SKRIPSI PAI
Efektivitas Model Project Based Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Beriman Kepada Hari Akhir Kelas IX di SMP Negeri 2 Limpung Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Project Based Learning, Pendidikan Agama Islam, Beriman kepada hari akhir
Model project based learning adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran dikelas dengan melibatkan kerja proyek. Pembelajaran project based learning ini melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah dalam lingkungan siswa, sehingga muncul rangsangan yang tinggi dalam mengolah masalah tersebut. Dengan adanya situasi yang seperti ini maka suatu masalah dapat dipecahkan dengan unsur keterbukaan, negosiasi, dan demokratis sehingga siswa dapat berpikir secara optimal
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model project based learning terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi Beriman Kepada Hari Akhir kelas IX di SMP Negeri 2 Limpung ? 2) Apakah model project based learning efektif ditinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi Beriman Kepada Hari Akhir kelas IX di SMP Negeri 2 Limpung?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendektan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan model project based learning pada pelajaran PAI matteri beriman kepda hari akhir di dalam prosesny, guru PAI melakukan tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penggunaan model project based learning bisa lebih efektif dari pada penggunaan metode biasa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji- t pada taraf signifikansi 0,05 dengan hasil t-hitung < t-tabel yaitu 0,00 < 1,67. Nilai pretest minimum 40 dan nilai minimum postest 80 pada kelas 9 E sebagai kelas eksperimen sedangkan nilai maksimum pretest 48 dan nilai maksimum postest 93. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model project based learning dengan siswa yang belajar dengan metode biasa. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa setelah belajar dengan pembelajaran menggunakan model project based learning mengalami peningkatan yang signifikan dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar.
DAFTAR PUSTAKA :
Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Bandung: Imperial Bhakti Utama
Abdul Aziz Bin Muhammad Abd. Lathif.1998. Pelajaran Tauhid Untuk Tingkat Lanjutan, Terj. Ainul Haris. Jakarta : Darul Haq
Ahmad Musthafa Al-Maraghi. 1989. Tafsir Al-Maraghi Jilid IX. Semarang: Toha Putra
Anita, dkk. 2019. “Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII.2 Suppa Kabupaten Pinrang”. Parepare Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 17, No. 01
Arifin, Shokhibul. 2018. “Nilai-nilai Pendidikan yang terkandung dalam Iman kepada hari Akhir”. Jurnal Mas Mansyur
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Asiah, Nur, S.Ag, M.Ag. 2014. Inovasi Pembelajaran. Bandar Lampung: Anugrah Raharja (Aura)
Boondee, V., Dkk. 2011. A Learning and Teaching Model using Project Based Learning (PBL) on the Web to Promote Cooperative Learning, European Journal: of Social Sciences. Vol. 21 No. 3
Chriestie E. J. C.Montolalu, Yohanes A.R. Langi. 2018. Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). Jurnal Matematika dan Aplikasi deCartesiaN, Vol.7, No.1
Erwan Agus Purwanto, Dyah Ratih Sulistyastuti. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik Dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media
Evi Nurul, Qomariyah. 2017. "Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) 23.2
Fauzia. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar (SD)”. Riau Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah. Vol 07, No 01
Fitriana, Eka Wahyuni. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Jurnal: Tadarus Tarbawy. Vol. 3 No. 1
Idi, Abdullah. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jakarta
La Sulo, Umar Tirtarahardja. 2005. Pengantar Pendidikan. Cet. I; Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Mardiana, Rani. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Impuls dan Moment”. Skripsi Pendidikan Fisika
Musianto. 2002. Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurusan Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi – Universitas Kristen Petra, Jurnal: Manajemen & Kewirausahaan Vol. 4, No. 2
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Perana Ilmu
Nurfitriyanti. 2016. “Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemempuan Pemecahan Masalah Matematika”. Jakarta Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol 06, No 02
Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya
Padmi Pratiwi, Kinanti. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMKN 2 Klaten”. Skripsi Pendidikan teknik Informatika. UNY
Rahardjo Mulyo, Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Penerbit Gava Media
Rahmawati, dkk. 2018. Pemahaman Model Pembelajaran sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi pendidikan Tata Boga. Jurnal Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner.
Vol 07, No 01
Ramadhany, dkk. 2016. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS MAN Temanggung”. Temanggung Indonesian Journal of History Education. Vol 04, No 02
Rerung, dkk. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Energi”. Manokwari Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. Vol 06, No 1
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet. VII: Jakarta: Premada Media Group
Sudjana, Nana. 2006. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: ALFABETA
_______. 2002. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: ALFABETA
_______. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: ALFABETA
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT Pustaka Baru
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative learnig. Yogyakarta: pustaka pelajar
Thomas, J. W. 2000. A Review of Research on Project Based Learning, Elektronic Journal: of Science Education
Unaradjan, Dominikus Dolet. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Wahab, Abdul, dkk. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI.” Jurnal Basicedu 5.2
Wena, Made. 2011. Stategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
_______. 2014. Stategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
23SK2321270.00 | SK PAI 23.270 INN e | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain