SKRIPSI PAI
Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Al-Qur'an Surat Luqman Ayat 12-19 (Perspektif Tafsir Al-Misbah)
Kata kunci:: Nilai Pendidikan Agama Islam yang efektif, Surat Luqman ayat 12-19, Tafsir Al-Mishbah.
Al-Qur’an adalah Pedoman kitab suci umat islam yang didalamnya banyak sekali Nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi manusia, agar manusia mendapatkan petunjuk dalam menjalankan kehidupan dengan aman sentosa serta mencapai keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat. Pendidikan agama islam adalah upaya dan usaha mengembangkan potensi pribadi manusia dengan melatih dan mananamkan nilai-nilai kehidupan yang berpedoman pada petunjuk Allah SWT yakni Al-Qur’an dan Sunah Nabi SAW yaitu Al-Hadist. Tujuan Akhir dari pada pendidikan agama islam yaitu membentuk pribadi insan kamil, pribadi yang menyelaraskan antara ilmu dan perilakunya, sehingga dapat membentuk manusia yang haqiqi yaitu didalam menjalankan segala aktifitasnya semata-mata untuk Allah dengan petunjuk Allah. Untuk terwujudnya pendidikan agama islam yang baik dan efektif, kita sebagai manusia harus mengatahui nilai-nilai pendidikan agama islam serta metodenya yang berada didalam Al-Qur’an. Salah satu ayat Al-Qur’an yang menerangkan pendidikan agama islam tedapat dalam surat Luqman ayat 12-19 yang didalam penelitian ini dikaji dengan Tafsir Al-Mishbah karangan Musfassir Indonesia yaitu Bapak M.Quraish Shihab. Yang didalam pembahasan kitab tafsirnya pada surat Luqman Ayat 12-19 banyak mengandug pesan-pesan Pendidikan Agama Islam bagi seluruh umat.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Apa nilai-nilai Pendidikan agama islam yang terdapat dalam al-Qur’an Surat Luqman ayat 12-19( Telaah Tafsir Al-Mishbah? 2). Bagaimana metode pendidikan agama islam yang digaunakan untuk mencapai efektitas Nilai-nilai pendidikan agama islam dalam kisah Luqman dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 (Tela’ah Tafsir AL-mishbah?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai dan metode Pendidikan Agama islam yang terdapat dalam kisah Luqman al-Hakim dalam surat Luqman ayat 12-19 (Tela’ah Tafsir al-Mishbah).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Library Research atau penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca, mempelajari, memahami, dan menganalisis data dari buku-buku, artikel, dan tulisan kepustakaan yang mendukung. Metode analisis adat dengan menggunakan metode analisis isi (contens analisys) dengan meninjau keseluruhan isi tanpa membiaskan subjektifitas atau perhatian sesaat. Sehingga diperoleh hasil pemahaman berbagai isi pesan komunikasi dari sumber media atau informasi lain secara objektif, sistematis, dan relevan..
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: Nilai-nilai yang terdapat dalam surat Luqman Ayat 12-19 adalah Nilai-nilai: Hikmah, larangan syirik, perintah bersyukur, laragan kufur, birrul wa lidain, larangan sombong, larangan Angkuh, larangan berlebih-lebihan. Metode pendidikan yang terkandung: sebelum mengajar harus memiliki ilmu dan kahlak yang baik, mengajar dengan penuh kasih sayang, mengajar dengan ikhlas.
DAFTAR PUSTAKA :
Adhim, Mohammad fauzil, 2006,” Positive parenting : cara-cara Islam mengembangkan karakter posotif pada anak-anak Anda, ( Bandung: Mizana.
Al-Maraghi Ahmad Mustafa, ,” Tafsir Al-maraghi,’ Beirut: Darihya’al-Turasi al-arab
Al-Maraghi, Ahmad Mushthafa,1989” Tafsir Al-Maraghi”Cet-1Semarang : PT.Katya Toha Putra
Al-Syaibani, Omar Muhammad Al-Toumy1989,” Falsafatul Tarbiyah,”terjemahan .hasan Langgulung,”Jakarta: Bulan bintang
Amin Samsul Munir,2009,” Ilmu Dakwah, Jakarta; Amzah
Armai, Arief, 2002,’’Pengantar Ilmu dan metodologi Pendidikan Islam,(jakarta: Ciputat pers.
Assingkily, M. Shaleh 2018,” Ilmu Pendidikan Islam,Mengulas Pendekatan Pendidikan Islam dalam Studi Islam dan Hakikat bagi Manusia ” Yogyakrarta: K-Media
Erwati, Aziz,2015,”Prinsip-prinsip Pendidikan Islam,”(Jakarta: Mitra Wacana Media.
Firdauz, M. Aziz,2012 , Metode Penelitian, Cet.ke-1.Tanggerang: Jelajah Nusa.
Hafizh, M. Nur Abdul ,1997” Manhaj Tarbiyah Al Nabawiyyah Lu Al-Thifl”, Penerj. Kuswandini, e al, mendidik anak bersama Rasulullah SAW,Bandung: Al Bayan.
Hakim, Abdul hamid. 1991, Bayan, Juzz III, Jakarta : sa’diyah outra
Halimatussa’diyah,2020,“Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Hamka, 1991, Tafsir Al-azhar Juz I .Jakarta: Pustaka Panjimas
Hanafi, Hanafi,2021” Illmu Pendidikan Islam,”Yogyakarta:CV Budi Utama.
Ilyas, Arneselly,1998,”Mendambakan Anak Shaleh Prinsip-prinsip Pendidikan Anak dalam Islam .Bandung;al-Bayan
Karman”2018,”Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan,”Bandung; PT Remaja Rosdakarya
Langgulung, Hasan,1991 Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan.Jakarta: Al-Huzna Zikra
Lickona, Thomas.2021,’’ Educating For Character mendidik untuk membentuk karakter , “Jakarta: PT BUMI AKSARA.
Mamang Sangadji Etta dan Sopiah,2010,”Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian,” Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Margono S. 2003,” Metodologi Penelitian Pendidikan,”Jakarta; Rhineka Cipta
Mau’nah, Binti ,2009, “ Ilmu Pendidikan,”Cet. Ke- I ( Yogyakarta : Teras Komplek Polro Gowok Blok D 2 No 186.
Mestika, Zed 2014,Metode Penelitian kepustakaan, cet.ke-3. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Mubarak Zaim 2008,’Membumikan Pendidikan Nilai,”(Bandung: Alfabet.
Muchshon,2003,” Dasar-dasar Pendidikan Moral (Berbasis Pengembangan Pendidikan karakter,” Yogyakarta: Ombak dua.
Mukodi, 2001 ,” Nilai-nilai Pendidikaan Dalam Surat Luqman,” ( Journal :STKP OGRI Pacitan
Prastowo, Andi,2014,” Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancana Penelitia,”Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prawiro,M,2022” Pengertian Nilai: Fungsi, Ciri-ciri, Jenis dan Contohnya,”https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-nilai.htm(Diakses tanggal 15 Maret 2022.
Qardawi, Yusuf,2000”Merasakan Kehadiran Tuhan,” Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Quthb, Sayyid,1992” Fi Zhilalil-Qur’an (Di bawah Naungan Al-Qur’an),” Jakarta : Darusy-Syuruq, Beirut.
Ratna, Nyoman Kutha 2010, Metologi Peneltian, kajian Budaya dan Ilmu-ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya, Cet. Ke-1. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Rifa’i, Muhamad Nasib.1999,” Kemudahan Dari Allah Ringkasn Tafsir Ibnu katsir Jilid 3,”.Jakarta ; Gema Insan Press.
Sabriadi,2020” Telaah Hidden Curriculum Pendidikan Islam Dalam Al-Qur-an Surah Luqman ,’’ ( Bone: Jurnal Kependidikan Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam negeri (IAIN) Bone, Indones
Shihab, M. Quraish .1998," Membumikan Al-Qur’an "Bandung: Mizan.
Shihab, M. Quraish 2002, “ Tafsir Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian al -Quran,” Jakarta: Lentera Hati, Vol 11.
Shihab,M Quraish, 2002“Tafsir Al-Mishbah, Pesan kesan dan Keseharian Al-Qur’an,” vol.1. cet ke-10.Lentera Hati.
Suryabrata, Sumardi,1995”Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.
Tafsir, Ahmad,1994,”Ilmu pendidikan dalam Presepektif Islam Cet-2,Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Tobroni,2015” Pendidikan Islam,”Jakarta: Mitra Wacana Media,2015
Yatimin, Abdullah 2007, Studi Akhlak dalam perspektif Al-Qur’an, ( Jakarta: Amzah
Zakiah Darajat,1993” Pendidikan Anak Dalam Keluarga: Tinjauan Psikologi Agama,” dalam Jalaludi n Rahmat dan Muhtar Gandaatmaja, Keluarga Muslim Dalam Masyarakat Modern, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Zakky,’ Pengertian Nilai Menurut Para Ahli dan Secara Umum,” https://www.zonareferensi.com/pengertian-nilai/ ( Diakses tanggal 10 Juni 2022). Jam 09.40
Zulkarnain,2008“ Tranforrmasi,” Nilai-nilai Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka pelajar.
23SK2321274.00 | SK PAI 23.274 NUR n | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain