SKRIPSI PAI
Peran Tokoh Agama Sebagai Pendidik Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Desa Sastrodirjan Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci : Tokoh Agama, Pendidik, Pendidikan Agama Islam
Peran dari seorang tokoh agama diharapkan dapat mendidik dan mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat serta dapat mengembangkan pendidikan agama Islam yang sudah ada di lingkungan masyarakat. Begitupun di Desa Sastrodirjan untuk mengembangkan pendidikan agama Islam, dibutuhkan peran dari seorang tokoh agama untuk mendidik dan membimbing masyarakat agar kehidupannya lebih terarah sesuai dengan ajaran agama Islam.
Dalam sebuah penelitian terdapat suatu masalah yang mana membutuhkan jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka dalam memecahkan masalah tersebut peneliti merumuskan suatu masalah terkait dengan peran tokoh agama sebagai pendidik dalam pengembangan pendidikan agama Islam di Desa Sastrodirjan Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dan juga merumuskan faktor pendukung dan faktor penghambat yang di peroleh tokoh agama dalam mengembangkan pendidikan agama Islam di Desa Sastrodirjan Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, yang mana dari rumusan masalah tersebut bertujuan untuk (1) menjelaskan peran tokoh agama sebagai pendidik dalam pengembangan pendidikan agama Islam (2) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat yang di peroleh tokoh agama dalam pengembangan pendidikam agama Islam di Desa Sastrodirjan Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Dari rumusan masalah dan tujuan penelitian tersebut juga memiliki kegunaan baik secara teoritis maupun secara praktis, kegunaan secara teoritis yaitu gambaran tokoh agama sebagai pendidik dalam menerapkan pengembangan pendidikan agama Islam di Desa Sastrodirjan Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dan di harapkan bisa mendukung dan mengembangkan ilmu sains di dunia pendidikan. Adapun kegunaan secara praktis bagi tokoh agama sendiri yaitu bisa mengamalkan ilmu yang sudah di pelajarinya untuk di dakwahkan ke umat atau ke masyarakat, kegunaan bagi masyarakat dan bagi penulis yaitu untuk menambah wawasan dalam belajar ilmu agama Islam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu masyarakat terutama remaja di Desa Sastrodirjan Kecamatan Wonopringgo Kabupaten pekalongan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di dapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan tenknik analisis Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam perkembangan pendidikan agama Islam partisipasi dari masyarakat dan upaya pendalaman ilmu agama sudah sesuai dengan ajaran Islam, tokoh agama memiliki berbagai peran diantaranya yaitu, peran sebagai pendidik, kaderisasi dan dakwah, (2) jumlah masyarakat yang mempunyai partisipasi tinggi lebih banyak dari pada masyarakat yang kurang berpartisipasi terhadap perkembangan pendidikan agama Islam, (3) kendala peran tokoh agama dalam meningkatkan perkembangan pendidikan agama Islam yaitu naik turunnya minat belajar ilmu agama dari masyarakat, kesibukan aktivitas duniawi sehingga kurang rasa ingin tahu tentang ajaran agama Islam terabaikan. Dan adapun solusinya yaitu mengadakan kajian rutin yang di sampaikan langsung oleh para ustadz Desa Sastrodirjan yang di selenggarakan di masjid, membentuk ikatan pemuda Desa untuk menggerakan masyarakat terkait kegiatan yang berhubungan dengan ajaran agama Islam, dan kesadaran harus di pupuk oleh masyarakat akan pentingnya dalam pemahaman ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini pemahaman pendidikan agama Islam selalu terjaga dan partisipasi dari masyarakat cukup tinggi dengan adanya kerjasama dan komunikasi yang baik antara tokoh agama dengan masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA :
Adawiyah, Robiatul dan Ahmad Ihwanul Muttaqin2020. “Kiai Langgar Sebagai Episentrum Pendidikan Islam Masyarakat Desa Meninjo Ranuyoso Lumajang”. ( Jurnal Pendidikan Islam; Volume 13, Nomor 1, Februari).
Al-qur’an Surat Ar-ra’d ayat 11.
Apria. 2018. “Peran Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Pendidikan Islam Di Desa M. Sitiharjo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas”. Skripsi. Lubuklinggau: STAI Bumi Silampari Lubuklinggau.
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Azwar, Saifudidin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bachtiar, Jumadi. 2020.“Model Pendekatan Dakwah Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Pada Masyarakat Desa Salongo Timur Kec.Bolaang Uki Kabupaten. Bolaang Mangondow Selatan Sulawesi Utara”. Skripsi. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Faisal, Sanafiah. 1982. Dasar dan Teknik Pengumpulan Angket. Surabaya:Usaha Nasional.
Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Handarini, Oktafia Ika. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 3 (8).
Inanna. 2018. “ Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral”. (Universitas Negeri Makassar: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Januari ).
Irawan, Muhamad Wahyu. 2018.” Konsep Pendidik Dan Peserta Didik Menurut Abuddin Nata”.Skripsi.Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.
Observasi di lingkungan Desa Sastrodirjan Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, 22 Agustus 2022.
R, Riski. 2018. “Peran Tokoh Agama Dalam Membina Akhlak Remaja Di Kelurahan Talang Benih Curup”, Skripsi,(Curup: IAIN Curup).
Rabrusun, Moh Safari .2021.“Konsep Pendidik Menurut Buya Hamka”, Skripsi. Ambon: IAIN Ambon.
Ridwan Sanjaya. 2020. 21 Refleksi Pembelajaran Daringd di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Rohmat. Nur. 2017.” Peran Kyai Dalam Upaya Pembaruan Pendidikan Di Pondok PesantrenTri Bhakti At-Taqwa Rama Puja Raman Utara Lampung Timur”.Tesis.Metro: IAIN Metro.
Rumidi, Sukandar. 2006. Metode Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gajah Mada University PreSalafiyah Syafiiyah.
Sa’diyah, Ade Millatus dan Ibnu Wijaya Kusum. 2020.” Peran Kyai Sebagai Pemimpin Informal Dalam Perubahan Sosial Masyarakat Desa Pematang Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang. Universitas Banten Jaya: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan Universitas Banen Jaya Vol. 3, No. 2, Agustus.
Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta.
Suhartadi. L. Didik. 2020.“Peran Lembaga Adat Tana Samawa (Lats) Dalam Melestarikan Kearifan Lokal Di Kabupaten Sumbawa (Studi Di Desa Motong Kecamatan Utan)”. Skripsi. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram.
Suprayogo, Imam dan Tabroni. 2009. Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Skripsi Sarjana Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Toweren, Karimi. 2018. “Peran Tokoh Agama Dalam Peningkatan Pemahaman Agama Masyarakat Kampung Toweren Aceh Tengah”. (Pascasarjana UIN Ar-Raniry: DAYAH: Journal Of Islamic Education Vol. 1, No. 2).
Uzma Muhimatul. 2019. Peran Tokoh Agama Dalam Memberikan Bimbingan Agama Terhadap Lanjut Usia (Studi Pada Pati Jompo Dayah Nurul Yaqin di Desa Limau Saring Kecamatan Labuhan Haji Timur Kabupaten Aceh Selatan)”, Skripsi, (Banda Aceh: UIN Ar-Rinary).
Wahyuningsih, Sri. 2019. “Peran Tokoh Agama Dalam Kehidupan Sosial Ke Agamaan (Di Desa Lanta Timur Kec. Lambu)”, Skripsi, (Mataram: UIN Mataram).
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Ofset.
23SK2321265.00 | SK PAI 23.265 IST p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain