SKRIPSI PAI
Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Gemar Membaca Al-Qur'an Pada Anak di Desa Keputran Kelurahan Kauman Kota Pekalongan
Kata Kunci: Pola Asuh, Perilaku Gemar Membaca Al Qur’an
Dalam Islam pendidikan Al Qur’an begitu penting kehadirannya sehingga menjadi pendidikan yang sangat ditekankan oleh Rasulullah Saw. Kebiasaan baik buruk aktivitas baca Al Qur’an pada diri anak ditentukan oleh pendidikan yang didapatinya dari lingkungan terdekat yaitu orang tua. Namun, fenomena yang terjadi kini semakin terlihat merosotnya kegemaran anak didalam melakukan aktivitas membaca Al Qur’an. Perilaku kurang gemarnya anak membaca Al.Qur’an ditunjukkan secara langsung oleh beberapa anak khususnya di Desa Keputran RT 006/ RW 004 yang dalam hal ini menjadi tempat penelitian. Oleh karenanya, diperlukan pola pengasuhan orang tua yang lebih tepat agar anak memiliki perilaku gemar membaca Al Qur’an sebagai aktivitas yang melekat dikeseharian.
Adapun tujuan dari penelitian ini guna mengetahui bagaimana pola asuh orang tua dalam membentuk perilaku gemar membaca Al.Qur’an pada anak di Desa Keputran Kelurahan Kauman Kota Pekalongan, serta bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat pola asuh orang tua dalam membentuk perilaku gemar membaca Al Qur’an pada anak di Desa Keputran Kelurahan Kauman Kota Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, melalui tiga langkah utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua dalam membentuk perilaku gemar membaca Al Qur’an pada anak terbagi menjadi 3 bentuk pola asuh. Tiga orang tua bertipe pola asuh permisif, menghasilkan anak cenderung semena-mena dan suka membantah perintah membaca Qur’an orang tua. Satu orang tua bertipe otoriter, yang kurang baik diterapkan karena anak cenderung hanya mematuhi perintah baca Al Qur’an jika dalam pengawasan orang tua saja. Satu orang tua bertipe pola asuh demokratis, yang sangat efektif jika diterapkan karena melihat hasil anak cenderung penurut dan memiliki sikap gemar membaca Al.Qur’an. Faktor pendukung dan penghambat diklasifikasikan menjadi dua, yakni faktor internal (pribadi anak); minat dan kebutuhan. Kedua faktor eksternal; keluarga (orang tua), pergaulan teman sebaya, perhatian masyarakat terhadap kegiatan agama dan penggunaan gadget secara berlebihan pada anak.
DAFTAR PUSTAKA :
Afidah, Hanik Suci Nur. 2017. Pembiasaan Membaca Al Qur’an pada Siswa diSMP N 3 Pengadegan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Skripsi: IAIN Purwokerto.
Agustina, Nanda Rahayu. 2022. “Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Religius Anak melalui Baca Tulis Al-Qur’an di Desa Lau Gumba”. Dalam Jurnal: Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa. Vol. 16. No IV. Fakultas Agam Islam dan Humaniora Universitas Dharmawangsa Medan.
Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Religius Anak Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Di Desa Lau Gumba | Agustia | Warta Dharmawangsa
Amri, Muhammad. 2019. Ilmu Tajwid Praktis. Batam: Pustaka Baitul Hikmah Ar-Rasyid.
Andriani, Astri Dewi., dkk. 2022. Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi. Makassar: TOHAR Media.
Anekasari, Rahmi. 2017. Psikologi Perkembangan: Bacaan Wajib (Calon) Orangtua dan Pendidik. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Astutiningrum, Ririn dan Ratnani Latifah. 2020. Be Qur’an Livers. Sidoarjo: Genta Hidayah.
Ath-Thuri, Hannan Athiyah. 2007. Mendidik Anak Perempuan di Masa Kanak-kanak. Jakarta: Majalah Al-Bayan.
Ayuhan. 2018. Konsep Pendidikan Anak Salih dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Clara, Evy dan Ajeng Agrita Dwikasih Wardani. 2020. Sosiologi Keluarga. Jakarta: UNJ PRESS.
Darwis dan Syaipuddin. 2022. Psikososial dan Budaya Keperawatan. Banyumas: Wawasan Ilmu.
Dewi, Rr Vemmi Kesuma., dkk. 2021. Pendidikan Ramah Anak. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).
Fadli, Akhmad Dzul. 2018. “Upaya Orang tua dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Anak dalam Keluarga (Studi di Masjid Umair bin Abi Waqosh Kampung Batu Gede RT 004 RW 007 Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor)”. Dalam Jurnal: ProsA PAI (Prosiding Al.Hidayah: Pendidikan Agama Islam). Vol. 1. No. I. STAI Al Hidayah Bogor.
http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/299
Faris, Abdul Qadir Abu. 2005. Menyucikan Jiwa. Jakarta: Gema Insani.
Fiantika, Fenny Rita dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Fitriyani, Listi. 2015. “Peran Pola Asuh Orang tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak”. Dalam Jurnal: Lentera. Vol. 18. No. I. PAUDI IAIN Samarinda.
Hanafi, Ahmad. 2020. Bersahabat dengan Al Qur’an. Bogor: Guepedia.
Hasanah, Uswatun. 2021. Konsep Pendidikan Keluarga “Al-Madrasah Al-Ula”: Kajian Pemikiran Al-Ghazali (Temanggung: Yayasan Pendidikan Tinggi Nusantara (YAPTINU)).
Jamaluddin, Dindin. 2013. Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Joni, Rama. 2020. “Strategi Guru Agama Desa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Warga Desa”. Dalam Jurnal: Journal of Education and Instruction) Vol. 3. No. I. IAIN Curup Bengkulu.
Strategi Guru Agama Desa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al.Quran Warga Desa - Repository IAIN Curup
Kurniawan, Fajar. 2018. “Pola Pembiasaan Orang Tua Mendidik Anak Membaca Al-Qur’an Dalam Rumah Tangga Di Perumahan Bukti Residen Rt 03 Rw 01 Kelurahan Sumur Dewa Kecamatan Selear Kota Bengkulu”. Dalam Jurnal: Al-Bahtsu. Vol. 3. No. II. Prodi PAI Pascasarjana IAIN Bengkulu.
M. Nurhidayat dan Syaikh Abi Zakariya an-Nawawi asy-Syafi’i. 2018. Menjadi Sahabat Al-Qur’an Panduan Lengkap Step by Step. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Mahmud. 2020. “Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Kemampuan Membaca Al-Quran pada Anak di Desa Padang Tanggul Kabupaten Hulu Sungai Utara”. Dalam Jurnal: Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan. Vol 14. No. I. STAI Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai Kalimantan Selatan.
Pola Asuh Orang Tua Dalam Membina Kemampuan Membaca Al-Quran pada Anak Di Desa Padang Tanggul Kecamatan Amuntai Selatan | Mahmud | Al.Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (stiq-amuntai.ac.id)
Mahmud, Heri Gunawan dan Yuyun Yulianingsih. 2013. Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Sebuah Panduan Lengkap bagi Para Guru, Orang Tua, dan Calon. Jakarta: Akademia Permata.
Masni, Harbeng. 2016. “Peran Pola Asuh Demokratis Orang tua terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa”. Dalam Jurnal: Ilmiah Dikdaya. Vol. 6. No. I. FKIP Universitas Batanghari Jambi.
http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/41
Media, Alita Aksara. 2021. Ensiklopedia Al-Qur’an dan Hadis per Tema. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Mujib, Abdul. 2007. Kepribadian dalam Psikologi Idlam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Musbikin, Imam. 2021. Penguatan Karakter Gemar Membaca, Integritas dan Rasa Ingin Tahu. Bandung: Nusa Media.
Ni’matuzahroh. 2021. Psikologi dan Intervensi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Malang: UMM Press.
Noya, Andris. 2021. Pendidikan Papa Mama. Indramayu: Penerbit ADAB.
Nur, Muhammad Ilham. 2017. Ketika Al-Quran Tak Lagi Diagungkan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Nurachma, Evy dan Dwi Hendriyani, dkk. 2020. Pengaruh Pasangan Pernikahan Dini terhadap Pola Pengasuhan Anak. Jakarta: NEM.
Nurhidayat, M. dan Syaikh Abi Zakariya an-Nawawi asy-Syafi’i. 2018. Menjadi Sahabat Al-Qur’an Panduan Lengkap Step by Step. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Nurhayati. 2017. “Peran Orang Tua Menumbuhkan Minat Baca Al-Qur’an (di Desa Lamdom Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh)”. Dalam Jurnal: Serambi Tarbawi, (Studi Pemikiran, Riset dan
Pengembangan Pendidikan Islam). Vol. 5. No. I. Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh.
https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/view/1268
Purwati, Titik., dkk. Menumbuhkan Gemar Baca Anak. 2022. Kuningan: Goresan Pena.
Puspita, Sylvie. 2020. MONOGRAF: Fenomena Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Rif’an, Ahmad Rifa’I. 2011. Tombo Ati (Menyingkap 5 Rahasia Kebahagiaan Muslim). Jakarta: PT Elex Media Komputino.
Rukin. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Saifillah, M. Shoffa Al-Faruq dan Sukatin. 2021. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Sari, Puput Purwita. 2018 “Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca”. Dalam Jurnal: Raushan Fikr. Vol. 7. Juli. II. IAIN Purwokerto.
Sau’ud, Udin Syaefudin., dkk. 2021. Model Pembelajaran Membaca Terpadu Berbasis Sastra Anak untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Shihab, M. Quraish. 1994. Membumikan Al Qur’an: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Surabaya: Mizan.
Simarmata, Janner., dkk. 2019. Inovasi Pendidikan Lewat Tranformasi Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Subagia, I Nyoman. 2021. Pola Asuh Orang Tua: Faktor, Implikasi terhadap Perkembangan Karakter Anak. Bandung: Nilacakra Publishing House.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Suryani, Hesti. 2022. Pola Asuh Orang tua dalam Membimbing Anak Membaca Al-Qur’an di Desa Tanjung Besar Kecamatan Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan. Skripsi: UINFAS Bengkulu.
Suwarno. 2016. Tuntunan Tahsin Al Qur’an. Yogyakarta: Deepublish.
Syarifuddin, Ahmad. 2008. Mendidik Anak Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: GEMA INSANI.
Umrati dan Hengki Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: STT Jaffray.
Wahib, Abdul. 2015. “Konsep Orang tua dalam Membangun Kepribadian Anak”. Dalam Jurnal: Paradigma. Vol. 2. No. I. STAI Ma’arif Magetan.
Wahyuning, Wiwit., dkk. 2003. Mengkomunikasikan Moral Kepada Anak. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Wajdi, Muhammad Farid. 2020. Kun Ibadurrahman. Surabaya: Genta Hidayah.
Yanti, Illi. 2022. Dariku Untukmu: 13 hal yang Kuberikan Kepadamu. Sukabumi: CV Jejak.
Yuliansyah, Muhammad dan Meilya Farika Indah, dkk. 2021. Resistensi Akademik di Tengah Pandemi COVID 19. Kalimantan: Buat Buku.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Zakaria, Muhamad. 2008. Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak (Studi Kasus di Dusun Paleman baru RT 33 A, Rejowinangun, Kotagede, D.I.Yogyakarta).
Skripsi: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Zakariah, M. Askari., dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Action Research, Research And Development (R And D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warahmah.
Zulkifli, Muhammad. 2016. “Pembentukan Karakter Gemar Membaca Al.Qur’an”. Dalam Jurnal: Madrasah Ibtidaiyah MUALLIMUNA. Vol. 1. No. I. Malang.
https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/385
23SK2321280.00 | SK PAI 23.280 NUR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain