SKRIPSI PAI
Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Mengajar Siswa Tunagrahita di SLB Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Kata kunci: Implementasi, Kompetensi Pedagogik, Siswa Tunagrahita.
SLB Wiradesa Kabupaten Pekalongan merupakan pendidikan untuk melayani pembelalajaran bagi siswa berkebutuhan khusus untuk mendapatkan keterampilan dan kemampuan dasar agar dapat mengikuti kurikulum pendidikan di sekolah umum. Di SLB Wiradesa ini merupakan sekolah yang melayani pendidikan khusus bagi siswa dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Salah satu jenis anak berkebutuhan khusus yang ada di SLB ini yaitu tunagrahita. Pendampingan dan juga pengajaran siswa tunagahita tersebut juga menyebabkan peneliti ingin membahas mengenai penerapan guru PAI dalam mengajar siswa tunagrahita. Hal ini yang menjadi penyebab penelitian ini dilakukan.
Rumusan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana implementasi kompetensi pedagogik guru PAI dalam mengajar siswa tunagrahita di SLB Wiradesa Kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kompetensi pedagogik guru PAI dalam mengajar siswa tunagrahita di SLB Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Harapan penelitian ini bisa dijadikan bahan evaluasi untuk lembaga pendidikan lainnya. Apakah implementasi kompetensi pedagogik guru PAI dalam mengajar sudah cukup bagus dalam pelaksanaan pembelajaran atau perlu diadakan sebuah evaluasi dan perbaikan dalam penerapannya.
Penelitian ini menggunakan penelitian studi lapangan atau penelitian kualitatif. Dimana peneliti ikut serta terjun di lapangan guna melakukan verifikasi data yang sudah diperoleh. Sumber data primer penelitian ini berupa interview atau wawancara terhadap pihak yang terkait dalam bahasan penelitian dan sumber data penelitian sekunder berupa data pelengkap seperti buku, jurnal, tokoh masyarakat dan dokumentasi.
Hasil penelitian di SLB Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Guru PAI mampu mengimplementasikan kompetensi pedagogik yang dimilikinya dalam bentuk memiliki pemahaman terhadap karakteristik peserta didik, memiliki kemampuan dalam merancang pembelajaran di kelas, memiliki kemampuan dalam penggunaan metode mengajar yang bervariasi, memiliki kemampuan dalam pelaksanaan pembelajaran interaktif, memiliki kemampuan dalam penggunaan media belajar di kelas dan memiliki kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Selain itu terdapat faktor pendukung dari implementasi kompetensi pedagogik guru PAI dalam mengajar siswa tunagrahita yaitu adanya bimbingan dan dukungan yang diberikan oleh guru PAI yang sabar, telaten, mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu memahami pembelajaran siswa tunagrahita serta komitmen dari kepala sekolah. Adapun faktor penghambatnya, kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran yang dapat dipergunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar dan kondisi siswa
DAFTAR PUSTAKA :
Akbar, Aulia. 2021. “Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru”. Jurnal Pendidikan Guru. Vol.2, No.1.
Amaliyah, Aam. & Azwar Rahmat. 2021. “Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan”. Journal of Elementary Education. Vol. 5, No.1.
Apriati, Yuni. 2021. “Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Tunagrahita di Sekolah Inklusif”. Jurnal Ortopedagogia. Vol. 7, No.1.
Agarna. 2013. “Analisis Penggunaan Metode Mengajar Oleh Guru Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 4 Pontianak”. SKRIPSI Universitas Tanjungpura Pontianak.
Bungin, Burhan. 2019. “Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer”. Depok: Rajawali Pers.
Dego, Andreas. dkk. 2019. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru IPS di SMP Negeri 1 Kabupaten Pulau Morotai”. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education. Vol.6, No.2.
Gede, Ni Luh & Astra, I Made. 2019. “Prinsip Khusus Dan Jenis layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita”. Jurnal Santiaji Pendidikan. Vol.9, No.2.
Hafidah, Nur Mifta. 2015. “Implementasi Metode Reinforcement Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa-Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Malang”. SKRIPSI UIN Malang.
Hanafiah & Suhana, Cucu. 2012. “Konsep Strategi Pembelajaran”. Bandung: PT: Refika Aditama.
Hidayati, Nur. 2016. “Model Pembelajaran Yang Efektif Bagi Siswa Tunagrahita Di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Bintara Campurdarat Tulungagung”. SKRIPSI UIN Malang.
Humaira, Desni. 2012. “Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III Di SLB Sabiluna Pariaman”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol.1, No.3.
Ichsan, Muhammad. 2016. “Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar”. Jurnal Edukasi. Vol. 2, No.1.
Indrawati, Titin. 2016. “Pelaksanaan Pembelajaran Anak Tunagrahita”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 14. Tahun ke-5.
Iriani, Ade. 2015. “Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah”. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 5, No.2.
Ismail, 2015. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran”. Jurnal MUDARRISUNA. Vol.4, No.2.
Jamin, Hanifuddin. 2018. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru”. At-Ta’dib. Vol. 10, No. 1.
Jannah, Saniatu Nisail & Sontani, Uep Tatang. 2018. “Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 3 No. 1.
Juhairiyah, Kepala SLB Wiradesa Kabupaten Pekalongan, Wawancara Pribadi, Selasa 1 November 2022.
Juliansyah, Aris. dkk. 2018. “KomunikasiInstruksional Pada Anak Disleksia Di Sekolah Dasar”. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.6, No.3.
Kaharuddin. 2021. “Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi”. Jurnal Equilibrum. Vol.9, No.1.
Kamal, Hikmat. 2018. “Kedudukan Dan Peran Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Rausyan Fikr. Vol. 14, No.1.
Maesaroh, Siti. 2013. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Kependidikan. Vol.1, No.1.
Mardiana, Ana. dkk. 2020. “Implementasi Program Pembelajaran Individual Siswa Tunagrahita Kelas Inklusi”. Journal of Primary Education. Vol. 1, No. 2.
Marlina. 2019. “Asesmen Kesulitan Belajar”. Jakarta: KENCANA.
Maulidiyah, Farah Nayla. 2020. “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan”. Jurnal Pendidikan. Vol. 29, No.2.
Muchith, Saekan. 2016. “Guru PAI Yang Profesional”. Jurnal QUALITY. Vol. 4, No. 2.
Mujiono, Heri. 2020. “Supervisi Akademik Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru”. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan. Vol.4, No.2.
Mundia, KS. & Setiawan Heru. 2020. “Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi. Vol.4, No.2.
Mustakim, Zaenal. 2018. “Strategi Dan Metode Pembelajaran”. Yogyakarta: IAIN Pekalongan Press.
Nisa, Khairun. dkk. 2018. “Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus”. Jurnal Abadimas Adi Buana. Vol. 2, No. 1.
Nugraheni, Nur Endah & Kristian, Lukas Danu. 2018. “Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Keterampilan Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Tunagrahita”. Jurnal Lingua Applicata. Vol.2, No.1.
Nur’asiah, Sholeh Slamet, dkk. 2021. “Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa”. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan. Vol.6, No.2.
Nurdin, Ismail. & Hartati, Sri. 2019. “Metodologi Penelitian Pendidikan”. Surabaya: Sahabat Cendikia.
Observasi & dokumentasi. SLB Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Selasa 1 November 2022.
Prasetya, Henry Yuliana. dkk. 2020. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Komitmen Kerja Guru Terkait Kinerja Mengajar Guru”. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 27, No.1.
Pujiani, Patris Esa. Waka Kurikulum SLB Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Selasa 8 November 2022.
Purnomo, Hari Bambang. 2011. “Metode dan Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classromaction Research)”. Jurnal Pengembangan Pendidikan. Vol.8, No.1.
Purwaningrum, Yekti. 2020. “Upaya Guru Dalam Mengatasi Disleksia Siswa Kelas 1 Di Mi Muhammadiyah Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas”. SKRIPSI IAIN Purwokerto.
Puspitasari, Triara, dkk. 2016. “Implementasi Metode Dempster-Shafer dalam Sistem Pakar Diagnosa Anak Tunagrahita Berbasis Web”. Jurnal Rekursif. Vol. 4, No.1.
Putu, I Suardipa. 2020. “Urgensi Kompetensi Pedagogi Guru sebagai influencer Pendidikan”. Jurnal Agama Dan Budaya. Vol.4, No.1.
Rahayu, Rizqi. 2019. “Peran Guru PAI, Wali Kelas Dan Konselor BK Dalam Pembinaan Perilaku Keberagamaan Dan Dampaknya Terhadap Akhlak Siswa”. Jurnal Atthulab. Vol. 4, No. 1.
Restian, Arina & Rochmania, Desty Dwi. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar”. JURNAL BASICEDU. Vol.6, No.3.
Riadi, Akhmad. 2018. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Tunagrahita Di SMALB Negeri Tenggarong”. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim. Vol. 16, No. 1.
Risopani, Lina Angris & Oktaviani Femi. 2020. “Komunikasi Instruksional Guru Dan Siswa Tunagrahita Berprestasi”. JURNAL SIGNAL. Vol. 8, No. 2.
Roqib, Moh. & Nurfuadi. 2020. “Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan”. Jogjakarta: CV. Cinta Buku .
Rosaliza, Mita,. 2015. “Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif”. Jurnal Ilmu Budaya. Vol. 11, No.2.
Septiani, Amriana Faiz. Guru PAI SLB Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi Selasa 1 November 2022.
Sopian, Ahmad. 2016. “Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan”. Jurnal Tarbiyah Islamiyah. Vol.1, No.1.
Suciana, Nurul. 2018. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pemahaman Terhadap Peserta Didik Di Sd Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo. Jurnal Review Pendidikan dan Pendidikan.
Sugiyono. 2008. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”, Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, NS. 2016. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sulfemi, Wahyu Bagja & Supriyadi, Dede. 2018. “Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar IPS”. EDUTECNO. Vol. 18, No.2.
Suryono & Hariyanto. 2016. “Belajar dan Pembelajaran”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Untung, Slamet. 2019. “Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial”. Yogyakarta: litera.
Yulianti, Fitri. 2012. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI”. Jurnal Tarbawi. Vol. 1, No.2.
Zaka, Qodli. 2016. “Minat Siswa Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SLB-C Yayasan Pendidikan Luar Biasa Demak”. SKRIPSI Universitas Negeri Semarang.
23SK2321275.00 | SK PAI 23.275 JAM i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain