SKRIPSI PAI
Pembelajaran Kitab Kuning Dalam mewujudkan Perilaku Religiusitas Santri di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Buaran Pekalongan
Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Kuning, Santri, Perilaku Religiusitas
Religiusitas diwujudkan dalam berbagai sisi kehidupan manusia. Aktivitas beragama bukan hanya sebatas ketika seseorang melakukan perilaku ritual keagamaan berbentuk ibadah, tetapi juga melakukan aktivitas lain yang didorong oleh kekuatan spiritual. Bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dalam jangkauan mata tetapi juga aktivitas yang tidak nampak dan terjadi didalam hati seseorang. Pemahaman keagamaan yang baik akan melahirkan sikap dan tindakan yang bijaksana sehingga akan mengikis dan menjadi solusi atas maraknya konflik degradasi moralitas dan miskin etika dewasa kini.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Buaran Pekalongan ?(2) Apa saja dimensi yang menjadi tolok ukur perilaku religiusitas santri di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Buaran Pekalongan ? Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Buaran Pekalongan .(2) Mendeskripsikan dimensi yang menjadi tolok ukur perilaku religiusitas santri di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Buaran Pekalongan. Kegunaan Teoritis yakni (1). Penelitian ini dapat menambah wawasan pemahaman mengenai pembelajaran kitab kuning. Kegunaan Praktis (1). Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan bacaan dan referensi bagi pembaca yang sedang menggeluti kajian kitab kuning.
Jenis penelitian yang penulis gunakan ialah penelitian lapangan atau disebut field research Adapun pendekatan yang penulis gunakan ialah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya : observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pembelajaran kitab kuning yang dijadikan sebagai kurikulum dan referensi ilmiah yang ada di pondok pesantren Roudlotul Ulum menerapkan sistem klasikal dan non klasikal. Ragam kitab kuning yang dikaji dan dipelajari dalam proses pembelajaran meliputi berbagai
disiplin ilmu. Perilaku religiusitas santri di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Buaran Pekalongan dapat diklasifikasikan dalam 4 dimensi sebagai tolak ukurnya yakni dimensi aqidah, ibadah, ihsan dan akhlak maupun pengamalan. Secara kongrit pembelajaran kitab kuning menjadikan perubahan aspek peningkatan frekuensi keyakinan kepada Allah SWT, kualitas ibadah yang bermutu, hubungan dengan Allah semakin dekat, dan menjunjung tinggi moralitas dalam bersosialiasi dengan sesama manusia sehingga menjadikan santri sebagai manusia yang memiliki wawasan intelektual dan kaya atas nilai spiritual.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul Muin, Abdul dkk. 2007. Pesantren dan Pengembangan Ekonomi Umat.Jakarta: CV. Prasasti.
Acep, Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Anshori, Fuad & Rachmy Diana. 2002. Mengembankan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam. Yogyakarta : Tim Manara Kudus.
Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Perss.
Arifin. 2004. Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Astogini. 2011. Aspek Religiusitas dalam Keputusan Pembelian Produk Halal. Dalam Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Jendral Sudirman.
Azra, Azyumardi. 2004. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII: Akar Pembaruan Islam Indonesia (Edisi Revisi).Jakarta: Kencana.
Azumardi, A. 1997. Pesantren : Kontinuitas dan Perubahan. Pengantar dalam Nucholis Madjid, Bilik-Bilik Pesantren : Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.
Azwar Saifudin. 2010. Sikap Manusia dan Pengukurannya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bruinessen, V. M. 1999. Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat : Tradisi- Tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.
Carol S Dweck. 2006. Mindset the psikologi of Succes. Jakarta: Gramedia Indonesia.
Dahlan, Abdul Aziz. 2002. Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve.
Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Suplemen Ensiklopedi Islam Jakarta: PT. Ictiar Baru Van Hoeve
Gerungan. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Hasan, M. Tholhah. 2006. Prolog: Hibrida Kultural dan Tradisi Intelektual Pesantren dari Masa ke Masa dalam Intelektualisme Pesantren: Potret Tokoh dan Cakrawala Pemikiran di Era Keemasan Pesantren , Ed. Mastuki HS dan M. Ishom el-Saha. Jakarta: Diva Pustaka.
Hefni, Moh. 2011. Runtuhnya Hegemoni Negara dalam Menentukan Kurikulum Pesantren” dalam Jurnal KARSA , Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman edisi Vol. IXI, No. 1.
Haedari, Amin dkk. 2004.Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global. Cet I. Jakarta: IRD Press.
Jabali, Fuad dan Jamhari. 2002. IAIN dan Modernisasi Islam di Indonesia. Jakarta: Logos.
Mustafied dkk, Muhammad. 2013. Menuju Pesantren-Riset: Paradigma, Orientasi Ideologi, Nilai, dan Strategi dalam jurnal Mlangi edisi Vol. 1 No. 2 Juli-September.
Muqoyyidin, Andik.2014. Kitab Kuning dan Tradisi Riset di Nusantara dalam Jurnal Kebudayaan Islam Vol. 12 No. 2. Juli – Desember.
Munip, Abdul. 2008. Transmisi pengetahuan Timur Tengah ke Indonesia: studi tentang penerjemahan buku berbahasa Arab di Indonesia.1950-2004. Yogyakarta : Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.
Said, Hasani Ahmad. 2011. Meneguhkan Kembali Tradisi Pesantren di Nusantara dalam Jurnal Ibda’ edisi Vol. 9, No. 2, Juli-Desember 2011
.
Siswanto. 2006. Praksis Model Studi Islam dalam Komunitas Pesantren Menuju Humanisasi Kitab Kuning dalam Jurnal KARSA , Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman edisi Vol. X, No. 2, Oktober 2006.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif; Dilengkapi Dengan Contoh Proposal dan Laporan Penelitian, cet, ke-4. Bandung: CV. Alfa Beta
Qomar, Muzamil 2005. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Instansi .Jakarta: Erlangga.
Syahrum, Sahrun. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif: Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan, dan Pendidikan.Bandung: Citapustaka Media.
Setyono2006. Perilaku Keorganisasian. Jakarta :Pustaka Sinar Harapan.
Thoha, Muhammad. 2019. Eksistensi Kitab Kuning Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Studi Analisis Tentang Penggunaan Kitab Kuning Sebagai Referensi Kajian Keislaman Di STAIN Pamekasan dan STAI Al- Khairat Pamekasan) Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam Vol. 16 No. 2 Januari – Juni.
Wahid, Abdurrahman. 2001. Menggerakkan Tradisi Esai-esai Pesantren Yogyakarta: LKiS.
Zuchdi Darmiyati. 1995. Pembentukan Sikap dalam jurnal Cakrawala Pendidikan Nomar 3, Tahun XIV.
23SK2321266.00 | SK PAI 23.266 NUR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain