SKRIPSI PAI
Adab Guru Dalam Mendidik Anak Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Al Adab Fi Al Din Dan Relevansinya Bagi Pembelajaran Sekolah di Indonesia
Kata Kunci:Kitab Al-Adab Fi Al-Din, Relevansinya Bagi Pendidikan di Indonesia
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting, khususnya pendidikan yang bermoral yaitu pendidikan akhlaqul karimah. Banyak tokoh Islam yang memiliki kepedulian dan mengkontribusikanpemikirannya mengenai kegiatan belajar dan pembelajaran, antara lain adalah Imam al-Ghazali. Diantara kitab karangan beliau yang fenomenal adalah kitabIhya Ulumuddin. Selain itu, kitab karangan beliau yang merupakan kelanjutan dari kitab Ihya’ Ulumuddin adalah Kitab al-Adab Fi al-Din. Kitab al-Adab Fial-Din memuat penjelasan tentang adab atau budi pekerti dalam menjalanikehidupan sehari-hari untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt dan memperolehRidho-Nya. Salah satu adab yang termaktub dalam kitab al-Adab Fi al-Din adalah adab seorang guru dan peserta didik yang sangat berpengaruh dalam menata nilai moral pada perilaku anak didik (peserta didik) maupun gurukhususnya dan pendidikan Islam di Indonesia pada umumnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian yang penulis kepustakaan (library research), dapat pula disebut dengan istilah studi pustaka yaitu serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian.Teknik yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), dengan menguraikan serta menganalisis dan memberikan pemahaman atas teks-teks yang dideskripsikan.Metode content analysis dipakai untuk mendapat keterangan dari sisi komunikasi, yang ditampilkan dalam bentuk lambang yang terdokumentasi atau didokumentasikan, baik dalam bentuk artikel, jurnal, buku, maupun karya-karya Imam Al-Ghazali
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adab guru yang ideal menurut Al-Ghazali diorientasikan pada adanya pengoptimalan dalam bentuk proses pendidikan atau belajarmengajar yaitu guru harus memiliki sifat tawadhu’, mengedepankan sikap tidak menyombongkan diri, guru harus menjadi sosok yang patut diikuti dan diteladani, guru harus memiliki motivasi yang tinggi dalam pengajaran, dapat mempertimbangkan kemampuan intelektual muridnya, mampu menggali potensi murid dan penuh kasih sayang. 2) Relevansi Adab Guru dalam Kitab al-Adab Fi al-Din dikaitkan dengan konteks pendidikan saat ini adalah, pemikiran Al-Ghazali berusaha membuat dasar bangunan masyarakat moral religius melalui pembinaan moral dengan membiasakan penanaman nilai dan akhlak dalam kegiatan belajar mengajar. Sosok guru yang ideal adalah guru yang memiliki motivasi mengajar dengan ikhlas, tawadhu’, bertindak sebagai orang tua yang penuh kasih sayang kepada anaknya, dapat mengetahui karakteristik kemampuan anak didiknya, mampu menggali kemampuan yang dimiliki siswa, dapat bekerja sama dengan siswa dalam memecahkan masalah dan mencegah murid agar tidak berbuat menyimpang.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah M. Amin. 2002. Filsafat Etika Islam. Bandung: Mizan Media Utama.
Akbar Muhamhmad. 2019. Krisis Adab Guru Dan Murid Di Era Globalisasi. https://www.simpulrakyat.co.id/2019/07/krisis-adab-guru-danmurid-di-era-globalisasi.html
Alaydrus Halimah. 2020. Imam Al-Ghazali Wahai Anakku. Jakarta: Wafa Production.
Al-Bukhari Imam. 2009. Al-Adab Al-Mufr. Jakarta: Griya Ilmu.
AliAtabik, Ahmad Zuhdi Muhdlor. 1998. Kamus Kontemporer Arab Indonesia. Yogyakarta : Multi Karya Grafika.
AliYunasril. 1991. Perkembangan Pemikiran Falsafi dalam Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Al-Mas’udi Hasan,Hafidh. 2012. Akhlaq Mulia Terj. Taisirul Khallaq. Surabaya: Al-Miftah.
Al-Ghazali. 2002. Al-Adab Fi Al-Din. Petuk: Ponpes Hidayatut Thullab.
Alwizar. 2015. Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali. Riau: Potensia: Jurnal Kependidikan Islam vol.14 Edisi 1 Januari-Juni.
Amrullah Aziz. 2015. Pendidik Profesional Yang Berjiwa Islami. Staipana Bangil: Jurnal Studi Islam, Vol 10, No. 1.
Anwar Saeful. 2007. Filsafat Ilmu Al-Ghazali Dimensi Ontologi dan Aksiologi. Bandung: Cv. Pustaka Setia.
Anwar Chairul. 2007. Reformasi Pemikiran (Epistemology Pemikiran Al-Ghazali). Bandar Lampung.
Ath-Thuri Hannan Athiyah. 2007. Mendidik Anak Perempuan di Masa Kanak-kanak. Jakarta: Amzah..
Bahreisi Husein. 1981. Ajaran-ajaran Akhlaq Sufi Imam Al-Ghazali. Surabaya: Al-Ikhlas.
Difani Salsabila,Dkk. 2021. Antologi Esai: Aku Bangga Menjadi Guru, PeranGuru Dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik. Yogyakarta: UAD Press.
Djamarah Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
EfendiAmin. 2018. Pendidik Sebagai Model Dalam Mewujudkan Peserta Didik Yang Berkarakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan,Vol. 2, No. 1.
Fauzan dan Suwito. 2003. Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan.Bandung: angkasa.
Ghafur Waryono Abdul. 2006. Kristologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Grafika.2008. Redaksi Sinar Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI NO. 14 TH. 2005). Jakarta: Sinar Grafika.
Gunawan Heri. 2014. Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Habibah Syarifah. 2015. Akhlak Dan Etika Dalam Islam. PGSD: Jurnal Pesona Dasar, Universitas Syiah Kuala Vol. 1 No. 4.
Hadziq Muhammad Ishom. 2016. Terjemah Adabul ‘Alim wal Muta’allim (Pendidikan Akhlak). Tebuireng: Pustaka Tebuireng.
Harahap Marisa Hannum. 2021. Adab Guru Dan Murid Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Al-Adab Fi’ Al-Din. Padangsidimpuan: Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan.
Haris Abd. 2010. Etika Hamka. Yogyakarta: Lkis.
Hidayatulloh Agus, Siti Irhamah, dkk., 2013. Alwasim Al-Quran Tajwid Kode Transliterasi Per Kata Terjemahan Per Kata. Jakarta: Cipta Bagus Segara.
Huda Nailul, dkk. 2017. Kajian dan Analisi Taklimmuta’allim Kitab Ihya’ulumuddin. Kediri: Santri Salaf Press.
Indonesia Komisi Perlindungan Anak. 2020. Banyak Siswa Stres Hingga Putus Sekolah. Https://Nasional.Tempo.Co/Read/1368389/Belajar-Online-Kpai-Banyak-Siswa-StresHingga-Putus-Sekolah.
Kurniawan Syamsul dan Erwin Mahrus.2013. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mahmud. 2011. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Mawardi Isal. 2020. Viral Guru SMA Di Bekasi Pukul Siswa Di Lapangan. https://news.detik.com/berita/d-4896515/viral-guru-sma-di-bekasi-pukul-siswa-di-lapangan-begini-ceritanya.
Mukarrom Farid. 2020. Pihak Sekolah Di Kediri Angkat Bicara Soal Kasus Kekerasan Verbal Oknum Guru Ke Murid. https://jatim.tribunnews.com/2020/12/23/pihak-sekolah-di-kediri-angkat-bicara-soal-kasus-kekerasan-verbal-oknum-guru-ke-murid.
Mustofa Ahmad. 1997. Filsafat Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Nata Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam 1. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Nata Abuddin. 2000. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam : Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nata Abuddin. 2001. Perspektif Islam tentang Pola Hubungan Guru dan Murid. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nizar Samsul dan Zainal Efendi Hasibuan. 2018. Pendidik Ideal Bangunan Character Building. Depok: Prenada Media Group.
Noorca Dhafintya. 2022. Pelaku Pemerkosaan 13 Santriwati Hingga Hamil Di Bandung Dituntut Hukuman Mati.https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2022/pelaku-pemerkosaan-13-santriwati-hingga-hamil-di-bandung-dituntut-hukuman-mati/.
Noviyanty Enny. 2010. Metode Dalam Pendidikan Islam Analisis Perbandingan Pemikiran Al-Ghazali dan Abdurrahman al-Nahlawi. Pekan Baru: Tesis: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Poerwadarminta. 1976. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Rahmaniyah Istighfarotur. 2010. Pendidikan Etika. Malang: UIN Maliki Press.
Rahmawati dan Abdullah. 2017. Menimbang Gagasan Al-Ghazali Tentang Pendidikan Islam. Gorontalo: Tadbir Jurnal Managemen Pendidikan, Volume 05, Nomor 02.
Rajasa Sutan. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Cendekia.
Ratna Nyoman Kutha. 2007. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra .Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sa’ad Mukhlisin. 2019. Etika Sufi Ibn Al-‘Arabi. Probolinggo: Cv. Mandiri.
Salim Haitami. 2011. Syamsul Kurniawan, Studi Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Salminawati. 2016. Etika Pendidik Perspektif Imam Al-Nawawi. UIN Sumatera Utara: Jurnal Miqot Vol. Xl No. 2.
Sanjaya Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Setiawan Eko. 2017. Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali. Malang: Universitas Brawijaya Malang: Jurnal kependidikan.
Soetjiningsih Cristiani Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Suban Alwan. 2020. Konsep Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali. Makasar: Jurnal Idaarah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Vol. IV No. 1.
Suduiro Darno Edi. 2003. Kiat Menyusun Penelitian. Surabaya: Mandar Maju cetakan kelima.
Sumono. 2019. Adab Guru Menurut Imam Al-Ghazali dalam Kitab Al-Adab Fi Al-Di. Magister Pendidikan Agama Islam. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Sunarti. 2019. Etika Pendidik Dan Relevansinya Dengan Kompetensi Kepribadian Guru. Universitas Islam Malang: Jurnal Turatsuna, Vol. 21, No. 2.
Sunarto, Agung Hartono. 1997.Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Syadani Ahmad. 1997. Filsafat Umum. Bandung: Cv. Pustaka Setia.
Syakur Masyudi. 2008. Biografi Ulama’ Pengarang Kitab Salaf. Jombang: Darul Hikmah.
Tanyid Maidiantius. 2014. Etika Dalam Pendidikan: Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan. Toraja: Jurnal Jaferay, Vol 12, No, 2.
Tobroni Suprayogo. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
WardaniKristi. 2010. Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
Yasin A. Fatah. 2020. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: Malang Press.
Zed Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
23SK2321277.00 | SK PAI 23.277 VIN a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain