SKRIPSI PAI
Peran Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring PAI Bagi Siswa SLTP Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Karanggeneng Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang
Kata Kunci : Peran Orang tua, Pembelajaran Daring, Anak
Orang tua merupakan salah satu orang yang bertanggug jawab terhadap pendidikan anaknya, oleh karena itu dibutuhkan peran orang tua untuk membantu dalam pembelajaran daring. Sejak adanya pandemi Covid-19 dan ditetapkan sebagai pandemi global semua aspek menjadi terganggu tanpa terkecuali termasuk aspek pendidikan. Sehingga pemerintahan harus mencari cara agar pendidikan tetap berjalan, salah satunya dengan pembelajaran daring. Pembelajaran yang awalnya dilakukan dengan tatapmuka disekolah menjadi dilakukan di rumah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Tentunya akan membuat siswa beradaptasi dalam pembelajaran tersebut. Sehingga dalam pelaksanaannya orang tua harus bener-bener membimbing supaya anak minat belajar secara daring.
Penelitian ini berdasarkan pada rumusan masalah yang sudah dibuat oleh peneliti, Bagiamana peran orang tua terhadap pembelajaran daring pai bagi siswa SLTP dimasa pandemi Covid-19 di desa Karanggeneng kecamatan Kandeman kabupaten Batang?, bagaimana Faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran daring bagi siswa SLTP di desa karanggeneng kecamatan kandeman kabupaten batang? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua terhadap pembelajaran daring pai bagi siswa SLTP dimasa pandemi, dan faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran daring.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepada desa Karanggeneng dan orang tua siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah Orang tua merupakan pendidik kodrati, orang tua pendidik bagi anak-anaknya karena secara kodrat bapak dan ibu diberikan anugrah berupa naluri orang tua oleh Allah yang mana dari naluri tersebut timbul rasa kasih dan sayang dalam diri orang tua kepada anak-anak mereka sehingga orang tua merasa mempunyai tanggung jawab untuk mengasuh, melindungi serta mendidik anak-anak mereka.
Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah Strategi dalam meningkatkan belajar siswa salah satunya adalah aspek penting bahwa orang tua diharapkan mampu mempunyai strategi khusus dalam menyampaikan pembelajaran agar anak tidak bosan dan pebelajaran menjadi menyenangkan. Faktor penghambat siswa sering mengeluh susah sinyal, paketan cepat habis, ruang penyimpanan di handphone sudah penuh, dan juga tidak semua siswa sudah mempuyai handphone sendiri, beberapa siswa menggunakan handphone secara bergantian dengan kakaknya jadi saat pembelajaran daring dimulai tidak semua siswa bisa mengikuti pembelajaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. (Jakarta: Kencana)
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta)
Ahmadi, Abu. 2013. Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta)
Aisyatinnaba, Nur. 2016. Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa”, Journal Of Guidance And Counseling:Theory And Application, 5. 4)
Andrianto, Roman. 2019. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0, Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains
Arie, Sulistyoko. 2018. Tanggung Jawab Keluarga Dalam Pendidikan Anak Di Era Kosmopolitan (Tela’ah Tafsir Kontemporer Atas Surat At-Tahrim Ayat 6).IQRO Journal Of Islamic Education 1. 2
Asumi. 2020.Problematika Pembelajaran Daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy 7. 4
Bakar Rosdiana Abu. 2021. Pendidikan Suatu Pengantar (Bandung : Citapustaka Media)
Budi, Anton Setia, dkk. 2020. Guru Profesional di masa pandemi Covid-19 : Review implementasi tantangan dan solusi pembelajaran darin. Jurnal profesi guru 1.1
Dewi, Lisa Septia. dkk. 2020. Kelebihan Dan Kekurangan Pembelajaran Daring Berdasarkan Pengalaman UWN Al Washliyah. Seminar Hasil Peneliitian Kerjasama Universitas Muslim Nusatara AL-Washliyah
Efrianus, Ruli. 2020. Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Jurnal Edukasi Nonformal 1.1
Erik Aditia. Erna Fatmawati. 2021. Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio, Volume 7, No. 1
Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika, Jurnal Pendidikan Unsika, Volume 3 Nomer 1
Gusniwati, Hidayatullah, and Dr. Buhaerah. 2021. Pengaruh Pembelajaran Darig Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII MTs Yasrib Batu-Batu Pada Masa Covid-19. Pi : Mathematics Education Journal, Vol. 4, No. 1
Hadi. Sutrisno. 1986. Metodologi Penelitian Research (Yogyakarta, Fakultas Psikologi UGM)
Ibrahim.Nana Sudjana. 2013. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, (Bandung: Sinar Baru).
IftiahSelfi Liliyatul. 2020. Peran Orang Tua Dalam Mendamping Anak Dirumah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Childhood Education Vol. 4 No. 2
Jamaludin Dindin. 2013. Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam. (Bandung: CV Pustaka setia)
Kholil, Abdul. 2021. Kolaborasi Peran Serta Orang Tua Dan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring, Jurnal Pendidikan Guru,Vol. 2 No. 1
Kusumah, Cahyati. 2010. Peran Orang Tua Dalam Menerapan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid-19, (Bogor, Penerbit Ghalia Indonesia)
Lutfiana Nur Laela. 2016. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Mi Ma’arif Nu 02 Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas, Skripsi di Terbitkan (Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto)
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif (Sidoarjo: Zifatama Publisher)
Moleong. Lexy J. 2014.Metodelogi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Mulyana. Dedi. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Niarti, Dwi. 2021. Implementasi Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V SDN 225/IV Kota Jambi, Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, Volume 6, Issue 1
Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. (Yogyakarta: Arruz Media)
Raflis. Sucipto. 2000. Profesi Keorangtuaan (Jakarta: Rineka Cipta)
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Beajar Mengajar (Jakarta: CV Rajawali)
Rita Kusuma, Nika Cahyati. 2020. Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19.Jurnal Golden Age, No. 1
SariNovita. 2020. Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di MIN 3 medan.Journal Of Education And Teaching, Volume 2, Issue 3
Sandu, Siyoto, Muhammad Ali Sodik. 2015.Dasar metodologi penelitian (Yogyakata: Literasi Media Publishing)
Slamet, Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta, Rieka Cipta)
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta : Reika Cipta)
Syafei. Sahlan. M.2006. Bagaimana Anda Mendidik Anak, 2th ed. (Bogor; Penerbit Ghalia Indonesia)
Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif Kuantitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta)
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana)
Syah, Muhibin. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
23SK2321287.00 | SK PAI 23.287 USW p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain