SKRIPSI PAI
Pengaruh Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santriwan-Santriwati Madrasah Diniyah Al-Musytarsyidin Masin Kabupaten Batang
Kata Kunci: metode demonstrasi , kemampuan membaca Al-Qur’an
Membaca Al-Quran merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang islam, karena mengandung banyak sekali manfataat untuk kehidupan di dunia dan kehidupan di akhirat nanti, maka metode demonstrasi adalah salah satu cara penyampaian materi dengan memperagakan atau mempertunjukan kepada siswa suatu proses situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik sebenarnya ataupun tiruan yang sering disertai dengan penjelasan lisan sehingga dapat menambah kemampuan membaca Al-Qur’an bagi santriwan-santriwati dimadrasah diniyah Al-Musytarsyidin masin kabupaten Batang.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti akan memaparkan masalah yaitu:1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dengan pembelajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. 2)Apakah terdapat pengaruh metode demonstrasi dalam pembelajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santriwan-santriwati Madrasah Diniyah Al-Musytarsyidin Masin Kabupaten Batang. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode demonstrasi dengan pembelajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode demonstrasi dalam pembelajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santriwan-santriwati madrasah diniyah Al-Musytarsyidin Masin Kabupaten Batang. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian lapangan . Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu semua siswa kelas 1 sejumlah 36 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi..
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis penerapan metode demonstrasi dengan pembelajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an menunujukan adanya pengaruh dimana nilai t hitung = 4,125 pada tingkat signifikasi 5 % dan nilai t tabel = 2,032, maka t test 4,125 > t tabel 2,032 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan variabel independen berpengaruh terhadap signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi dalam lam pembelajaran ilmu tajwid. Besar pengaruh penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an adalah 33,4 %.
DAFTAR PUSTAKA :
Akbar, Eliyyil. 2020 Winataputra.model-model pembelajran inovatif. Yogyakrta: universitas terbuka
Amri, Muhammad Amir. 2019. Ilmu Tajwid Praktis.Batam: Pustaka Baitul Hikmah Harun Ar-Rasyid,
Annuri, Ahmad.2007. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur‟an & Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Arikunto, Suharismin. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
As-Sirjani, Raghib. 2011. Peradaban Islam pada masa dunia. Jakarta: Al-Kautsar
As-Suyuthi, Alaudin.2008 al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’ān. Bairut: Ar- Risalah Nashirūn.
Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Rizzmedi
Basri, Hasan al Kufi. 2007. Pena Al- Qur’an juz ‘Amma Tajwid Terjemah dan Transliterasi latin. cet. 2. Jakarta: Pena Pundi Aksara, hal.4. Jurnal Paramurobi. Vol. 1. No. 1. Januari-Juni 2018
Bidju, Roni Harianto. 2020. peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi. cet.ke-1. Malang: CV.Multimedia Edukasi.
Charisma, Moh,Khadziq. 1991. Tiga Aspek Kemukjizatan Al-Quran. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Darmadi, 2017. Pengembangan model metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. cet.ke-1. Yogyakarta :Deepublish
Djamarah, Syaiful Bahri dan Awan Zain. 2014.Strategi Belajar Mengajar. cet.ke-5 Jakarta: Rineka Cipta.
Drajat, Zakiah. dkk . 1991. ilmu pendidikan islam. Cet.1 Jakarta: Bumi Aksara.
Fauzi, Anis. Hasbullah & Aep Saepul Anwa.2016 Pengantar Metodologi Studi Islam Edisi Revisi. Serang: FTK Banten Press.
Fauziyah, Isyraq. 2021. IAIN Syekh Nur Jati Cirebon. Pengaruh penerapan metode demontrasi dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an secara tartil siswa SMA islam Al-Azhar 5 kota Cirebon. Misykah :Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Hamid, Alaudin. 2002. Study Ulumul Qur’an. Jakarta: Inti Media Cipta Nusantara,
Hanafi, Tajwid Praktis. 2009. Jakarta: Bintang Indonesia.
Hanum, Zulfa. Alfi Syahr. 2016. Membentuk Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim Bagi Masyarakat. Jurnal: Intizar
Hardini, Isriani. 2015. Strategi Pembelajaran Terpadu Teori konsep implementasi) Cet, ke-1 Yogyakarta: Graha Ilmu
Hasbullah, 2005. dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada
Helmi.Khoirulloh, 2018. Peran Guru Madrasah Diniyah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hadrah Al-Banjari Di Madasah Diniyah arul Hijrah PrigenPasuruan. Skripsi. Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. .
Kambela, Adam Dwi. skripsi berjudul. Pengaruh Pemahaman Ilmu Tajwid Terhadap Keterampilan Membaca Al Quran Siswa Kelas VII SMPN 17 Kota Bengkulu.
Makkah, Zuhairotil. 2021. guru madrasah diniyah Al-musytarsyidin Masin kabupaten Batang. wawancara pribadi .
Mangun, Wardoyo Sigit. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Cet.ke- 1 Yogyakarta: Graha Ilmu
Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusydiyah. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dari teori ke praktik. Cet. Ke -2. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Muhaemin, 2008. Al-Quran dan Hadits untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Muhtasi, Nasrul. 2022. guru Madrasah Diniyah Al-Musytarsyidin Masin Kabupaten Batang wawancara pribadi.
Mustakim, Zaenal. 2011. strategi dan metode pembelajaran. Pekalongan :STAIN Pekalongan pres.
Muthriqoh, 2019. Skripsi berjudul pengaruh pelajaran tajwid terhadap kemampuan membaca Al- Quran di Madrasah Diniyah Salafiyyah Al-Ittihaad 2 Pasir Lor Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.FTIK IAIN Purwokerto
Nadhifah, Fadatun. 2016. Hubungan Penguasaan Ilmu Tajwid Dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri Putri Di Pondok Pesantren Modern Al-Qur’an Buaran Pekalongan, Skripsi. Semarang
Najibullah, Abu Saiful Bahri al-Ghorumy2011. Pedoman Ilmu Tajwid Riwayat Hafsh. Blitar: Usmani Offset.
Nasution, Nur Wahyudin. 2017. Strategi Pembelajaran . Cet.ke-1 Medan: Perdana Publishing
Nizan, Abu. 2008. Buku Pintar Al-Qur’an . cet. 1. Jakarta: Quantum Media,. Jurnal Paramurobi. Vol. 1. No. 1. Januari-Juni
Poerwadarminto, WJS. 1987. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwadarminta, 1985. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka,
Purwanto, Ngalim. 2007. psikolois Pendidikan Bandung:Remaja Rosdakarya
Putro, Eko. Widoyoko. 2012. Teknik penyusunan instrument penelitian4 . Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
S. Winataputra, Udin. 2005. model-model pembelajran inovatif. Yogyakrta: universitas terbuka
Sa’diyah, Chalimatus. 2021. Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Mahasiswa Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta . Qiro’ah Jurnal Pendidikan Agama islam vol.11| https://ejurnal .iiq.ac.id/index. php/Qiro’ah.
Sahmiar, Dharmawati 2021. Pembelajaran Tajwid Bagi Anak Berbasis Teknologi Informas. inovasi dan penerapan ipteks
Saifuddin, Azwar. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta ; pustaka pelajar offset
Salafuddin. 2010 .statistika terapan untuk penelitian sosial. pekalongan: STAIN pekalongan press.
Shams, Madyan,Adam. 2008. Peta Pembelajaran al-Qur‟an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sholikhah. Lailatush. 2019. Pengaruh Penguasaan Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas VIII di MTs Fatahillah Bringin Ngalian Semarang‟FTIK UIN Walisongo Semaran.
Sudijono, Anas. 2003. pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja grafindo Persada
.
Sugiyono, 2014. metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Al fabeta
Sulistiyiowati, Sholhah. 2001. Cara Belajar yang efektif Dan Efesien. Pekalongan: Cinta Ilmu .
Syafi’I, Mahmud. 1997. Pelajaran Tajwid. Semarang: MG. Semarang.
Syafri, Fatrima Santri. 2016. Pembelajrana matematika. cet.ke-1. Yogyakarta: Matematika.
Syarifuddin, Ahmad. 2008. Mendidik anak membaca Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. jakarta: Gema Insani.
Tanfidiyah, Nur. 2017. Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak Usia Dini. e-Journal UIN Sunan Kalijaga Yogyakart.
Taniredja, Tukiran dan Hidayati Mustafida . 2021. Penelitian Kualitatif. Bandung ;Al fabeta
Tanzeh, Ahmad. 2011. metodelogi penelitien praktis. Yogyakarta :Teras .
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Permada Media Group.
Untung, Slamet. Metodologi Penelitian. cet. ke- Yogyakarta: Litera.
Wahyudi, Ismi dan B.Anggit Wicaksono.2017. Pengelolaan LAB IPA. cet ke-1. Yogyakarta: Graha Ilmu
Wida, Nur. 2020. berjudul pengaruh pelaksanaan program tadarus pagi dan motivsi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X SMA bakti ponorogo tahun ajaran.
Winarsunu, Tulus. 2002. Statistik Psikologi Pendidikan. Magelang: UMM Press.
Yamin, Sofyan Lien A. Rachmach. dan Heri Kurniawan. 2011. Regresi dan Korelasi dalam Genggaman. Jakarta: Salemba Empat.
Yusuf, Hanif Syam. 2008. Fasih Baca Al-qur’an Ilmu Tajwid bagi Pemula. cet. 1, Yogyakarta: Tugu Publisher.
23SK2321281.00 | SK PAI 23.281 AHM p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain