SKRIPSI PAI
Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Akhlak Remaja di Desa Gedeg Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang
Kata Kunci: Tingkat Pendiidkan Orang Tua dan Akhlak Remaja
Tingkat pendidikan orang tua yaitu suatu tatanan, jenjang pendidikan, tingkat atau tatanan yang diselesaikan oleh orang tua semasa menempuh bangku pendidikan. Dalam kehidupan sehari-hari pendidikan merupakanfaktor yang sangat penting karena dengan pendidikan manusia dapat berkembang, Terdapat tiga tingkatan yaitu Pendidikan Dasar (SD/MI dan SMP/MTs), Pendidikan Menengah (SMA/MA/SMK) dan Perguruan Tinggi (Universitas, Institutdll). Akhlak merupakan tabiat atau sifat seseorang, yakni keadaan jiwa yang telah terlatih, sehingga dalam jiwa tersebut benar-benar telah melekat sifat-sifat yang melahirkan perbuatan-perbuatan dengan mudah dan sopan tanpa dipikirkan dan diangan-angan lagi.Tingkat pendidikan Orang tua di Desa Gedeg diketahui memiliki tingkat pendidikan yang rendah, akhlak yang dilakukan remaja cukup baik. Sesuai akar permasalahan yang ada, maka rumusan masalah penelitian ini adakah pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan Orang tua terhadap akhlak remaja di Desa Gedeg Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang?
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh tingkat pendidikan Orang tua terhadap akhlak remaja di Desa Gedeg Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Bentuk penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, adapun anggota populasi dalam penelitian ini yaitu anak usia remaja di Desa Gedeg dengan jumlah 78 anak. Anggota sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 anak yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket sebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai pendukung, observasi sebagai penguat angket. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua dalam kategori kurang baik Akhlak remaja di Desa Gedeg dikategorikan kurang. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap akhlak remaja di Desa Gedeg Kecamatan Comal yang tergolong korelasi yang kurang.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, M. Yatimin Abdullah, Studi Akhlak dalam Perspektif al-Qur’an. Lalu Muhammad Wathoni, Akhlak Tasawuf.
Abdullah, M. Yatimin. 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif al-Qur’an. Jakarta: Amzah. Departemen Agama RI. 1989. al-Qur’an dan Terjemahan: Semarang: Toha Putra.
Ahmad, SeBeni . Saebani dan Abdul Hamid, Ilmu Akhlak. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali Mohammad Daud Ali. 1998. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1998.
Anis, Ibrahim. 1972. al-Mu’jam al-Wasith (Mesir: Dar al-Ma’arif.
Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: CV Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pedekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifudin. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bakhtiar, Skripsi Ghufron. NIM. 08410222. 2015. Pembinaan Keagamaan Remaja Islam Masjid Dalam Meningkatkan Akhlak Melalui Kajian Sabtu Malam di Dusun Ngipiksari Hargobinangun Pakem Sleman.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiah. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daulay, Putra Haidar. 2006. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Fahrudin, Edy. 2017. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Dukuh Kedolon Desa Jrebengkembang Kec, Karangdadap Kab. Pekalongan, Skripsi Pendidikan Agama Islam. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Faisal, Sanapiah. 2002. Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Faradina, Nindya. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah an Najah Jatinom Klaten. Yogyakarta: Jurnal Hanata Widya Universitas Negeri Yogyakarta, No. 8, VI.
Fitrianti. 2012. Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Fuad, Ihsan. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Renika Cipta.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakte. Bandung: Alfabeta.
Hamali, Oemar. 1996. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung : Bumi Aksara.
Hambal, ibn, Ahmad. 1978. Musnad Hambali, Beirut: Dar al Fikr.
Hamid Imam Abu. Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Gazali, Ihya ‘Ulum al-Din, Juz III. Kairo: Mu’asasah al-Halb Wa-Syirkah.
Hidayati, Wik. 2004. Pengaruh Pendidikan dan Pola Asuh Orang tua terhadap Prestasi Belajar dalam PENDIDIKAN. 2004. Sukoharjo: Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo.
HS, Nasrul. 2015. Akhlak Tasawuf. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
http:// berita.2020. trimbunnews.com/dugaan-kasus-narkoba/. Undang-undang No. 20. 2003. Tentang Pendidikan Nasional.
Ibnu Maskawih, Tahdzib al-Akhlaq Wa Tathhru al-‘Araq (Mesir: al-Maktabah al-Misriyah, 1934), hlm. 35.
Jalaludin. 2001. Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kendi/Sahal, Husni Setiawan. 2016. Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Anak. Jakarta: NU Online.
Khamidah, Ida. 2013. Pengaruh Kegiatan Pembinaan Agama Iska Terhadap Akhlak Mahasiswa STAIN Pekalongan (Studi Atas Peran UKM Lembaga Dakwah “Al-Fattah” STAIN Pekalongan), Skripsi Sarjana Pendidikan Agama Islam. Pealongan: STAIN Press.
M. Yatimin Abdullah. Studi Akhlak dalam Perspektif al-Qur’an.
Mardiyah. 2015. Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan, Vol. 3.
Masrofah, Tria dkk. 2020. Peran Orang Tua dalam Membina Akhlak Remaja (Studi di Kelurahan Air Duku, Rejang Lebong-Bengkulu). Bengkulu: e jurnal pendidikan, Vol. 2.
Maulida, Diah NIM. 109051000099. 2013. Strategi Pembinaan Keagamaan Remaja Islam Musholla Al-Hidayah (Risma) Sawangan Kota Depok. Tahun Pelajaran.
Monks, J, F. 2001. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mpleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nalim dan Salafudin. 2014. Statistik Inferensial. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Nisa, Abuddin. 2011. Akhlak Tasawu: Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Ramayulis. 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.
Sarwono. Jonathan. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Suluh Media.
Siregar, Syofian. 2015. Metode Penelitian Kuantitaif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Prenada Media Group.
Siyanto, Sandu dan Sodiq, M. Ali. 2015. Dasar Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sodiq, Ahmad. 2018. Prophetic Character Building. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2003. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syarbini, Amirullah. 2014.Model Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Gramedia.
Tafsir, Ahmad. 2003. Metodologi Pengajaran Agama Islam, cet.ke-7. Bandung: Rosdakarya.
Vera, Nuzul. 2017. Peran Orang Tua dalam Membina Kepribadian Remaja Menurut Konsep Islam, Skripsi Pendidikan Agama Islam. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang.
Wathoni Lalu Muhammad Nurul. 2020. Wathoni, Akhlak Tasawuf (Lombok: Forum Pemuda Aswaja, 2020.
Werang, Basilius Redan. 2015. Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Sosial. Yogyakarta: Calpulis
Widiawati, Lina. 2008. Pembinaan Keagamaan Sebaga Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa Melaksanakan Ibadah Shalat (Penelitian Di Kelas X danXI SMK Plus Qurrota AyunKecamatan Semarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut,. Garut : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut. Vol. 02, No. 1. Pendidikan Agama Islam. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Zuriah, Nurul. 2009. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
23SK2321272.00 | SK PAI 23.272 ULF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain