SKRIPSI PAI
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 7 Mlarak Ponorogo
Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Akhlak.
Pembelajaran merupakan proses belajar mengajar di kelas dengan guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik. Berhasil atau tidaknya proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembentukan akhlak siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 7 Mlarak Ponorogo tergantung pada guru yang mengajar dan siswa yang diajar.
Adapun rumusan masalah dari permasalahan tersebut adalah 1. Bagaimana (implementasi) pembelajaran Pendididikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembentukan akhlak siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 7 Mlarak Ponorogo? 2. Apa saja Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembentukan akhlak siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 7 Mlarak Ponorogo?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan mengambil tempat di SMP Muhammadiyah 7 Mlarak Ponorogo. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas VIII, Guru PAI, dan siswa kelas VIII. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembentukan akhlak siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 7 Mlarak Ponorogo di kelas sudah berjalan dengan baik, akan tetapi perlu adanya kegiatan-kegiatan tambahan yang menunjang pembentukan akhlak siswa menjadi lebih baik lagi. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembentukan akhlak siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 7 Mlarak Ponorogo. Faktor pendukungnya adalah a) Guru PAI professional dibuktikan dengan sertifikat pendidik PAI, b) Menggunakan metode dan strategi yang sesuai dengan prosedur sekolah serta menarik sehingga siswa mudah menyerap pembelajaran tersebut, c) Lingkungan sekolah yang berada di komplek perguruan Muhammdiyah dan adanya sarana-prasarana yang memadai, d) Dukungan dari Yayasan, e) Dukungan program kemitraan dari asrama panti Ar-Rahmah, sekolah Muhammdiyah jenjang SMA, dan Universitas Muhammdiyah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah a) Latar belakang siswa yang bervariasi, b) Kurangnya dukungan dari orang tua dalam membiasakan anaknya melakukan akhlak terpuji di rumah, c) Kurangnya kesadaran siswa dalam menerapkan akhlak terpuji di kehidupan sehari-hari.
DAFTAR PUSTAKA :
Amin, Ahmad. 1988. Etika Ilmu Akhlak. Jakarta: PT Bulan Bintang.
Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Azmi, Muhammad. 2006. Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah. Yogyakarta: Belukar.
Basrori & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyadi, Imam. 2012. “Peran Guru Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsari”. El-HIKMAH. Vol. 6. No. 2.
Daradjat, Zakiah dkk. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Farhan. 2017. “Strategi Guru PAI dalam Pembinaan Akhlak Al-Karimah Siswa di SMAN Marga Baru Kabupaten Musi Rawas”. An-Nizom Vol. 2. No. 2.
Gunawan, Heri. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Habibah, Syarifah. 2015. “Akhlak dan Etika dalam Islam”. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 1. No. 4.
Hamdani. 2011. Strategi Pembelajaran. Bandung: Cv Pustaka Setia.
Ilyas, Yunahar. 1999. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI Universitas Muhammadiyah.
Isjoni. 2008. Guru Sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iwan. 2017. “Pendidikan Akhlak Terpuji Mempersiapkan Generasi Muda Berkarakter”. Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah. Vol. 1. No. 1. ISSN 2407-6805.
Kementerian Agama RI. 2013. AL WASIM Al-Qur’an Tajwid kode Transliterasi perkata Terjemah perkata. Cipta Bagus Segara.
Khalik, Rahmat. 2018. “Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Siswa SMK Muhammdiyah 3 Makassar”. Skripsi. Fakultas Ilmu Agama. Makassar: Universitas Muhammdiyah Makassar.
Majid, Abdul dkk. 2012. Pendidikan Karakter Prespektif Islam. Bandung: PT. Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maksudin. 2015. Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam Pendekatan Dialektik. Celeban Timur: Pustaka Belajar.
Maloeng, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustakim, Zaenal. 2011. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: STAIN Press.
Mustofa, Ahmad. 1997. Akhlak Tasawuf. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Nata, Abudin. 2012. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Press.
Nidawati. 2013. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi dan Agama”. Jurnal Pionir. Volume 1. nomor 1. Jilid-Desember.
Pane, Rahmat Fajar. Abdul Rahim. Sulaiman Tuba. 2020. “Efektifitas Pembinaan Akhlak Terhadap Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII MTs. Al-Washliayh Gedung Johor Medan Tahun Pelajaran 2019/2020”. Jurnal Taushiah FAI UISU Vol. 10 No. 1 Januari-Juni.
Patmana, Kiki. 2019. “Efektifitas Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonokerto Kabupaten Pekalongan”. Skripsi. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Media.
Rohayana, Ade Dedi dkk. 2007. Pedoman penulisan Skripsi Program Strata 1 STAIN Pekalongan. Pekalongan: STAIN Press.
Rohmadi, Syamsul Huda. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Araska.
Safitri, Raditya Intan. Sarjuni. dan Mohammad Farhan. 2019. “Efektivitas Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Terhadap Pembentukan Sikap Spiritual Peserta Didik”. Jurnal: Prosiding. Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISULA (KIMU) 2. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Sadirman, Arif S. 2018. Media Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada. cetakan ke-18.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.
Suradji, Muchamad. 2017. “Upaya Guru Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa”. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora. Vol. 4. No. 1.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press. Cet. II.
Tafsir, Ahmad. 1992. Imu Pendidikan dalam Prespektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Tohirin. 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Unawanullah, Arif dan Darmiyati Zuchdi. 2017. “Pendidikan Akhlak Mulia Pada Sekolah Menengah Bina Anak Soleh Tuban”. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Vol. 5. No. 1.
Uno, Hamzah B. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Warasto, Hestu Nugroho. 2018. “Pembentukan Akhlak Siswa Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy Cengkareng”. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi. Vol. 2. No. 1.
Yusuf, Syamsu dan Nani Sugandhi. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Press.
Zuharini dkk. 2004. Metode Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Usaha Nasional.
23SK2321279.00 | SK PAI 23.279 INE p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain