SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Matematika Menggunakan Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Islam YMI Wonopringgo
Media pembelajaran berperan penting dalam menunjang pembelajaran. Peran media tidak akan berjalan efektif apabila penggunaannya tidak sesuai dengan isi serta tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Media pembelajaran matematika merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk memahami kemampuan pembelajaran matematika, serta dapat digunakan untuk memenuhi kemampuan pembelajaran dan dapat mendorong siswa dalam proses pembelajaran matematika.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi, bagaimana pengembangan media, apakah media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis, serta bagaimana kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan macromedia flash 8 pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi kriteria valid dan praktis, serta dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran untuk mendorong siswa aktif di kelas, dan dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 3D yang meliputi 3 tahap yaitu Design, Devine dan Develop. Tim validator terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Keefektifan produk diambil dari post-test yang dilakukan oleh siswa. Kepraktisan produk diambil dari angket uji praktikalitas yang diberikan kepada siswa kelas VIII SMP Islam YMI Wonopringgo.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata sebesar 3,618 dengan ketegori sangat valid, hasil validasi ahli materi menunjukkan rata-rata sebesar 3,363 dengan kategori valid, dan hasil validasi ahli bahasa menunjukkan rata-rata sebesar 3,633 dengan kategori sangat valid. hasil praktikalitas dari angket yang diberikan kepada siswa diperoleh rata-rata sebesar 3,368 dengan kriteria praktis. Hasil uji coba produk yaitu dengan hasil post-test siswa dengan perolehan rata-rata sebesar 70,833 dengan kriteria efektif. Dengan demikian, maka media pembelajaran animasi matematika menggunakan macromedia flash 8 valid, praktis, dan sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.
23SK2326132.00 | SK TM 23.132 VIR p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain