SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Penyajian Data di Kelas VII SMPN 2 Ampelgading
Rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya di SMPN 2 Ampelgading memrlukan suatu model pembelajaran yang baru. Model pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repetition bisa menjadi solusi untuk mengatasi permaslaahan tersebut. Maka diperlukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repetition terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMPN 2 Ampelgading pada materi penyajian data.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Ampelgading yang berjumlah 240 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan VII G sebagai kelas control yang berjumlah 30 siswa. Instrument penelitian ini adalah tes berbentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan ada-lah menentukan nilai rata-rata skor dan simpangan baku, uji normalitas, uji ho-mogenitas dan uji hipotesis.
Kesimpulan penelitian ini menyatakan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repetition (AIR) terhadap hasil belajar matematika siswa materi penyajian data di kelas VII SMPN 2 Ampelgading. Hal ini terbukti sesuai data yang diperoleh yaitu nilai rata-rata = 83,56, dan nilai signif-ikan 0,001 < 0.05 yang artinya menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repetition (AIR) lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dibanding-kan dengan proses kegiatan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
23SK2326133.00 | SK TM 23.133 ANI p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain