SKRIPSI PAI
Efektivitas Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ketentuan Makanan Halal Dan Haram Siswa Kelas VIII MTS Ma'arif NU 12 Bulakparen Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes
Kata kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Fiqh
Fiqh merupakan ilmu yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Allah. Pembelajaran fiqh di Mts Ma’arif Nu 12 Bulakparen masih terpusat pada guru. Peneliti mencoba menerapkan model problem based learning bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas model problem based learning terhadap hasil belajar siswa Mts Ma’arif Nu 12 Bulakparen.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa besar hasil belajar ketentuan makanan halal dan haram yang diajar menggunakan model problem based learning siswa kelas VIII MTS Ma’arif NU 12 Bulakparen Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, (2) Seberapa besar hasil belajar ketentuan makanan halal dan haram yang tidak diajar menggunakan model problem based learning siswa kelas VIII MTS Ma’arif NU 12 Bulakparen Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes dan (3) Apakah model problem based learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar ketentuan makanan halal dan haram siswa kelas VIII MTS Ma’arif Nu 12 Bulakparen Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design berbentuk nonequivalentcontrol group design yaitu menempatkan subjek penelitian kedalam dua kelas yang dibedakan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pemahaman dengan menggunakan model problem based learning, sedangkan dalam kelas kontrol diberi pemahaman dengan model pembelajaran konvensional yang terpusat pada guru. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII B dan VIII C. terdiri dari 16 siswa di kelas kontrol dan 18 siswa di kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan analisis instrumen test, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t perbedaan rata-rata.
Dari hasil penelitian menyatakan bahwa nilai kelas eksperimen dengan menggunakan model problem based learning lebih besar dari pada kelas kontrol yang hanya menggunakan model pembelajaran ceramah. Diperoleh rata-rata nilai kognitif kelas eksperimen 70,22 dan rata-rata nilai kelas kontrol 66,25 dengan thitung 1,751 dan ttabel 1,694. Karena thitung lebih besar dari ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
DAFTAR PUSTAKA :
A octavia, Shilpy. 2020. Model-Model Pembelajaran, Cet. Ke-1. Yogyakarta: Deepublish.
Amir, Taufiq. 2016. Inovasi pendidikan Melalui Model Problem Based Learning, Cet. Ke-5, Jilid V. Jakarta: Kencana.
Anni, Catharina Tri dan Achmad Rifa’i. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Arifin, Zaenal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi Novita, Ninin. 2019. “Efektivitas Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMAN 1 Pandaan.” Universitas Yudharta Pasuruan: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 4, No. 2.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. 2020. “Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar.” Aceh: Jurnal Ilmu-ilmu sejarah, sosial, budaya dan kependidikan, Vol. 7, No.2.
Haris dan Jihad. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakrta: Multi Presindo.
La Roibafih, Achmad. 2018. “Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Berbasis masalah Guna meningkatkan Hasil belajar Peserta didik Pada mata pelajaran Fiqh di MA Bilingual Krian Sidoharjo.”Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Maslakhah. 2022. Guru Mata Pelajaran Fiqh, Wawancara Pribadi. Bulakamba: MTS Ma’arif NU 12 Bulakparen.
Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Munib, Ahmad. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Naja, Misratun. 2021. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Fiqh di MTS N 11 Pidie.” Skripsi. Aceh: UIN Ar-Raniry Darussalam.
Nurhaeni. 2016. Cinta Belajar. Yogyakarta: Relasi Inti Media.
Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Daa dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.
Qosay, Ahmad. 2015. “Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Fiqh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTS Khazanah Kebajikan Pondok Cabe.” Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatulloh.
Rahmadani, Devi. 2020. “Implementasi Problem Based Learning dalam Materi Makanan halal dan haram di Smpn 03 Tanggerang Selatan.” Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatulloh.
Rosalina, Iga. 2012. “Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Bergulir di desa Mantren kec. Karangrejo Kabupaten Madetaan”. Jurnal Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 1 No. 1
Rusman. 2010. Model-model pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet. Ke-3. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Sanjaya,Wina. 2006. Srategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sri wahyuningsih, Endang. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana, Nana. 2010. Cara belajar siswa aktif dalam proses belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Agensindo.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susanti, lidia. 2019. Prestasi Belajar. Malang Literasi Nusantara.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Karisma Putra Utama.
Syafi’i Ahmad, 2018. Tri Maryanto dan Siti Kholidatur rodiyah. 2018. “Studi tentang Prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhinya”. Surabaya: Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 No. 2.
Tim Penyunting. 2011. Pedoman Penelitian Skripsi Jurusan Tarbiyah PAI. Pekalongan: Perpustakaan STAIN Pekalongan Press.
Untung, Moh Slamet. 2019. Metodologi Peneltian. Yogyakarta: Litera.
23SK2321286.00 | SK PAI 23.286 ARI e | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain