SKRIPSI PAI
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Hichki (Cegukan) Karya Siddharth Malhotra Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Islami
Kata kunci: Nilai, Pendidikan Karakter, Film Hichki
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang paling pokok dan penting, namun sayangnya di Indonesia pendidikan karakter mengalami penurunan, turunnya pendidikan karakter terbukti dengan adanya berbagai ketimpangan, seperti penggunaaan gadget yang tidak disiplin pada anak dibawah umur. Proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter tidah hanya diperoleh melalui pendidikan formal dan non-formal saja, namun bisa melalui media seperti film. Film atau tayangan merupakan salah satu factor yang dapat mempengaruhi karakter seseorang, film yang menampilkan tayangan edukasi dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi anak.
Fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai (1) nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang ada dalam film Hichki dan (2) bagaimana relevansinya dengan pendidikan karakter islami. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter pada film Hichki (cegukan), (2) Untuk mengetahui bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Hichki (cegukan) dengan pendidikan karakter islami.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research). Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan data dianalisis menggunakan metode content analysis yaitu menganalisis isi dialog antar karakter, setting serta kejadian yang terdapat dalam film.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat nilai pendidikan karakter dalam film Hichki, yaitu nilai religius, nilai kejujuran, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa igin tahu, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat dan komunikatif, nilai peduli sosial, nilai tanggung jawab, nilai berani mengambil resiko, nilai kerjasama, nilai pantang menyerah. Nilai-nilai yang ditemukan ini pun memiliki relevansitas terhadap pendidikan karakter islami dalam tiga unsur yaitu, I’tiqodiyah, Amaliyah dan Khuluqiyah.
DAFTAR PUSTAKA :
Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini: Strategi Membangun Karakter di Usia Emas Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Zayadi. 2005. Tadzakirah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Alfathoni. 2020. Pengantar Teori Film, Yogyakarta: Deepublish Publisher, November cet. 1
Andi Prastowo. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz media
Ashifana Zuan. 2019. “Analisis Nila-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi BILAL: A NEW BREED OF HERO”, skripsi jurusan Tarbiyah, Malang: Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim
Dede Mudopar: Synopsis Film Hichki: Kisah Guru Pengidap Tourette Syndrome https://tirto.id/sinopsis-film-hichki-kisah-guru-pengidap-tourette-syndrome-f63c diakses pada 16 November 2020
Dharma Kesuma. 2022. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Faisal sanapiah, 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Fatchul Mu’in. 2011. Pendidikan Karakter Kontruksi Teoritik dan Praktek, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Halimatussa’diyah. 2020. Nilai Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural, Surabaya : CV. Jakad Media Publishing,cet. 1
Haryanti nik. 2014. Ilmu Prndidikan Islam, Malang: Penerbit Gunung Samudra, cet. 1
Hemafitria. 2015. Implementasi Sikap Demokrasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. 2, No. 2
Hidayat Rahmat. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya, Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia,cet. 1
https://id.wikipedia.org/wiki/St._Xavier%27s_College,_Mumbai diakses pada 23 Oktober 2022
https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/553960/mod_resource/content/1/materi%20metode%20Kualitatif%20teoriiI.pdf diakses pada 17 Desember 2014
https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6#:~:text=(1)%20Pendidikan
https://sinopsisfilmindia.com/2020/05/sinopsis-film-hichki-2018-lengkap.html diakses pada tanggal 5 Mei 2020
Mansur Muslich.2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Muchlas Samani. 2014. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyana. R. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta
Musbikin Imam. 2021. Pendidikan Karakter Jujur, Bandung: Nusa Media
Nasihatun Siti. 2019. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam Dan Strategi Implementasinya, Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan Vol. 7, No. 2
Nata Abuddin. 2016. Ilmu Pendidikan Islam, Prenada Media, cet. 1
Nilamsari Natalina. 2014. Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif , Wacana, Vol. XIII No. 2
Nur Luthfiana, 15 Film Terbaik dan Terbaru 2018 (brilio. Net: 2018)
Nurul Falah Iklima. 2020. “Nilai-Nilai Pedidikan Karakter Dalam Film Taare Zameen Par dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Anak Usia Sekolah Dasar”, skripsi jurusan Tarbiyah, Purwokerto: Institut Agama Islam Negri Purwokerto
Ramayulis. 2002. Psikologi Agama, Jakarta: Kalam Mulia,cet. 5
Rianawati. 2014.“Implementasi Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agamma Islam (PAI) Di Sekolah Dan Madrasah”, Kalimantan Barat, IAIN Pontianak Press
Rosidatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter, Gresik:Caramedia Communication
Shofiyah Nida. 2017. “CONTENT ANALYSIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM IQRO`: PETUALANGAN MERAIH BINTANG KARYA IQBAL ALFAJRI”, Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim Vol. 15 No.2
Subekti. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Istri-Istri Nabi Muhammad SAW (Siti Khadijah dan Aisyah RA), Yogyakarta : Guepedia
Sukmadinata Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanti wilda. 2022. “Pemikiran Kritis dan Kreatif”, Bandung, Penerbit Media Sains Indonesia
Syaiful Anam Labib. 2018. “Pembentukan Karakter Nilai Peduli Dan Religius Di MTs Ma’Arif NU 01 Cilongok Kabupaten Banyumas”, Purwokerto: Institut Agama Islam Negri Purwokerto, Skripsi 2018
Syauqiyyatus su’adah uky, 2021, Pendidikan Karakter Religius (Strategi Tepat Pendidikan Agama Islam dengan Optimalisasi Masjid), Surabaya: CV. Global Aksara Pres
Taqiyya Hani. 2011. “Analisis Semiotik Terhadap Film IN THE NAME OF GOD”, skripsi, Jakarta : Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta
Universitas Psikologi: Pengertian Pendidikan Karakter dan Aspeknya menurut Para Ahli, https://WWW.universitaspsikologi.com/2019/11/Pengertian-Pendidikan-Karakter-dan-aspek-karakter-menurut-ahli.html diakses pada November, 2019
Vera Nawiroh. 2014. Semiotika Dalam Riset Komunikasi, Bogor: Ghalia Indonesia, cet. 1
Virginia Aspalam Nadiya. 2020. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Sinetron Para Pencari Tuhan Jilid Delapan”, skripsi Jurusan Tarbiyah, Lampung: Institut Agama Islam Negri Metro
Widiastuti Novi. 2019. Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum, Jurnal Coom-EDU, Volume 2 Nomor 2
Wikipedia, “Sidharth Malhotra Pemeran Asal India”, di akses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Sidharth_Malhotra, ( 07 Agustus 2021)
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana Perdana Media Group, cet. 2
23SK2321262.00 | SK PAI 23.262 QOR n | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain