SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Al-Hidayah Dusun Lemah Abang Desa Lemah Abang Doro Pekalongan
Pembelajaran ialah membelajarkan siswa menggunakan azaz pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan.Pembelajaran al-Qur’an dipilih karena mengingat begitu agungnya kedudukan al-Qur’an bagi umat Islam. Pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Hidayah Dusun Lemah Abang Desa Lemah Abang Doro masih sangat banyak kekurangannya, akan tetapi dengan kreatifitas para ustadznya pembelajaran al-Qur’an di TPQ ini dapat terlaksana dengan baik..
Rumusan Masalah bedasaarkan latar tersebut adalah Bagaimana implementasi pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Hidayah Dusun Lemah Abang Desa Lemah Abang Doro? Apa faktor yang mempengaruhi pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Hidayah Dusun Lemah Abang Desa Lemah Abang Doro? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Hidayah Dusun Lemah Abang Desa Lemah Abang Doro. Untuk mengatahui faktor yang mempengaruhi pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Hidayah Dusun Lemah Abang Desa Lemah Abang Doro.
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang dipaparkan dengan teknik analisis deskriptif maka analisanya berlangsung selama dan pasca pengumpulan data, yang dipaparkan dalam bentuk narasi.
Hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Hidayah Dusun Lemah Abang Desa Lemah Abang Doro, fiqih sudah berjalan dengan baik meskipun masih terdapat beberpa kendala seperti kondisi psikologis santri yang belum siap ketika pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana, minimnya tenga pengajar. Kemudian untuk penerapan pembelajaran al-Qur’an sudah dikatakan baik terlihat dari observasi yang dilakukan selama penelitian.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmad Syariti, Pedoman Penyajian Al-Qur’an Bagi Anak-anak, Jakarta: Binbaga Islam
Arief Armai, 2000, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press
Arikunto Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Budiyanto HM, 1995, Prinsip-prinsip Metodologi Buku IQRO’, Yogyakarta: Team Tadarus “AMM
Danin Sudarwan, 2013, Menjadi Peneliti Kualitatif Ancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial, pendidikan dan Humaniora, Bandung: Pustaka Setia
Departemen Agama RI, Al-Qur’anul Karim Dan Terjemahahan Bahasa Indonesia (Ayat Pojok), Kudus: Menara Kudus
Hasunah Umi dan Jannah Alik Roichatul, 2017, Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfuz Seblak Jombang, (Jurnal Pendidikan Islam 1(2): 160-172
Iskandar, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Jakarta: Gaung Persada Press
Istiqomah, 2016, Peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) dalam Mengembangkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) Pada Anak di Dukuh Kludan Desa Karanganom Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang, Pekalongan: Perpustakaan IAIN Pekalongan
Latif Abdul, 2014, Implementasi Pembelajaran Murotal di Taman Pendidikan Al-Qur’an Kelurahan pabean Pekalongan, Pekalongan: Perpustakaan IAIN Pekalongan
Majid Abdul, 2005, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya
Moloeng J. Lexy, 2003, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Munandar Utami, 2011, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, sebagaimana dikutip oleh Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhaisin Salim, 2000, Biografi al-Qur’an al- Karim, Surabaya : CV. DWI MARGA
Mulyasa E, 2004, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mustofa Bisri, 2008, Metode Menulis Skripsi dan Tesis, Yogyakarta: Optimis
Mustakim Zaenal, 2017, Strategi dan Metode Pembelajaran ( Edisi Revisi ), Pekalongan;IAIN Pekalongan Press.
Romayulis, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Rosyada Dede, 2004, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah model Pelibatan Mayarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Kencana
Sanjaya Wina, 2007, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group
Srijatun, 2017, Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal, Semarang: Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam UIN Walisongo, 1(2): 25.
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) Cet ke-23, Bandung: Alfabeta
Sudjana Nana, 1995, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Remaja Rosdakarya: Bandung
Sudjana Nana, 1995, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya: Bandung
Sya’roni Sam’ani, 2013, Tafkirah Ulum Al-Qur’an, Pekalongan: Al-Ghotasi Putra
Syah Muhibbin, 2006, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Press
Untung Moh. Slamet, 2019, Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial, Yogyakarta: Litera
Zakariya Sutrisno A, 2018, Panduan Lengkap Mengajar Taman Pendidikan Al-Quran (TPA), Sukoharjo: Yayasan Hubbul Khoir
23SK2321268.00 | SK PAI 23.268 MOH i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain