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Masyarakat sekitar MTs masih sangat kental akan budaya bertata krama Jawa. Jadi, MTs Salafiyah Hidayatul Athfal menerapkan tata krama budaya Jawa dalam proses pendidikannya agar para siswa dapat terbiasa berperilaku sopan dengan menggunakan tata krama budaya Jawa seperti halnya yang di ajarkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Tata krama budaya Jawa dimasukkan kedalah pembelajaran akidah akhlak agar para siswa dapat bersosial di lingkungan masyarakat dengan baik.
Penelitian ini berdasarkan pada rumusan masalah yang sudah dibuat oleh peneliti, yaitu bagaimana proses internalisasi tata krama budaya Jawa dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan? dan apa saja faktor pendukung dan penghambat internalisasi tata krama budaya Jawa di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi tata krama budaya Jawa dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah ke[ala sekolah, guru mata pelajaran akidah akhlak dan siswa MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah, transfer nilai tata krama budaya Jawa dalam proses pendidikan di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan dipengaruhi oleh siswa yang berasal dari lingkungan keluarga yang baik sehingga terbiasa dengan memberikan pemahaman, pembiasaan dan penerapan nilai tata krama budaya Jawa oleh orang tua siswa. Kebiasaan ini diterapkan oleh siswa pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dari menghormati sesama teman dan menghormati Bapak dan Ibu Guru. Selain itu dari pihak Madrasah sudah menyiapkan tata tertib untuk menyamakan kebiasaan santri yang beragam dan memberikan pembelajaran akidah akhlak dengan memasukkan nilai tata krama budaya Jawa kepada siswa agar mereka memahami nilai tata krama khususnya Jawa yang baik menurut ajaran agama Islam. Faktor pendukung internalisasi tata krama ini adalah para siswa yang sudah terbiasa dengan tata krama Jawa yang diajarkan dari lingkungan keluarga yang baik. Mereka mengajarkan tata krama Jawa kepada siswa yang belum paham dalam bertata krama Jawa. Selain itu, siswa yang sudah terbiasa dengan pendidikan di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal juga menjadi pendukung internalisasi tata krama budaya Jawa di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan. Faktor penghambat penerapan tata krama Jawa dalam proses pendidikan di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan adalah para siswa dari keluarga yang kurang baik sehingga belum terbiasa dengan tata krama budaya Jawa dan para siswa yang baru masuk di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal. Mereka harus belajar membiasakan agar dapat bersosial dengan baik di lingkungan MTs yang menginternalisasikan tata krama budaya Jawa dalam proses pembelajaran dan pendidikannya.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, Yatimin. 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif al-Quran. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Adiwinata, Rustana. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Ahmadi, Abu dan Noor Salim. 2011. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Al-Jaza’iri, Syaikh Abu Bakar. 2014. Minhajul Muslimin, Terj. Mustofa ‘Aini, dkk. Jakarta: PT. MPS.
Amiruddin, Zaenal Asikin. 2014. Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arifin, Zainal. 2014. Evaliasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.
Azwar, Syaefudin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chotimah, Chusnul, Mei Fita Asri Untarai, dan M. Arief Budiman. 2015. Analisis Penerapan Unggah-ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. Semarang: Jurnal International Journal of Elementary Education. No. 2. III.
Dahlan, Abdul Aziz. 2016. Ensiklopedia Hukum Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeven.
Dahlan, dkk. 2010. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Arloka.
Ernawati, Novita. 2017. Pembentukan Karakter Tanggung Jawab dan Kreativitas melalui Extrakulikuler Marcing Band (Studi Kasus di MIN Bawu Jepara). Skripsi Sarjana Pendidikan. Semarang: UIN Walisongo Semarang.
Faizza, Alifatun Nur. 2020. Manajemen Program Tata Krama Siswa dalam Mewujudkan Penguatan Pendidikan Karakter di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Skripsi Sarjana Pendidikan. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Fikri, Miftahul. 2018. Modul Bimbingan dan Konseling untuk Mengurangi Social Anxiety Narapidana Remaja. Padang: Penelitian Hibah LP2M UNP.
Firdaus, Muhammad Aditya dan Rinda Fauzian. 2020. Pendidikan Akhlak Karimah Berbasis Kultur Pesantren. Bandung: Jurnal Pendidikan Islam Universitas Islam Nusantara. No. 2. November. I.
Fitri, A. 2018. Pendidikan Karakter Prespektif Al-Qur’an Hadits. Riau: Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam. No. 2. Juli. I.
Fitriyanti, Siska. 2017. Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur. Jurnal JOM FISIP Universitas Riau. No. 1. Februari. IV.
Handayani, Sri. 2009. Unggah-Ungguh dalam Etika Jawa. Skripsi Sarjana Filsafat Islam. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hidayatullah, Khayat. 2015. Pembelajaran Aqidah Akhlak dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Karangmangu Desa Dukuh Jati Kecamatan Karangkeng Kabupaten Indramayu. Skripsi Sarjana Pendidikan Islam. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Hidayatullahh, M. Furqon. 2017. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Idris, Saifullah. 2017. Intrnalisasi Nilai dalam Pendidikan. Yogyakarta: Darussalam Publishing.
Ilyas, Yunahar. 2014. Kuliah Aqidah Islam. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian Pengalaman Islam.
Jawas, Yazid Bin Abdul Qadir. 2011. Syarah Aqidah Akhlak Sunnah Wal Jama’ah. Bogor: Pustaka At-Taqwa.
Jayadi, Ahmad dan Abdul Majid.2015. Tadzikirah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Lubis, Lahmuddin dan Elfiah Muchtar.2011. Pendidikan Agama dalam Perspektif Islam. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.
Mahmud. 2011. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Setia Pustaka.
Makbuloh, Deden. 2011. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: RaJawai Pers.
Miswar dan Pangulu Abd Karim Nasution. 2014. Akhlak Tasawuf. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.
Muhaimin. 2008. Paradigma Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2014. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Nangimah, Isti Kharirotun. 2020. Penerapan Tata Krama dan Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Masyithoh Program Intensif Kroya Cilacap. Skripsi Sarjana Pendidikan. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Nasution. 1964. Azas-Azas Kurikulum. Bandung: Terate.
Nata, Abuddin. 2010. Akhlak Tasawuf. Jakarta: RaJawali Pers.
Nugroho, Sigit Sapto. 2021. Mikul Dhuwur Mendhem Jero Nilai-Nilai Prinsip Hidup Orang Jawa. Klaten: Lekeisha.
Prastowo, Andi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Arruz Media.
Purwoko, Herudjati. 2008. Jawa Ngoko: Ekspresi Komunikasi Arus Bawah Klaten: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Rahman, Taufiqur. 2019. Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Akhlak Peserta Dididk. Bondowoso: Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. No. 1. IV.
Rohman, Roli Abdul Rohman. 2005. Menjaga Aqidah dan Akhlak. Solo: Tiga Serangkai.
Ropi, Ismatu. dkk. 2012. Pendidikan Agama Islam di SMP & SMA untuk Guru. Jakarta: Karisma Putra Utama.
Rubini. 2018. Peningkatan Tata Krama Siswa di Sekolah Melalui Bimbingan Kelompok Theknik Sosiodrama. Yogyakarta: Jurnal Riset Daerah. No. 1. Mei. XVII.
Sattriawan, A dan Sugeng Sutiarso. 2017. Mengembangkan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Matematika. Lampung: In Prosiding Seminar Nasional dan Pendidikan Matematika. No. Pp. 191-196. I.
Shaula, Dea Faustina dan Noor Hasyim. 2019. Menanamkan Konsep Tata Krama pada Anak Melalui Perancangan Game Edukasi. Semarang: Jurnal Informatika Universitas PGRI. No. 2. XII.
Shihab, Quraish. 2010. Wawaasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’I atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: PT. Mizan Pustakan.
Slemano. 2011. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2015. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumara, Dadan. Dkk. 2017. Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Padjadjaran: Jurnal Penelitian dan PPM. No. 2. Juli. IV.
Sumiantarsih. 2012. Tata Krama Suku Bangsa Jawa di Kabupaten Sleman Provinsi DIY. DIY: Proyek Pemanfaatan Kabupaten.
Suryati. 2014. Penanaman Adap Sopan Santun Siswa Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta. Skripsi Sarjana Pendidikan Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Tajab. 2010. Jiwa Pendidika. Surakarta: Karya Abdi Tama.
Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Widiati, Sri. dkk. 2011. Ikhtisar Perkembangan Sastra Jawa Modern Periode Kemerdekaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Zulnuraini. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep, Implementasi dan Pengembangan di Sekolah Dasar di Kota Palu. Palu: Jurnal DIKDAS, No. 1. I.
23SK2321288.00 | SK PAI 23.288 DIP i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain