SKRIPSI PAI
Strategi Organisasi IPNU-IPPNU Dalam Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Remaja Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang
Kata Kunci : strategi organisasi, Jiwa Kepemimpinan, IPNU-IPPNU.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh krisis moral yang sedang dialami generasi penerus bangsa Indonesia. Sebagian besar anak-anak, remaja, bahkan mahasiswa melakukan tindakan yang tidak mematuhi hukum serta norma-norma yang sudah ditetapkan, sehingga tingkat kriminalitas di kalangan remaja meningkat. Peristiwa tersebut, merupakan dampak dari kepemimpinan yang buruk. Dengan kata lain, anak-anak dan remaja yang nakal dan melakukan kriminalitas pada umumnya adalah produk dari orang dewasa dan orang tua yang berfungsi sebagai pemimpin bagi generasi muda, sehingga perlu adanya pementukan dan pembimbingan jiwa kepemimpinan sejak dini.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi organisasi IPNU- IPPNU dalam pembentukan jiwa kepemimpinan remaja Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan jiwakepemimpinan remaja Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang?.Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis strategi organisasi IPNU- IPPNU dalam pembentukan jiwa kepemimpinan remaja Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. (2) Menganalisis faktor pendukung dan faktor pengambat dalam pembentukan jiwa kepemimpinan kepemimpinan remaja Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian dilakukan di Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Subjek penelitian adalah organisasi IPNU- IPPNU. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan content Analysis yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi Organisasi IPNU- IPPNU dalam pembentukan jiwa kepemimpinan remaja Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang adalah melalui pembiasaan yaitu,(a) Pembiasaan pembekalan ilmu agama, dilakukan melalui kegiatan rutinan tahlil dan tausiyah,(b) Pembiasaan Bertanggung jawab, dilakukan melalui pemberian tanggung jawab secara langsung kepada anggota ketika ada kegiatan (c) Pembiasaan pembentukan mental dan keperyaan diri, dengan menunjuk anggota menjadi ketua panitia kegiatan,(d) Pembiasaan Berdiskusi, dilakukan melalui kegiatan diskusi dan evaluasi kegiatan, ini dilakukan untuk membentuk kemampuan berkomunikasi. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan jiwakepemimpinan remaja Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang adalah (a) factor pendukung, dukungan dari masyarakat dimana masyarakat selalu ikut serta dalam kegiatan yang diadakan oleh organisasi IPNU-IPPNU Desa Juragan, dan dukungan dari Banom NU Desa Juragan, dimana mereka memberikan dukungan melalui materi dan tenaga, sedangkan (b) faktor penghambat Minimnya dana atau anggran, dimana ketika ingin mengadakan kegiatan organisasi selalu mengalami kesulitan dalam pendanaan, selain itu orang tua juga menjadi faktor penghambat karena seingkali anggota dilarang mengikuti kegiatan dengan alasan pulangnya kemaleman.
DAFTAR PUSTAKA :
Adawiyah, Nurul Husna. 2018. “Upaya Membentuk Jiwa Kepemimpinan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Kelas X Mia Madrasah Aliyah Proyek Univa Medan”, Skrips. Medan: UIN Sumatera Utara.
Agustin, Hendri. 2006.Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kitanya Dengan Konsep Diri Pada Remaja. (Bandung: Refika Aditama,).
Anekasari, Rahmi. 2019. Psikologi Perkembangan. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Arief, Armai 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara,.
Bagia, I Wayan. 2015. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Bakti, Setiawan. 2005. Hak Masyarakat dalam Proses Penyusunan dan Implementasi Kebijakan Tata Ruang. Forum Perencanaan Pembangunan.
Bungin, Burhan. 2001. Metode Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: PT Grafindo.
Cakrawangsa, Caswiyono Rusydie. Dkk. 2009. Tolchah Mansoer Biografi Profesor NU yang terlupakan. Yokyakarta: Pustaka Pesantren.
Dokumen IPNU- IPPNU Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabipaten Batang.
Dr. Hasanudin. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Duryat, Masduki dkk. 2021. Mengasah Jiwa Kepemimpinan: Peran Organisasi Kemahasiswaan. Indramayu: Penerbit Adab.
Fachrurrazi, Muhammad. 2017. “Peranan Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) Dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa Ma’arif”.
Universita Islam Jember: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 2.
Fadillah Ayu. 2022. Ketua IPPNU Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang, wawancara, 28 September, pukul 16.00 WIB.
Farida, Syarifah Ida dan Septi Rostika A. 2005. “Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pada Mahasiswa Di Lingkungan Universitas Pamulang”. Pamulang: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, Vol 6, No. 2.
H. M. Asrori. 2015. Perkembangan Peserta Didik; Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru. Yogyakarta: Media Akademi.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Hasil observasi Strategi Organisasi IPNU-IPPNU dalam Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Remaja Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. 2022.
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama. 2015. Materi Kongres IPPNU XVII. Boyolali: Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama.
Jaya, Nanda Lega. 2018. “Upaya Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Peserta Didik Melalui Kegiatan Paskibra”, (Kusuma Negara: Jurnal Ilmu Pendidikan STKIP Kusuma Negara, vol. 10 No. 1.
Kurniawan Afif. 2022. Sekretaris IPNU Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Wawancara.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Materi Departemen Organisasi IPNU-IPPNU Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang, 10 September 2022.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Mustaqim. 2019. “Peran Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Kepemimpinan Di Ma Nurul Huda Medini Gajah Demak”. Skripsi. Kudus: IAIN Kudus.
Nuruhsan, Achmad Juntika. 2011. Dinamika Perkembngn Anak Dan Remaja. Bandung : PT. Refika Aditama.
Pratowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Putri, Dhinda Wahyu dan Oksiana Jatiningsih. 2023. “Strategi Pengembangan Jiwa Kepemimpinan Anak di Panti Asuhan Muslimat NU Darul Muhsinin Ponorogo”. Ponorogo: Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 11 No. 1I.
Rahrjo. 2022. Pembina IPNU Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Wawancara. 19 September, pukul 20.00 WIB.
Sanjaya. Wina. 2013Penelitian Pendidikan; Jenis, Metode Dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Setyaningsih, Ira. 2022. Anggota IPPNU ranting Desa Juragan kecamatan Kandeman Kabupaten Batang, wawancara, 1 Oktober pukul 16.00 WIB.
Sowiyah. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta,.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tanzeh, Ahmad. 2011. Metode Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras,.
Ulum, Mohammaad Khoirul. 2016. “Strategi Pramuka Bhayangkara Dalam Upaya Membangun Jiwa Kepemimpinan Remaja Di Polsek Kutorejo Kabupaten Mojokerto”. Mojokerto: Jurnal kajian moral dan kewarganegaraan, vol. 3 No. 4.
Utaminingsih Diah dan Citra Abriani Maharani. 2017. “Bimbingan Dan Konseling Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Psikosain.
Wahyusumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wilda, Tusururoh dan Dewi Candra. 2015. Buku Petunjuk Pekalongan Organisasi dan Adminidtrasi Citra Diri Dan Pola Dasar Perjuangan Organisasi Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama. Jakarta: PP IPNU.
Zahid Amroji dan Nur, “Ke- NU-an Ahlussunah Waljamaah MTs/SMP Kelas VI,
23SK2321271.00 | SK PAI 23.271 HES s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain