SKRIPSI PAI
Implikasi Kegiatan Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (Matan) Dalam Pembentukan Akhlak Anggota di IAIN Pekalongan
Kata kunci: Thoriqoh, MATAN, dan Akhlak
Thoriqoh hadir di masyarakat dikenal sebagai aliran dari kalangan tua. Pada era digital seperti sekarang ini justru yang paling rentan terhadap kemaksiatan dan krisis akhlak adalah dari kalangan muda. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu tentang pelaksanaan kegiatan MATAN di komisariat IAIN Pekalongan yang betujuan untuk mengetahui mengenai pelaksanaan dari kegiatan MATAN yang ada di komisariat IAIN Pekalongan, dan juga dengan rumusan masalah tentang bagaimana implikasi kegiatan MATAN dalam pembentukan akhlak anggota di IAIN Pekalongan dengan tujuan untuk mengetahui apakah mahasiswa yang ikut dalam thoriqoh atau minimal ikut gabung dalam organisasi Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al Mu'tabarah An Nahdliyyah atau MATAN dapat membentengi kalangan muda untuk selalu berhati-hati dalam bertindak dan memiliki akhlak yang baik. Kegiatan MATAN yang mensinergikan antara kemampuan spiritualitas, nasionalitas, dan intelektualitas dari generasi muda, dan terkhusus dari mahasiswa. Objek penelitian ini adalah kegiatan dari Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al Mu'tabaroh An Nahdliyyah (MATAN).
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Tempat penelitian di Kuripan kidul gang 21, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, dan waktu penelitian dari bulan Juli 2021 sampai dengan bulan Agustus 2021. Sumber data yang diambil adalah melalui sumber data primer yang diambil dari pembina, pengurus, dan anggota MATAN IAIN Pekalongan, dan sumber data sekunder diambil dari dokumen atau sumber tertulis berupa laporan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisa kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yang pertama adalah dalam pelaksanaan kegiatan MATAN di komisariat IAIN Pekalongan terdiri dari berbagai kegiatan thoriqoh yang berkaitan dengan pembentukan spiritualitas, dan juga jiwa nasionalisme maupun intelektualitas dari anggota maupun pengurus. Kegiatan tersebut adalah kegiatan rutin mingguan, kegiatan rutin bulanan, kegiatan pengkaderan, dan kegiatan khidmahlil-ummah. Hasil penelitian yang kedua yaitu mengenai implikasi kegiatan MATAN dalam pembentukan akhlak anggota di IAIN Pekalongan, dalam kegiatan MATAN tidak terlepas dari bimbingan maupun arahan dari penasehat maupun pembimbing. Pembentukan akhlak mahmudah dari pengurus maupun anggota MATAN IAIN Pekalongan terbentuk melalui kegiatan yang diikuti dan yang paling berdampak pada pembentukan akhlak yaitu seperti kegiatan dzikir, sholawat, dan juga kegiatan yang berupa suluk dan khidmah lil ummah, sehingga implikasi atau dampak terhadap komisariat MATAN IAIN Pekalongan dapat dilihat dari perilaku pengurus maupun anggota yang memiliki sifat tawadhu’ dan juga ta’dim terhadap sesama terlebih kepada guru.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, Taufik dan Rusti Karim. 1989. Metodologi Penelitian Agama (Sebuah/ Suatu Pengantar). Yogyakarta: Tiara Wacana.
Ahmad, Fathoni. “Tiga Macam Jenis dan Definisi Akhlak Menurut Kiai Said”. https://www.nu.or.id/post/read/126561/tiga-macam-jenis-dan-definisi-akhlak-menurut-kiai-said. Diakses pada tanggal 29 Mei 2021.
Al-'Adawy, Musthafa. tt. Fikih Akhlak. Jakarta: Qishti.
Anekasari, Rahmi. 2017. "Pendidikan Akhlak Sebagai Ruh Pendidikan Islam". Dalam Hikmatuna: Journal for Integrative Islamic Studies. STAIN Pekalongan, vol. III, no. 1.
Anonim. “Inilah 45 Thariqah Mu’tabarah Nahdlatul Ulama”. https://www.muslimoderat.net/2019/04/inilah-45-thariqah-mutabarah-nahdlatul.html. Diakses pada tanggal 4 Juni 2021.
Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanto, Fahry. 2019. "Peran Guru PAI pada Proses Pembentukan Akhlak Siswa SMP Al Imam Metro Kibang Kelas IX". Metro: Skripsi Sarjana Pendidikan IAIN Metro.
Atjeh, Aboebakar. 1985. Pengantar Ilmu Tarekat. Solo: Ramadhani.
Azwar, Saifudin. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bahruddin, KH. Sholeh. 2012. Sabilus Salikin. Pasuruan: Pondok Pesantren NGALAH.
Fahrurrozi. 2013. "Peranan Majlis Zikir dan Shalawat dalam Pembentukan Akhlak Remaja". Jakarta: Skripsi Sarjana Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Faizin, Muhammad. “Kiai Said Jelaskan Beda Tasawuf dan Akhlak”. https://www.nu.or.id/post/read/126478/kiai-said-jelaskan-beda-tasawuf-dan-akhlak. Diakses pada tanggal 29 Mei 2021.
Fitriyah, Arifatul. 2016. "Organisasi Remaja dalam Pembentukan Akhlak di Masyarakat (Studi Organisasi Karang Taruna di Dusun Rembes, Desa Gunungtumpeng, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang)". Salatiga: Skripsi Sarjana Pendidikan IAIN Salatiga.
Hamzah dan Nasrul. 2020. "Kontribusi Tarekat Naqsyabandiyah dalam Membangun Pendidikan Akhlak Mulia". Dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. Riau. vol. II, no. 5.
Hajjaj, Muhammad Fauqi. 2011. Tasawuf Islam dan Akhlak. Jakarta: Amzah.
Hanafi, Ifan. 2020. "Upaya "Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu'tabaroh An-Nahdliyyah" dalam Mencegah Paham Radikal di Kota Malang". Malang: Tesis Pasca Sarjana Pendidikan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Hanif, A. Rifqy., dan Abdul Khobir. 2016. "Konsep Akhlak Seorang Peserta Didik dalam Mencari Ilmu Menurut Kiai Ahmad Sakhowi Amin (Kajian Kitab Miftah Al Akhlak". Dalam Forum Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam. STAIN Pekalongan. vol. XI, no. I.
Hidayah, Lailatul. Sekertaris MATAN IAIN Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan, 18 Agustus 2021.
Ilyas, Yanuar. 2004. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: LPPI.
Istiqomah, Nurul. Wakil Sekertaris MATAN IAIN Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan, 23 Juli 2021.
JUKNIS (Petunjuk Teknis), Penyelenggaraan Tertib Administrasi Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al Mu’tabarah An Nahdliyyah Tahun 2020
Kautsar, Zulfani Indra. 2009. "Kegiatan Pengajian Remaja dan Kontribusinya terhadap Pembentukan Akhlak Generasi Muda (Studi Kasus di Kp. Kandang Kelurahan Duren Seribu Sawangan Depok)".
Jakarta: Skripsi Sarjana Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Khanafi, Imam. Pembina MATAN IAIN Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan, 3 Juli 2021.
Kholid, A. R. Idham. 2018. "Menuju Tuhan Melalui Tarekat (Kajian tentang Pemikiran Tasawuf)". Dalam Jurnal Yaqzhan. Cirebon. vol. IV. No. 1.
Ma’arif, Imam. Ketua Umum MATAN IAIN Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan, 31 Agustus 2021.
Masroni, Kyai M. “Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba'alawi”. Disampaikan diacara SULUK MATAN 1 tingkat JATENG. Semarang, 20 Desember 2019.
Milania, Wanda. Wakil Bendahara MATAN IAIN Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan, 1 Agustus 2021.
Muftadin, Dahrul. Pembina MATAN IAIN Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan, 1 Juli 2021.
Nurdin, Cahyadi. “Perbedaan: Pendidikan Karakter, Moral dan Akhlak”. https://geotimes.co.id/opini/perbedaan-pendidikan-karakter-moral-dan-akhlak/. Diakses pada tanggal 27 Februari 2021.
Nurohman, Wahyu. 2018. "Pendidikan Akhlak dalam Tarekat Organisasi MATAN (Mahasiswa Ahli Al-toriqoh Al-mu'tabaroh An-Nahdiyyah) di UIN Sunan Kalijaga". Yogyakarta: Skripsi Sarjana Pendidikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pangestu, Maulana Mujiarto. 2021. “Upaya Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah dalam Penanaman Jiwa Nasionalisme di IAIN Pekalongan”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Pekalongan:
Perpustakaan IAIN Pekalongan.
Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan, 2019.
Ramayulis. 2013. Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.
Saebani, Beni Ahmad., dan Abdul Hamid. 2010. Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.
Sari, Lina Farah Intan. Anggota MATAN IAIN Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan, 30 Juli 2021.
SOP (Standard Operation Procedur), Juknis MATAN, Sidang Pleno A, 17 Januari 2018.
SOP (Standard Operation Procedur), Penyelenggaraan Tertib Administrasi Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al Mu’tabarah An Nahdliyyah Tahun 2020.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman. 2015. "Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Ajaran Tarikat Naqsyabandiyah di Persulukan Babussalam Langkat". Dalam Analytica Islamica. Medan. vol. IV, no. 2.
Sukardi (Ed.). 2001. Salat dalam Perspektif Sufi. Bandung: Remaja.
Sutan M, Muhammad. “Akhlak Santri, Kyai, dan Wali Santri; Membangun Ekosistem Pendidikan Islami”. https://jatman.or.id/akhlak-santri-ulama-dan-wali-santri/. Diakses pada tanggal 29 Mei 2021.
Sutan M, Muhammad. “Sejarah MATAN”. https://JATMAN.or.id/ini-sejarah-singkat-lahirnya-MATAN/. Diakses pada tanggal 26 Mei 2021.
Sutiono, Riki., Haris Riadi, dan Abdul Wahid. 2017. "Akhlak dalam Perspektif Al-Qur'an". Dalam Akademika: Jurnal Pendidikan. STAIN Bengkalis. vol. XIII, nol. 2.
Ulum, Mokhamad Miptakhul. 2016. "Relasi Pendidikan Akhlak dan Ilmu Laduni menurut Imam Al-Gazali". Dalam Hikmatuna: Journal for Integrative Islamic Studies. Tegal. vol. II, no. 1.
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: Litera.
Wati, Melina. Anggota MATAN IAIN Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan, 30 Juli 2021.
Yahya, Habib Muhammad Lutfi bin Ali. Ro’is ‘Am JATMAN. Disampaikan diacara Deklarasi MATAN Muktamar Xl JATMAN. Malang, 13 Januari 2012.
Yudhoyono, Susilo Bambang. Presiden RI ke-6. Disampaikan diacara Pembukaan Muktamar Xl JATMAN. Malang, 11 Januari 2012.
23SK2321283.00 | SK PAI 23.283 SIT i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain