SKRIPSI PAI
Upaya Guru PAI Dalam Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 1 Bodeh Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang
Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Karakter Peduli Lingkungan.
Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. SMP Negeri 1 Bodeh merupakan sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata dimulai pada tahun 2019. Fakta menunjukkan bahwa masih adanya siswa yang membuang sampah tidak pada tempatnya dan membuang sampah tidak pada jenis sampah yang benar padahal telah disediakan tong sampah dengan jenis yang berbeda yaitu oranik dan nonorganik,sehingga perlunya Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Sekolah Adiwiyata Di SMP Negeri 1 Bodeh Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini tiga, yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan penanaman karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Bodeh, 2) Bagaimana upaya Guru PAI dalam penanaman karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Bodeh, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Upaya Guru PAI dalam penanaman karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Bodeh. Tujuan adari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penanaman karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Bodeh, untuk mengetahui bagaimana upaya Guru PAI dalam penanaman karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Bodeh, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat Guru PAI dalam penanaman karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Bodeh.
Penelitian ini termasuk penelitian deskripstif, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara interaktif melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penanaman karakter peduli lingkungan dilakukan dengan pemenuhan indikator karakter peduli lingkungan seperti mengurangi penggunaan sampah plastik, pengelolaan sampah berdasarkan jenisnya, pengurangan emisi karbon dan pengehematan energi. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Bodeh yaitu Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Sumber Pengetahuan dan Pemahaman, Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pembentuk Karakter Peduli Lingkungan dengan metode pembiasaan, keteladanan, pengajaran dan hukuman. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu lingkungan agamis siswa berdampak posistif pada keseharian siswa di sekolah sehingga mudah menerima pendidikan karakter peduli lingkungan, selanjutnya kerja sama seluruh civitas akademik dengan adanya kerja sama seluruh civitas akademik memudahkan dalam proses penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih terdapat siswa yang masih belum sepenuhnya melaksanakan pendidikan karakter peduli lingkungan dan kebiasaan pola hidup kurang bersih di keluarga siswa yang kurang bersih. menyebabakan beberapa masalah lingkungan dan menghambat penanaman karakter peduli lingkungan oleh Guru Pendidikan Agama Islam.
DAFTAR PUSTAKA :
Adi Nugroho, Irfan. 2019. Pengembangan Mltimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Materi Sikap Cinta Tanah Air Dan Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 6, No. 1.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.
Arnanda, Niko Septa.2020. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Melalui Kegiatan Sabtu Bersih di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo. Skripsi Sarjana Pendidikan.
Ponorogo Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Dendy Fathurahman Bahrudin, Mohammad. 2017. Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di SMA Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Geografi,Vol. 17, No. 1.
Desniar, Garnesia. Siswa SMP Negeri 1 Bodeh, Wawancara Pribadi. Bodeh. Desember 2022.
Dwi Wahyuni, Devi. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa SMP Negeri 1 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Skripsi Sarjana Pendidikan. Purwakarta: Institut Agama Islam Negeri Purwakarta.
Estin Nofiyanti, dkk. 2019. Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Souvenir Ramah Lingkungan Di Kabupaten Tasikmalaya, Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, Vol.1 No. 2.
Fatma Yudianti, Oktavia, Apri Irianto, dan Cholifah Tur Rosidah. 2020. Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Sekolah Adiwiyata. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 11, No. 1.
Fitria Cahyaningsih, Nur’afni. 2020. Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Di MTS Negeri 2 Blitar. Skripsi Sarjana Pendidikan. Malang: UIN Malik Ibrahim Malang.
Gunawan, Heru. 2014. Pendidikan Islam Kajian Teori dan Kajian Tokoh.Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Handayani, Risnawati dan Sri Rizki. 2021. Kampanye dan Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Kelurahan Malasom, Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, Vol.4 No. 2, 2021.
Hariyanto dan Samani Muchlas. 2013. Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Irfianti, Mustia Dewi, dkk. 2016. Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Experiental Learning. Unnes Physics Education Journal, Vol. 5, No. 3.
Iskandar. 2019. Metodologi Penelitian dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Rineka Cipta.
Istiqomah. 2019. Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di MAN-1 Pekanbaru Sebagai Sekolah Adiwiyata. Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia, Vol. 6, No. 2
K, Realis, Edwar S. Umar, dan Asari. 2018. Konstruksi Program Adiwiyata (Telaah Atas Model Pengembangan Program Adiwiyata di MTs Negeri Se-Kota Pekanbaru). Jurnal Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, Vol. 15, No. 2.
Makkasau, Andi, Ahmad Syawaluddin, dan Sulfadly. 2020. Pengaruh Penerapan Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV dan V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 10, No. 3.
Makkasau, Andi, dkk. 2020. Pengaruh Penerapan Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV dan V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 10, No. 3
Muhaimin. 2015. Membangun Kecerdasan Ekologis Model Pendidikan untuk Penanaman Kompetensi Ekologis. Bandung: Alfabeta.
Mukani, dan Teto Sumarsono. 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTSN Tambak beras Jombang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 5, No. 2.
Mustika Wati, Dini. 2019. Peran Guru Pai Dalam Mendidik Karakter Peduli Lingkungan Di Smp Negeri 1 Siman Ponorogo. Skripsi Sarjana Pendidikan. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Patras, Ardy Willyanto Tanod, Hans Tumaliang, Lily S. 2015. Konservasi Energi Listrik di Hotel Santika Palu. E-journal Teknik Elektro dan Komputer. Vol.4 No. 4, 2015.
Purwanti, Dwi. 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Jurnal Riset Pedagogik. Vol. 4, No. 1.
Putri, Syifa Aura. Siswa SMP Negeri 1 Bodeh, Wawancara Pribadi. Bodeh. Desember 2022.
Raditya, Dwi. Siswa SMP Negeri 1 Bodeh, Wawancara Pribadi. Bodeh. Desember 2022.
Rizqika, Asa Unzila. Siswa SMP Negeri 1 Bodeh, Wawancara Pribadi. Bodeh. Desember 2022.
Rokhmah, Anisa Miftakhur. 2020. Internalisasi Sikap Peduli Lingkungan Dalam Kegiatan Pembelajaran PAI di SMP N 1 Karangmoncol. Skripsi Sarjaan Pendidikan. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Sioto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sitisyarah, Kania dan Ramadhanita Mustika. 2017. Penerapan Program Adiwiyata di SMP Negeri 13 Palembang”, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 2, No. 1.
Slamet Untung, Moh. 2019. Metodologi penelitian (Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial). Yogyakarta: Litera.
Sriyana. Ketua Tim Adiwiyata SMP Negeri 1 Bodeh, Wawancara Pribadi. Bodeh. Desember 2022.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tresnani, Lia Dwi. 2020. Penanaman Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Pembiasaan di SMP Negeri 6 Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, No. 1
Usman. 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wahyuni, Devi Dwi Skripsi. 2016 .Pendidikan Karakter Melalui Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa SMP Negeri 1 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Skripsi Sarjana
Pendidikan, Purwakarta: Institut Agama Islam Negeri Purwakarta.
Warso, Sujud Condro. Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Bodeh, Wawancara Pribadi. Bodeh. Desember 2022.
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD (Konsep, Praktek dan Strategi). Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Yudanti, Chika. 2021. Peran Guru dalam Membina Karakter Siswa Peduli Lingkungan Pada Program Bebas Sampah Di Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu. Skripsi Sarjana Pendidikan. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian:Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
23SK2321269.00 | SK PAI 23.269 NUR u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain