SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Hubungan Antara Profesionalisme Guru Dengan Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa MIS NU Al-Ustmani Gejlig Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Minat belajar peserta didik merupakan kemauan dan keinginan peserta didik
untuk belajar. Dalam kehidupan peserta didik membutuhkan penghargaan, dia tidak
ingin dikucilkan. Perhatian dari guru, ketenaran, status, martabat, dan sebagainya
merupakan kebutuhan yang wajar bagi peserta didik. Semuanya itu dapat
memberikan motivasi dan minat bagi peserta didik dalam belajar. Guru yang
professional cukup bijak memanfaatkan kebutuhan peserta didik, sehingga dapat
memancing kemauan dan semangat belajar peserta didik agar menjadi anak yang
gemar belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana profesionalisme
guru di MIS NU Al-Ustmani Gejlig? bagaimana minat belajar mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam siswa MIS NU Al-Ustmani Gejlig? bagaimana hubungan
antara profesionalisme guru dengan minat belajar mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam siswa MIS NU Al-Ustmani Gejlig?. Kegunaan secara teoritis diharapkan dapat
menambah wawasan keilmuan mengenai pentingnya profesionalisme guru dalam
pendidikan dan prestasi belajar peserta didik, sedangkan secara praktis diharapkan
memiliki kegunaan yaitu sebagai bahan masukan bagi guru di MIS NU Al-Ustmani
Gejlig dalam meningkatkan profesionalismenya dalam mengajar.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa MIS NU Al-Ustmani Gejlig Pekalongan yang berjumlah 305 siswa,
sedangkan sampel penelitian sebanyak 10 % x 305 siswa = 31 siswa. Sedangkan
metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi.
Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data dengan rumus
product moment.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Profesionalisme guru di MIS NU Al-
Ustmani Gejlig termasuk kategori Baik. Kedua, Minat belajar mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam siswa MIS NU Al-Ustmani Gejlig termasuk dalam kategori
cukup baik. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru
dengan minat belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa MIS NU Al-
Ustmani Gejlig. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai xy r sebesar
0,698, dalam pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,410 – 0,700,
sehingga dapat disimpulkan bahwa antar variabel yang dikorelasikan terdapat
korelasi positif yang cukup atau sedang. Dengan demikian hipotesis yang penulis
ajukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dengan
minat belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa MIS NU Al-Ustmani
Gejlig Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan dapat diterima kebenarannya.
10SK101221.00 | SK PAI13.1012 SHO h C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain